Mengenal Teks Ulasan

Yaudah Baca Buku Aja Dulu | Good Ideas. Great Stories.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai beragam ulasan atau review mengenai buku, film, lagu, maupun karya sastra dan seni lainnya dalam surat kabar maupun berbagai media lainnya. Hal tersebut dinamakan dengan teks ulasan. Tapi tahukah kalian apa itu teks ulasan dan bagaimana ciri-cirinya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ulasan bermakna kupasan, tafsiran, atau komentar. Jadi pengertian dari teks ulasan adalah teks yang berisi tentang penilaian, ulasan atau review mengenai sebuah karya baik film, drama, novel maupun karya seni lainnya.

Fungsi sosial dari teks ini adalah untuk memberikan rekomendasi atau pendapat subjektif mengenai kelebihan maupun kekurangan dari sebuah karya yang diulas. Selain itu, ulasan yang dihasilkan juga dapat memberikan kontribusi bagi kenajuan karya yang diulas.

Dalam mengulas sebuah karya dibutuhkan sikap analitis dan kritis, sehingga bisa menghasilkan sebuah teks ulasan yang berkualitas. Jika dibandingkan dengan teks cerita sejarah atau teks lainnya, teks ini memiliki ciri-ciri yang cukup membedakan diantaranya :

  1. Secara umum strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  2. Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya.
  3. Berisi opini berdasarkan dengan fakta.
  4. Memiliki istilah lain yaitu resensi.

Tujuan Teks Ulasan

Jika dilihat secara umum, maka teks ulasan ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap suatu karya yang diulas. Disamping itu, dengan adanya teks ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat seperti untuk menambah pengetahuan, meningkatkan pemahaman, memunculkan sikap apresiatif, dan meningkatkan daya kritis.

Selain itu, ada 5 hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebagai tujuan akhir dari adanya teks ini, diantaranya:

  1. Menunjukan keberpihakan pengulas terhadap suatu karya
  2. Memaparkan penilaian terhadap suatu karya dengan mengacu pada standar atau patokan tertentu.
  3. Membantu pembaca mengetahui gambaran umum tentang suatu karya.
  4. Memberikan informasi suatu karya secara komprehensif terhadap suatu karya.
  5. Memberikan rekomendasi terhadap pembaca terhadap suatu karya yang akan dinikmati.

Kelebihan dan Kekurangan

Umumnya suatu teks memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penyampaiannya, begitupun dengan teks ulasan. Ada 5 kelebihan dari teks ini, termasuk membantu pembaca lain memahami isi dari sebuah bacaan, menarik minat masyarakat terhadap hal yang diulas, adanya rating atau keunggulan hal yang diulas, memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya dan memengaruhi mereka atas karya tersebut, dan terakhir bagi para profesional mengulas bisa menghasilkan imbalan berupa uang.

Sedangnya jika ditinjau dari kelemahan atau kekurangannya maka teks ulasan ini antara lain bersifat subjektif, jika yang diulas adalah kekurangannya maka biasanya yang diulas akan mendapatkan pandangan negatif para pembaca tersebut, kekurangan imajinasi dan pemilihan pengulas dapat berdampak buruk pada pemahaman pembaca ulasan, dan terkadang sering dijumpai perbedaan pendapat antara penulis ulasan.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Teks Ulasan, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini