Matematika Kelas 12 | Cara Menghitung Bunga Majemuk

Matematika SMA | Sahabat NATA, sebelumnya kalian sudah belajar mengenai bunga tunggal yang memiliki besar bunga yang sama setiap periodenya. Nah, pada bunga majemuk besar bunga setiap periodenya tidak samaYuk, kita bahas lebih lanjut mengenai cara menghitung bunga majemuk. Bunga majemuk adalah bunga yang timbul pada setiap akhir jangka waktu tertentu (bulan/tahun) yang memengaruhi besarnya modal dan bunga pada setiap jangka waktunya. Modal dan bunga semakin bertambah pada setiap jangka waktunya.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Baca juga: 12 Tips Belajar Matematika

1. Rumus Menghitung Bunga Majemuk

Ini rumus untuk menghitungnya:

Contoh 1:

Suatu modal sebesar Rp 100.000.00 dibungakan selama 3,5 tahun atas dasar bunga majemuk 4,5% tiap triwulan. Tentukanlah nilai akhir modal tersebut.

Jawab:

1 triwulan = 3 bulan
1 tahun = 4 triwulan
3,5 tahun = 3,5 x 4 = 14 triwulan, n = 14

Capture-8.png

Nilai akhir modal:

Contoh 2:

Ayah mendepositokan uang di Bank sebesar Rp 10.000.000,00 selama 10 tahun dengan suku bunga majemuk 5% per tahun. Besarnya bunga yang ia dapatkan pada tahun ke – 10 adalah….

Jawab:

Bunga yang didapatkan pada tahun ke-10:

Capture-7.png

Baca Juga: Metode Jarimatika

2. Nilai Tunai Modal

Nilai tunai modal adalah suatu nilai modal beberapa bulan/tahun yang akan dating diperhitungkan sekarang dengan suku bunga yang sudah ditentukan.

Contoh:

Modal sebesar Rp 500.000,00 akan dibayarkan 10 tahun lagi atas dasar bunga majemuk 6% setahun. Tentukan nilai tunai modal tersebut!

Jawab:

Nilai tunai modal:

bunga tunggal 1-9.png

Sumber: Ruangguru

Pengertian Bunga Majemuk

Bunga Majemuk – Bunga majemuk adalah? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian bunga majemuk, rumus bunga majemuk dan contoh soal bunga majemuk yang akan dijelaskan dibawah ini secara lengkap dan detail dengan pembahasannya. Simak penjelasannya gaes!

Bunga majemuk mempunyai banyak variasi dan selalu berubah yang artinya tidak tetap pada tiap-tiap periodenya. Contoh seperti saat menjual sebuah kendaraan, harga kendaraan yang dijual akan berubah setiap periode dan perubahannya akan bervariasi juga.

Jika pada modal awal sebesar

M_0

dan akan mendapat bunga majemuk sebesar b (pada persentase) perbulan, maka susudah n bulan besarnya pada modal

M_n

  menjadi:

M_n = M_0(1+b)^n

Contoh lain, diketahui modal pinjaman sebesar Rp1.000.000 dengan mendapatkan bunga majemuk 2% per bulan, maka jika setelah 5 bulan modalnya menjadi:

M_n = 1.000.000(1+0.02)^5 = 1.104.080,80

Jika pada modal awal sebanyak

M_0

 disimpan pada bank dan akan mendapatkan bunga sebesar b pertahun dan untuk menghitung bunga dihitung sebanyak m kali pada setahun, maka besarnya modal di akhir tahun ke-n yaitu:

Contoh Soal Bunga Majemuk

contoh soal

Bunga majemuk adalah bunga pokok pada suatu simpanan. Atau istilah lain yang sering digunakan yaitu bunga berbunga. Berikut contoh soal dan penjelasannya tentang bunga manjemuk secara lengkap  yang  akan diuraikan  dibawah  ini!

Soal 1
Seorang bapak menginvestasikan uang sebesar Rp. 1000.000 dengan mendapatkan bunga majemuk sebesar 20% pertahun. Tentukan jumlah pada investasinya selama waktu lima tahun!

Jawab :

Modal Awal Bapak sebesar : M = Rp. 1000.000,-

Persentase bunga pertahun : P = 20%

Periode pada investasi : n = 5

Ditanya : Tabungan Akhir : MT = …?

Jumlah Pada Tabungan Akhir (MT ) dicari menggunakan rumus sebagai berikut:

soal 1

Jadi Besarnya jumlah investasi bapak tersebut selama waktu 5 tahun yaitu sebesar Rp. 2.488.320,-

Soal 2

Pada jumlah Uang sebesar Rp.5.000.000,- diinvestasikan selama waktu empat tahun pada sistem bunga majemuk sebesar 5%. Tentukan jumlah uang tersebut selama waktu akhir tahun ke empat yaitu:

Jawab :

Moda Awal sebesar: M = Rp. 5.000.000,-

Persentase pada bunga majemuk pertahunnya : P = 5%

Waktu periode investasi : n = 4

Jumlah Besarnya simpanan setelah tahun ke empat yaitu:

soal 2

Jadi besarnya jumlah simpanan selama waktu  empat tahun yaitu Rp. 12.155.062,5,-

Soal 3

Seorang kakak menabung pada bank sebesar Rp. 1000.000,- pada bunga majemuk 20% pertahun. Berapa tahun uang tersebut yang ditabung kakak agar uangnya sebanyak Rp. 2.488.320,- ?

Jawab :

Modal Awal kakak: M = Rp.1.000.000,-

Modal Akhir kakak: MT = Rp. 2.488.320,-

Persentase pada bunga majemuk : P = 20%

Lamanya tabungan : n = … ?

Untuk menjawab pertanyaan ini dapat uraikan menggunakan rumus dalam menentukan Modal akhir suatu simpanan yaitu:

soal 3

Jadi lamanya tabungan kakak tersebut yang disimpan yaitu 5 tahun.

Sahabat NATA, setelah mempelajari bunga tunggal,dan bunga majemuk, selanjutnya kalian bisa belajar mengenai pertumbuhan dan peluruhan matematika. 

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Jangan khawatir, ayo gabung di Nata Privat! Ada banyak video belajar bersama tutor yang andal dan juga banyak contoh-contoh soal yang bisa bikin kamu makin paham.

Nah sahabat Nata itulah Cara Menghitung Bunga Majemuk, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, Jasa Transalte Dokumen , Transaltor Murah, Transaltor Cepat, Transaltor Bandung

IPA Kelas 8 | Mengenal Hukum Mersenne pada Senar dan Contoh Konsepnya di Kehidupan Sehari-hari

Siapa yang pernah main gitar? Coba deh kamu liat mamang-mamang gitaris seperti Roma Irama atau Apoy Wali (sebentar, kenapa referensi saya ini ya?). Pokoknya, perhatiin saat mereka memetik gitar. Saat menggenjreng gitar di bagian belakang (dekat lubang), pasti bunyi yang keluar akan lebih nge-bass dibanding saat menggenjreng dekat dengan leher gitar.

Bunyi yang timbul saat bagian ujung leher gitar digenjreng paling cuma “Cring! Cring! Cring!”

Padahal, kita, kan menggunakan gitar yang sama. Tanpa diubah apapun. Tapi, kenapa bunyi yang dihasilkan bisa berbeda ya?

Pertanyaan ini sudah dijawab oleh Marin Mersenne, ilmuwan Perancis, ratusan tahun yang lalu, saat ia membuat benda bernama Sonometer. Tunggu, alat ini bukan untuk menghitung seberapa banyak Sono yang didapat seseorang ya.

‘Kalo aku chat ke kamu ada yang marah nggak?’

‘Sono! Sono! Basi lo kayak pemeran FTV di SCTV!’

2 Sono.

Sonometer ini dibuat untuk mencari tahu hubungan antara frekuensi bunyi terhadap beberapa hal. Seperti jarak tumpuan senar, misalnya. Seperti yang di awal kita bahas. Ternyata, semakin panjang jarak senar, frekuensi yang dihasilkan akan semakin rendah.

Selain panjang senar, Mersenne mendapatkan hubungan antara variabel lain. Seperti luas permukaan dan massa jenis.

Ya, penemuan ini kemudian dirangkumnya ke dalam buku L’Harmonie Universelle pada tahun 1637. Akhirnya, dia pun mencetuskan hukum mersenne yang telah disederhanakan menjadi seperti ini:

Eits, tenang dulu. Jangan mikir yang aneh-aneh dulu. Meskipun keliatannya bikin mabok, tapi rumus itu gampang kok. Asal tahu konsepnya soal bagian mana yang berbanding terbalik dengan frekuensi, pasti ngeliat rumus itu gak serem lagi.

Biar nggak lupa, mari kita ulang lagi.

Bayangkan sebuah gitar. Ketika kamu menggenjreng di bagian depan (dekat leher gitar), pasti bunyinya nyaring. Itu artinya, semakin pendek jaraknya, frekuensinya makin tinggi (berbanding terbalik). Begitu pula dengan massa jenis, dan luas permukaan senarnya.

Yang dimaksud dengan luas permukaan senar di sini adalah bagian buletan yang sangat kecil dari senar itu yaa. Kalau di sedotan, luas permukaan adalah bagian luas dari “lingkaran” yang bolong itu. Kalau balik lagi ngebayangin senar, kamu pasti berpikir, ‘Itu mah kecil banget kak!’

Nah, emang iya.

Luas permukaan senar kecil, Tapi kangennya besar 🙁 berpengaruh.

Kalau kamu perhatiin, senar bagian atas gitar (yang tebal) bersuara nge-bass, sementara senar-senar bawah (yang tipis) dipakai gitaris untuk memetik melodi. Artinya, semakin tebal (luas permukaannya besar), maka frekuensinya rendah. Berbanding terbalik juga kan.

Adapun variabel yang berbanding lurus terhadap frekuensi adalah gaya. Coba deh, kamu memetik gitar dengan lebih kencang, pasti suaranya lebih nyaring. Bandingkan dengan petikan yang lembut dan pelan, pasti bunyi yang keluar akan lebih syahdu (halah syahdu).

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Mengenal Hukum Mersenne pada Senar dan Contoh Konsepnya di Kehidupan Sehari-hari, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Matematika Kelas 8 | Cara Mencari Kemiringan (Gradien) Pada Garis Lurus

Siapa yang pernah naik pesawat terbang?

Tahukah kamu saat pesawat lepas landas (take off) atau ingin mendarat (landing), pesawat memerlukan kemiringan tertentu agar bisa terbang atau tiba di landasan dengan sempurna. Nah, salah satu perhitungan matematika yang dapat diaplikasikan dalam menentukan kemiringan badan pesawat saat lepas landas atau mendarat akan kita bahas pada artikel kali ini. So, stay tuned, ya!

Squad, coba deh kamu perhatikan gambar di atas. Jika kita anggap lintasan yang dilalui pesawat adalah suatu garis lurus, maka saat pesawat bergerak menuju udara, pesawat akan berjalan lurus ke atas dengan kemiringan tertentu. Begitu juga saat pesawat kembali menuju darat. Nah, kemiringan pada garis lurus ini dalam matematika disebut dengan gradien.

“Gradien adalah nilai yang menunjukkan kemiringan/kecondongan suatu garis lurus”.

Umumnya, gradien disimbolkan dengan huruf “m”. Gradien akan menentukan seberapa miring suatu garis pada koordinat kartesius. Gradien suatu garis dapat miring ke kanan, miring ke kiri, curam, ataupun landai, tergantung dari nilai komponen X dan komponen Y nya. Contoh macam-macam kemiringan (gradien) pada garis lurus dapat kamu lihat melalui gambar di bawah ini:

rumus mencari gradien

“Garis yang gradiennya positif akan miring ke kanan, sedangkan garis yang gradiennya negatif akan miring ke kiri”.

Sekarang, kita coba cari tahu yuk mana garis yang gradiennya positif dan mana garis yang gradiennya negatif. Pada gambar nomor 1, ternyata garisnya miring ke kanan, sehingga dapat diketahui kalau gradiennya akan bernilai positif. Sementara itu, pada gambar nomor 4, garisnya miring ke kiri, sehingga gradiennya akan bernilai negatif.

Nah, kalau gambar nomor 2 dan 3, garisnya miring ke mana, ya? Kira-kira, gradiennya bernilai positif atau negatif? Hayoo… ada yang tau?

Oke, setelah kita mengetahui apa itu gradien suatu garis, materi yang akan kita bahas selanjutnya adalah bagaimana cara mencari nilai gradien tersebut. Wah, penasaran nggak, sih? Kalau gitu, langsung saja yuk kita simak!

rumus mencari gradien

Terdapat dua cara untuk mencari nilai gradien suatu garis yang bisa kamu ketahui, yaitu:

I. Jika diketahui bentuk persamaan garisnya

Secara umum, bentuk persamaan garis lurus ada dua macam, sehingga cara untuk menentukan gradiennya juga berbeda beda, tergantung dari bentuk persamaan garisnya.

a. Persamaan garis y = mx + c

Pada persamaan garis ini, gradien dapat dicari dengan mudah, Squad. Kenapa? Karena gradiennya adalah koefisien dari variabel x itu sendiri, yaitu m.

Contoh:

  1. Garis y = 3x + 2, koefisien x adalah 3. Jadi, gradien garis tersebut adalah 3.
  2. Garis y = -2x + 8, koefisien x adalah -2. Jadi, gradien garis tersebut adalah -2.

b. Persamaan garis ax + by + c = 0

Jika diketahui persamaan garis ax + by + c = 0, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah ubah persamaan garis tersebut ke bentuk y = mx + c, dengan m adalah gradien garis tersebut. Di sini, kamu harus perhatikan tanda +/- dari koefisien masing-masing variabelnya, ya. Soalnya, tanda +/- akan berubah ketika kita pindah ruas persamaannya. Nah, kalau kamu merasa bingung, coba perhatikan contoh soal di bawah ini, ya.

Contoh:

1. Hitunglah kemiringan (gradien) pada persamaan garis berikut:

a) 5x + 2y – 8 = 0

b) 2x – 3y = 7

Penyelesaian:

a) Pertama-tama, kita ubah dulu persamaan 5x + 2y – 8 = 0 ke bentuk y = mx + c, sehingga persamaannya menjadi,

5x + 2y – 8 = 0

2y = -5x + 8

Koefisien x bernilai positif, yaitu 5, sehingga setelah kita pindah ruas ke kanan akan bernilai negatif. Begitu juga dengan konstanta -8 yang berubah tanda menjadi 8 karena pindah ruas ke kanan. Selanjutnya, kita bagi kedua ruas dengan 2.

y = (-5/2)x + 4

Jadi, gradien dari persamaan garis tersebut adalah -5/2.

Gimana? Kamu paham nggak sampai sini? Oke, supaya kamu semakin paham, coba kamu kerjakan contoh poin b. Terus, jawabannya kamu share deh di kolom komentar. Ditunggu ya jawabannya!

II. Jika diketahui dua titik yang dilalui garis

Jika diketahui dua titik yang dilalui suatu garis lurus, misalnya (x1,y1) dan (x2,y2), maka gradiennya dapat diperoleh dengan rumus m = ∆y/∆x = (y2-y1)/(x2-x1). Contoh soalnya seperti ini, Squad.

Contoh:

Perhatikan gambar berikut:

rumus mencari gradien

Gradien garis k pada gambar adalah…

Penyelesaian:

Diketahui dua buah titik yang dilalui oleh garis k, yaitu (4,0) dan (0,6). Misalnya kita pilih (x1,y1) = (4,0) dan (x2,y2) = (0,6), gradien garis tersebut dapat dicari menggunakan rumus m = ∆y/∆x = (y2-y1)/(x2-x1).

rumus mencari gradien

Jadi, gradien garis tersebut adalah -3/2. Di sini kamu bebas untuk memilih titik mana yang jadi (x1,y1) dan titik mana yang jadi (x2,y2) ya karena hasilnya akan sama saja.

Wah, ternyata mudah ya untuk mencari kemiringan suatu garis? Rumusnya juga simpel lagi. Nah, untuk lebih memudahkan kamu dalam mengerjakan soal-soal tentang gradien, artikel ini sudah merangkup rumus-rumus di atas tadi, lho.

Tapi ingat, kamu jangan hanya hafal rumus-rumusnya saja, ya. Kamu juga harus pahami konsepnya. Caranya gimana? Kamu bisa identifikasi soalnya, apakah di soal diketahui persamaannya saja atau diketahui dua titik yang dilalui persamaan garis itu. Biasanya sih, untuk cara nomor dua, soal yang disediakan berupa gambar grafik, Squad. Setelah itu, baru deh  kamu bisa gunakan rumus-rumus yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Cara mencari kemiringan (gradien) suatu garis lurus banyak sekali diterapkan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, lho. Salah satunya, seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, yaitu untuk memperhitungkan kemiringan badan pesawat saat lepas landas maupun mendarat. Bayangkan saja jika pilot tidak memperhitungkan kemiringan pesawat saat ingin mendarat, pasti jadinya bakal kayak gini,

rumus mencari gradien

Hiiiiiiyyy… serem banget, kan! (sumber: giphy.com)

Jadi, nggak ada alasan lagi buat kamu untuk malas belajar matematika dengan bilang kalau rumus matematika nggak ada manfaatnya sama sekali. Trust me, setiap ilmu yang kamu pelajari pasti ada manfaatnya!

rumus mencari gradien

Oke, kita masuk ke materi yang terakhir ya, yaitu hubungan antara dua garis lurus. Hubungan dua garis lurus ini juga sangat penting untuk kamu ketahui karena biasanya untuk mencari gradien suatu garis akan bergantung dengan garis yang lain. Gimana sih maksudnya? Untuk lebih jelasnya, coba kamu perhatikan gambar di bawah ini!

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Cara Mencari Kemiringan (Gradien) Pada Garis Lurus, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Matematika Kelas 12 | Mengenal Ilmu Tertua dalam Matematika: Geometri!

Artikel ini membahas mengenai geometri bidang datar, meliputi pengertian, objek-objek geometri, serta hubungan antarobjek geometri.

Halo! Sebelumnya kamu sudah banyak sekali belajar tentang ilmu-ilmu dasar dalam Matematika. Mulai dari mengenal jenis-jenis bilangan, himpunan, aljabar, hingga trigonometri. Kali ini, kita akan membahas satu lagi ilmu dasar Matematika yang banyak sekali manfaatnya, terutama untuk mendukung ilmu-ilmu lain, seperti Fisika, Kimia, dan lain sebagainya. Tentunya kamu sudah tahu ya apa yang ingin kita bahas. Yaps! Ia adalah Geometri. Ayo cari tahu apa itu geometri lewat artikel ini. Let’s check this out!

geometri bidang datar

Saat mendengar kata geometri, apa yang kamu bayangkan? Segitiga, persegi, lingkaran, tabung, bola, sebuah garis atau sudut, atau bahkan, nggak ada gambaran sama sekali.

sejarah ilmu geometrik

Geometri itu apa, sih? (sumber: giphy.com)

Tenang, di sini kita akan pelajari sama-sama, ya. Jadi, geometri adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara objek-objek geometri, seperti titik, garis, bangun, dan sudut.

Geometri merupakan cabang ilmu tertua dalam Matematika. Banyak ilmuwan jaman dulu yang telah mempelajari ilmu ini, seperti Thales, Pythagoras, dan Euclid, tiga tokoh yang berpengaruh dalam ilmu geometri dan karyanya telah banyak dikembangkan oleh ilmuwan lainnya.

Geometri juga memiliki cakupan yang sangat luas. Saking luasnya, rasanya tidak akan cukup jika dibahas dalam satu artikel ini. Oleh karena itu, kita akan mulai belajar dari yang sederhana dulu ya, yaitu geometri bidang datar. Tapi, sebelum itu, kita pahami dulu yuk macam-macam objek geometri berikut ini.

geometri bidang datar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, geometri memiliki 4 objek bahasan, yaitu titik, garis, bangun (datar dan ruang), dan sudut. Kamu pasti sudah tahu dong apa itu titik, garis, bangun, serta sudut. Tapi, di sini kita akan kembali membahas keempat objek geometri tersebut secara ringkas.

1. Titik

Titik merupakan bagian terkecil dari objek geometri karena tidak memiliki ukuran tertentu, baik panjang, lebar, maupun tebal. Titik biasanya disimbolkan dengan “ . ” dan diberi nama dengan huruf kapital (A, B, O, …, dsb). Suatu titik akan menunjukkan posisi atau letak tertentu dari suatu objek.

2. Garis

Garis merupakan himpunan atau kumpulan titik-titik yang tidak berujung. Jika garis hanya memiliki pangkal tanpa adanya ujung, maka disebut sinar garis. Tapi, jika garis tersebut memiliki pangkal dan ujung, maka disebut segmen garis.

geometri bidang datar

3. Bangun

Jika beberapa garis saling berhubungan dan memenuhi syarat-syarat tertentu, maka akan terbentuk sebuah bangun. Bangun ini terbagi menjadi dua, bangun datar dan bangun ruang. Kamu pasti sudah tahu ya bedanya bangun datar dengan bangun ruang?

4. Sudut

Sudut merupakan daerah yang terbentuk dari dua sinar garis dengan pangkal yang sama. Suatu sudut diberi nama dengan satu atau tiga huruf kapital (∠A, ∠ABC, dsb). Sudut juga banyak sekali jenisnya, tergantung dari besar sudut tersebut. Nah, alat untuk mengukur besar sudut adalah busur derajat. Satuan sudut adalah derajat (o) atau 𝛑 radian (1𝛑 radian = 180o).

Wah, banyak juga ya ternyata jenis-jenis sudut. Kirain, cuma tumpul, lancip, sama siku-siku aja.

Oke, sebelumnya, sudah dijelaskan kalau di geometri itu, kita akan membahas hubungan antara objek-objek geometri. Nah, materi berikutnya, kita akan mengetahui hubungan antara titik dan garis pada suatu bidang. Hubungannya bagaimana? Hubungan yang dimaksud ini terkait dengan posisi atau kedudukan dari kedua objek geometri tersebut. Supaya lebih jelas, langsung aja yuk kita baca uraian berikut ini.

geometri bidang datar

Terdapat macam-macam kedudukan titik dan garis pada suatu bidang datar, antara lain:

1. Kedudukan titik pada garis

Misalkan, terdapat garis AB dan dua buah titik X dan Y. Maka,

geometri bidang datar

Titik X terletak pada garis AB dan titik Y terletak di luar garis AB.

2. Kedudukan titik pada bidang

Misalkan, terdapat sebuah bidang datar B dan tiga buah titik X, Y, dan Z. Maka,

geometri bidang datar

Titik X terletak pada bidang B, titik Y terletak di dalam bidang B, dan titik Z terletak di luar bidang B.

3. Kedudukan garis pada bidang

a. Dua garis saling sejajar

Dua garis dikatakan sejajar apabila dua garis tersebut terletak pada bidang yang sama, jarak antar garis selalu tetap, dan tidak memiliki titik persekutuan (tidak berpotongan).

b. Dua garis saling berpotongan

Dua garis dikatakan berpotongan apabila dua garis tersebut terletak pada bidang yang sama dan saling bertemu di satu titik yang dinamakan titik persekutuan.

c. Dua garis saling berimpit

Dua garis dikatakan berimpit apabila dua garis tersebut terletak pada satu garis lurus pada bidang yang sama.

d. Dua garis saling bersilangan

Dua garis dikatakan bersilangan apabila dua garis tersebut tidak terletak pada bidang yang sama dan tidak saling sejajar ataupun berpotongan.

Jelas ya sampai sini? Kalau gitu, kita lanjut ke hubungan objek geometri yang lain, yaitu sudut.

geometri bidang datar

1. Sudut saling berpenyiku (berkomplemen)

Dua sudut dikatakan berpenyiku apabila dua sudut tersebut membentuk sudut siku-siku (90o) dengan salah satu sudutnya merupakan penyiku dari sudut yang lain.

sudut siku

∠BOC penyiku dari ∠AOC atau sebaliknya. ∠BOC + ∠AOC = 90o.

2. Sudut saling berpelurus (bersuplemen)

Dua sudut dikatakan berpelurus apabila dua sudut tersebut membentuk sudut lurus (180o) dengan salah satu sudutnya merupakan pelurus dari sudut yang lain.

sudut berpelurus

∠BOC pelurus dari ∠AOC atau sebaliknya. ∠BOC + ∠AOC = 180o.

3. Sudut saling bertolak belakang

Dua sudut dikatakan bertolak belakang apabila dua sudut tersebut memiliki arah hadap yang berlawanan. Sudut-sudut yang bertolak belakang memiliki besar sudut yang sama, lho.

sudut saling bertolakbelakang

∠BOQ bertolak belakang dengan ∠POA (∠BOQ = ∠POA) dan ∠POB bertolak belakang dengan ∠AOQ (∠POB = ∠AOQ). 

4. Hubungan antarsudut pada dua garis sejajar yang dipotong garis lain

Misalkan terdapat dua garis sejajar, yaitu p dan q yang dipotong oleh garis r di titik A dan B. Akibatnya, terbentuk sudut-sudut dengan berbagai sifat tertentu, yaitu:

geometri bidang datar

a. Sudut sehadap

Sudut yang menghadap arah yang sama. Contohnya, ∠A1 dan ∠B1, ∠A2 dan ∠B2, ∠A3 dan ∠B3, ∠A4 dan ∠B4.

b. Sudut dalam berseberangan

Sudut yang letaknya di dalam (antara garis p dan q) dan letaknya berseberangan. Contohnya, ∠A2 dan ∠B4, ∠A3 dan ∠B1.

c. Sudut luar berseberangan

Sudut yang letaknya di luar garis p dan q dan letaknya berseberangan. Contohnya, ∠A1 dan ∠B3, ∠A4 dan ∠B2.

d. Sudut dalam sepihak

Sudut yang letaknya di dalam (antara garis p dan q) dan terletak di sisi yang sama. Contohnya, ∠A2 dan ∠B1, ∠A3 dan ∠B4.

e. Sudut luar sepihak

Sudut yang letaknya di luar (antara garis p dan q) dan terletak di sisi yang sama. Contohnya, ∠A1 dan ∠B2, ∠A4 dan ∠B3.

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Ilmu Geometri, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

IPS Terpadu Kelas VI SD | Kenampakan Alam dan Buatan di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa

Siang itu, ibu guru baru saja mengumumkan bahwa minggu depan sekolah akan mengadakan karya wisata ke beberapa lokasi yang ada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Beliau menyampaikan, siswa-siswa akan mempelajari tentang aspek keruangan pulau-pulau di Indonesia yang memiliki ciri khas masing-masing, akibat permukaan bumi yang dipengaruhi oleh unsur-unsur seperti air, tanah, api, dan udara. Aspek keruangan tersebut meliputi kenampakan alam dan kenampakan buatan. Lebih jelasnya, Roro, Guntur, dan Kanguru akan menceritakannya.

“Roro, memang bedanya kenampakan alam dan kenampakan buatan itu apa sih?” tanya Guntur penasaran.

“Mudah kok membedakannya, kenampakan alam itu kan sudah terbentuk secara alami dan bisa dimanfaatkan manusia. Sementara, kenampakan buatan sengaja dibentuk manusia untuk memenuhi kehidupan. Mudah ‘kan memahaminya?” jawab Roro.

“Ah iya, juga. Kalau begini sih aku mengerti, jadi kita akan melihat keduanya di dua pulau ya?” Guntur kembali meyakinkan Roro dengan pertanyaannya.

“Benar, aku nggak sabar nih mau lihat langsung kenampakan alam dan buatan,” ujar Roro.  

pulau sumatera

Seminggu berlalu, siswa-siswa sudah berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta untuk menuju ke salah satu provinsi di Pulau Sumatera. Ibu guru menginformasikan, sesampai di lokasi nanti, siswa-siswa akan mengunjungi 1 lokasi kenampakan alam dan 1 lokasi kenampakan buatan di sana.

“Kira-kira kita akan ke provinsi mana ya, Ro? Aceh? Sumatera Selatan?” Guntur mulai menebak-nebak.

“Menurutku, kita akan ke Sumatera Barat deh, aku ingin banget ke sana” tutur Roro, tak mau kalah menebak.

Di tengah percapakan Roro dan Guntur, ibu guru memotong pembicaraan dan meminta mereka bersama siswa lain menaiki pesawat. Ya, sebentar lagi sebuah pesawat Boeing 737-900 berwarna paduan cat putih dan biru akan diberangkatkan. Semua pun berjalan untuk mencari kursi masing-masing dibantu oleh pramugrari maskapai. 

Tak lama, pramugrari memberitahu bahwa perjalanan kali ini akan menempuh waktu selama 1 jam 45 menit. Siswa-siswa terlihat semakin bersemangat. Setelah berdoa bersama, ada yang bernyanyi, dan ada juga yang saling berbisik-bisik penasaran. Tak ada yang tidur memejamkan mata walau sebentar saja. Ini memang pertama kalinya momen bepergian bersama teman sekelas.

Melalui jendela pesawat, Guntur terus melihat-lihat pemandangan di luar. Padahal, hanya tumpukan awan berarak. ia terus menunggu hingga yang tampak dari bawah pesawat berubah menjadi hamparan hijau nan indah.

“Wah, itu bagus banget pemandangan di bawah sana. Beda seperti di Jakarta, Ro,” Guntur berseru takjub.

“Sumatera Barat memang terkenal dengan banyak kenampakan alam, Guntur. Contohnya seperti, Gunung Kerinci, Bukit Barisan, Danau Singkarak, dan Teluk Bayur,” tiba-tiba Kanguru yang duduk persis di depan kursi Roro dan Guntur ikut bersuara. Ia juga diajak oleh Ibu guru untuk membantu menjelaskan materi selama di karya wisata.

“Jadi kita ke Sumatera Barat? Wah, tebakan kamu kok benar, Ro! Tapi, Kanguru, apakah ada kenampakan buatan di provinsi ini?” Guntur tak henti penasaran.

“Ada dong, contohnya Bandara Minangkabau dan Menara Jam Gadang,” jawab Kanguru.

“Jadi, setiap provinsi di Indonesia pasti punya kenampakan alam dan buatan ya?” Guntur kembali bertanya.

“Tentu! Di Pulau Sumatera misalnya ada kenampakan alam Gunung Leuser (Aceh), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Sungai Musi (Sumatera Selatan), Sungai Batang Hari (Jambi), dan Danau Ranau (Lampung),” Roro ikut bersuara. 

“Iya, sementara kenampakan buatan di Pulau Sumatera juga ada Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Pelabuhan Batam Centre (Batam), dan Jembatan Ampera (Sumatera Selatan),” lanjut Kanguru. 

Pembicaraan pun berlanjut asyik. Roro, Guntur, dan Kanguru terus saling bertukar pengetahuan yang dimiliki. Tak lama, terdengar pengumuman bahwa pesawat akan mendarat beberapa saat lagi dan siswa-siswa pun bersorak-sorai.

Namun, perjalanan belum selesai. Siswa-siswa harus melewati perjalanan selama 2 jam lagi menuju lokasi pertama yaitu Danau Singkarak, dan keesokan harinya akan bertolak ke Kota Bukittinggi untuk melihat ikon Jam Gadang. Sesuai rencana, mereka akan tinggal selama 3 hari di Sumatera Barat dan selanjutnya akan kembali ke Pulau Jawa.

pulau sumatera

Tak terasa karya wisata di Pulau Sumatera telah selesai, kini siswa-siswa sudah kembali ke Jakarta dan akan mengunjungi kenampakan alam dan buatan yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ibu guru bilang, kali ini siswa-siswa akan menaiki kereta api yang diberangkatkan pada malam hari. Adakah yang bisa menebak, lokasi mana yang akan dituju? 

Di luar, langit sudah menggelap. Semua siswa baru selesai makan malam dan mulai bergerak membuat barisan antrean di depan pintu masuk Stasiun Gambir, untuk pemeriksaan tiket keberangkatan dan selanjutnya mengarah pada peron 3 menuju kereta Taksaka tujuan Yogyakarta yang sudah menunggu.

Berbeda seperti saat keberangkatan ke Sumatera Barat, siswa-siswa justru memilih untuk langsung beristirahat setelah mendapati kursinya. Tampaknya, kegiatan berhari-hari cukup menguras energi. Apalagi, perjalanan malam ini menempuh waktu hingga 8 jam. Namun, ternyata Guntur masih gelisah. Ia memikirkan lokasi mana lagi yang akan dikunjunginya esok. 

“Kanguru, kita mau ke mana sih kira-kira di Jogja?” Guntur memang selalu tidak sabar untuk jadi orang pertama yang tahu.

“Sebenarnya kita hanya transit untuk ke Kabupaten Magelang di mana terdapat Candi Borobudur,” Kanguru menjawab.

“Oh, Candi Borobudur itu kenampakan alam ya, bukannya di Jogja? Selama ini, aku salah dong,” gerutu Guntur.

“Candi Borobudur itu kenampakan buatan, dan memang banyak yang sering keliru lokasi persisnya. Nanti, setelah dari sana, kita akan bermalam di Magelang, dan besoknya ke Gunung Bromo. Kamu tahu nggak itu di mana?” tanya Kanguru.

Hmm, Jawa Timur bukan, ya?” Guntur ragu-ragu mengatakan. 

“Benar! Kamu tahu Guntur, gunung itu jadi salah satu kenampakan alam yang cukup banyak di Pulau Jawa, lho. Ada Gunung Semeru (tertinggi di Pulau Jawa), Gunung Ciremai (Jawa Barat), Gunung Merapi (Jawa Tengah), dan masih ada puluhan lagi,” jelas Kanguru.

Tentu Kanguru tidak akan menjelaskannya semua malam ini, karena jam tangan Guntur sudah menunjukkan pukul 2 malam. Keduanya butuh istirahat agar esok hari dapat beraktivitas dengan baik. Apalagi dari Kota Jogja menuju Magelang yang membutuhkan jarak tempuh lebih dari 50 km.

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Kenampakan Alam dan Buatan di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Sejarah Kelas 12 | Konflik Kashmir, dan 72 Tahun Pertikaian India dan Pakistan

Hari valentine seharusnya identik dengan kasih sayang dan cinta. Tapi, berbeda dengan mereka yang berada di Kashmir, wilayah konflik antara Pakistan dan India. Valentine 2019 ini, alih-alih mengantarkan kekasih dengan mobil ke tempat romantis, Adil Ahmed Dar memilih untuk menabrakkan mobilnya yang berisi bom ke bus pasukan paramiliter India, di tengah konvoi di wilayah Pulwama, Kashmir.

Kelompok Jaish-e-Mohammed (JeM) mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. JeM adalah kelompok militan di Pakistan yang beroperasi di Kashmir. Tujuan kelompok ini: mengambil alih wilayah Kashmir dari India dan menjadikannya sebagai wilayah Pakistan.

Peristiwa ini membuat ketegangan kembali memijar antara India dan Pakistan. India menuding Pakistan menyembunyikan kelompok militan. Di sisi lain, Pakistan merasa tidak terima karena tuduhan tersebut dinilai tak berdasar.

separator - 72 tahun lalu

Konflik antara India dan Pakistan sejatinya sudah berlangsung sejak 1947. Ketika Inggris melepaskan kekuasaannya dari wilayah India, masyarakat di sana terbagi menjadi dua: mereka yang mayoritas hindu membentuk negara India, dan yang mayoritas muslim membentuk Pakistan.

Dan tersisalah Kashmir, sebuah daerah mandiri dengan nama Kemaharajaan Jammu dan Kashmir.

Sebagai daerah yang berdiri sendiri, Kashmir punya nilai tambah: sumberdaya alam yang indah. Secara geografis, Kashmir merupakan lembah yang terletak di ujung barat pegunungan Himalaya. Tanahnya subur, dialiri air lembah, dan dikelilingi gunung-gunung..

Maka, ia menjadi rebutan bagi India dan Pakistan.

Pemimpin Kashmir saat itu, Maharaja Hari Singh, cenderung menginginkan wilayahnya bergabung dengan India. Namun, penduduknya yang mayoritas muslim tidak sepenuhnya sepakat dengan ini. Kelompok-kelompok muslim yang ada di sana ingin mereka bergabung dengan Pakistan. Melihat hal ini, Pakistan berusaha membujuknya.

Lalu terjadilah pertikaian pertama.

Pemerintah Kashmir yang menginginkan wilayahnya masuk ke India, melawan warganya yang kebanyakan muslim yang ingin bergabung bersama Pakistan. Tentu, perseteruan ini ditambah dengan provokasi dari kedua negara yang ingin Kashmir masuk ke wilayahnya. Di satu sisi, Islamabad, Ibukota Pakistan, kabarnya mengirim beberapa kelompok muslim ke Srinagar, ibukota Kashmir. Di sisi lain, Hari Singh yang merasa terancam, meminta bantuan militer kepada pemerintah India.

Bahkan, Singh menandatangani perjanjian dan menyerahkan Kashmir ke India pada 26 Oktober 1947.

Perang pun semakin bergulir.

Kelompok muslim yang berada di wilayah Poonch, Kashmir, melakukan pemberontakan.

konflik kashmir tahun 1947

Poonch, tempat terjadinya konflik (Sumber: Vox via Youtube)

Iya, hal-hal yang dipicu perbedaan agama seperti ini memang sensitif. Dalam ranah yang lebih sederhana, kita akan menemukannya dalam kisah cinta mereka yang berbeda agama. Sejauh-jauhnya LDR adalah yang dipisahkan agama. Ketika si pasangan udah merasa cocok, eh orangtua ngerestuinnya sama yang lain. Pelik memang. Kalau katanya Marcel mah, ‘Tuhan memang satuu~ Kita yang tak samaaaaaa~’

Lalu menangis di bawah shower.

Perang pertama ini sebetulnya telah mencair ketika Amerika Serikat dan Uni Soviet meminta PBB untuk menanganinya. Hingga pada 13 Agustus 1948, dikeluarkan resolusi PBB untuk membagi wilayah Kashmir ini.

Meski sudah terjadi kesepakan pembagian wilayah tersebut, kenyataannya, 17 tahun kemudian muncul konflik kedua. Pakistan kembali melancarkan upaya pemberontakan di wilayah Kashmir dengan nama operasi Gibraltar.

India pun balik menyerang dengan serangan militer balasan yang berpusat di Pakistan barat. Ribuan orang tumbang akibat perang ini.

Setahun berselang dan perang tidak kunjung berhenti. Akhirnya, pada 10 Januari 1966, Amerika Serikat, Uni Soviet, dan PBB menggelar perundingan gencatan senjata di Tashkent (Uzbekistan).

Perang antara India dan Pakistan tidak hanya terjadi di Kashmir saja. Pada 1971, aksi separatis terjadi di Pakistan timur. Di wilayah ini, India membantu kelompok di sana untuk bisa memerdekakan dirinya dari Pakistan.

Wilayah ini pun berhasil lepas dari Pakistan dan menjadi Bangladesh.

bangladesh

Lepasnya wilayah Pakistan Timur menjadi Bangladesh (Sumber: Vox via Youtube)

Berkurangnya wilayah Pakistan membuat negara ini semakin fokus untuk merebut Kashmir. Berbagai tank, tentara, dan pesawat tempur dikerahkan di sepanjang Line Of Control (garis batas wilayah India dan Pakistan).

Aksi-aksi politis juga turut memengaruhi panasnya konflik ini. Pada 1987, India dikabarkan melakukan kecurangan di pemilihan umum Kashmir. Partai yang menang adalah yang mendukung India. Hal ini memicu protes besar dari masyarakat Kashmir. Para warga turun ke jalan sebagai bentuk aksi dan menyatakan kekecewaannya.

Sayangnya, India menangani protes ini dengan cara yang keras.

Alhasil, demonstrasi beranjak semakin besar. Tidak hanya unjuk rasa, kini berbagai kelompok militan Kashmir bergerak dan meminta kemerdekaannya.

Di saat yang sama, Pakistan melihat ini sebagai celah.

Pakistan menawarkan bantuan berupa kelompok-kelompok militan lain. Banyak kelompok muslim radikal yang dikirimkan ke wilayah Kashmir untuk melawan India. Pengiriman kelompok ini terus berlangsung hingga pertengahan 1990-an.

Respon India? Mengirimkan 500 ribu tentara militer ke Kashmir.

Bentrok tidak dapat dihindarkan. Ratusan ribu tentara ini meredam para pengunjuk rasa dan kelompok militan yang ada di sana. Peluru ditembakkan. Rudal beterbangan. Korban berjatuhan. Kashmir pun menjadi daerah yang paling termiliterisasi di dunia. Tahun 1998, kedua negara ini memutuskan untuk melakukan uji coba senjata nuklir.

perang kargil

Perang Kargil (Sumber: Vox via Youtube)

Mei dan Juli 1999 menjadi fase ketiga konflik antarnegara ini.

Kali ini, peperangan terjadi di pegunungan Kargil. Kelompok militan muslim yang didukung Pakistan melintasi perbatasan Kashmir. Mereka merebut sejumlah pos militer India di sana. India melawan balik. Sepanjang musim semi dan panas, India menghujani peluru, bom, dan roket hingga lebih dari 250 ribu peluru.

separator - akhir konflik khasmir

Setelah beberapa babak peperangan, pada 4 Juli 1999, Nawaz Sharif, Perdana Menteri Pakistan memutuskan bertemu dengan Bill Clinton, Presiden AS. Tentu, mereka ketemuan bukan untuk bikin video Tiktok bareng, melainkan kesepakatan Pakistan untuk menarik mundur pasukannya dari LOC.

Akhirnya, perang dinyatakan berakhir.

Tulisan Jason Mandryk dalam Operation World 2013 mengatakan bahwa peperangan melawan pemerintah India, baik yang dilakukan Pakistan maupun kelompok khasmir, telah menghilangkan 40 ribu nyawa. Ditambah dengan 800 ribu warga yang harus mengungsi.

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Konflik Kashmir, dan 72 Tahun Pertikaian India dan Pakistan, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Kimia Kelas 10 | Penemuan Ilmiah dari Ilmu Kimia Modern

Artikel Kimia kelas X kali ini akan membahas tentang penemuan ilmu kimia modern. Seperti apa ya penemuannya? Simak penjelasannnya dalam artikel berikut ini.

Apakah kamu pernah menangis karena memotong bawang? Sadar tidak, kalau kejadian tersebut merupakan bagian dari proses kimia, lho! Wah, sebenarnya apa yang dimaksud dengan ilmu kimia dan bagaimana perkembangannya ya? Daripada penasaran, langsung baca yuk penjelasannya di bawah ini!

Ilmu kimia dipengaruhi oleh filsafat Yunani kuno. Dalam penemuannya, ternyata ada yang diperoleh secara kebetulan atau trial and error, lho. Akan tetapi, secara garis besar ilmu kimia memiliki dua landasan yang penting, yaitu aspek teoritis dan empiris.

ilmu kimia modern - Antoine Lavoiser, Bapak Kimia Modern

Antoine Lavoiser, Bapak Kimia Modern (sumber: alchetron.com)

Serangkaian penemuan ilmiah yang berhubungan dengan pembakaran, dianggap sebagai titik awal lahirnya kimia modern. Hal ini disebabkan oleh temuan-temuannya yang dilandasi dengan prinsip dan teori yang dikembangkan oleh pakar alkimia. Kemudian dikaji melalui percobaan dengan menggunakan metode ilmiah. Nah, beberapa pakar kimia yang dianggap sebagai pencetus kimia modern adalah Joseph Priestley (1733-1804), Antoine Lavoisier (1743-1794), dan John Dalton (1766-1844).

Priestley merupakan yang pertama kali melakukan percobaan dengan pembakaran materi yang dikaji secara ilmiah. Hasil dari pengukurannya, jika suatu materi dibakar akan mengalami kehilangan zat berflogiston. Hal tersebut dilihat dari perbedaan massa sebelum dan sesudah pembakaran. Penemuan pengukuran ini pun kemudian dikenal dengan teori flogiston. Akan tetapi, terdapat kelemahan dari percobaan Priestley yaitu, pembakaran dilakukan dalam wajan yang terbuka, sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran materi dengan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itulah, pernyataan Priestley ini disanggah oleh Lavoisier.

“Selama pembakaran tidak terjadi pengurangan maupun penambahan massa, asalkan wajan untuk pembakaran tertutup.” – Lavoisier

ilmu kimia modern - contoh gambar tidak ada penambahan massa

Contoh gambar tidak ada penambahan massa (sumber: anatomyclass123.com)

Lavoisier pun menyebut sanggahannya ini sebagai Hukum Kekekalan Massa. Hingga kini, teorinya kerap menjadi rujukan bagi teori ilmu kimia modern. Sementara itu, ilmu kimia terus berusaha untuk mengembangkan berbagai bahan dan proses (pembakaran) dengan meminimalisir pencemaran terhadap lingkungan, baik di perairan, udara, dan tanah. Untuk memenuhi hal tersebut, tentu perlu pemahaman konsep-konsep kimia yang valid dan mutakhir. Hal ini dapat dicapai dengan melakukan penelitian yang berkesinambungan dan terpadu.

Salah satu material yang sedang dikembangkan saat ini adalah polimer (bahan pembuat minuman kemasan). Selain itu, ada material lainnya seperti keramik, komposit, dan kristal cair. Bahkan, saat ini sedang dikembangkan teknologi contohnya adalah CNTs (Carbon Nano Tubes). Material CNTs ini memiliki konduktivitas (kemampuan menghantar panas) termal dan listrik yang sangat tinggi, sehingga sangat berguna untuk elektronik canggih, misalnya pada mikroskop elektron. CNTs juga memiliki fleksibilitas dan kekuatan yang sangat luar biasa bahkan melebihi baja. Tak heran jika CNTs banyak digunakan sebagai material pesawat luar angkasa.

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Penemuan Ilmiah dari Ilmu Kimia Modern, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

IPA Kelas 7 | 7 Karakteristik Makhluk Hidup

Artikel ini menjelaskan tentang beberapa karakteristik makhluk hidup. Pada kenyataannya, setiap makhluk hidup memiliki karakter yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya.


Sebelum masuk ke materi karakteristik makhluk hidup, ada pertanyaan buat kamu nih. Pertanyaan ini untuk menguji seberapa pekanya kamu terhadap lingkungan sekitar kamu. Oke, pertanyaannya, kamu percaya nggak kalau tanah itu bisa meluas dengan sendirinya? 

Misalnya, di rumah kamu ada lahan ukuran 1 meter dikali 2 meter untuk menanam tumbuh-tumbuhan. Nah, kalau didiemin selama beberapa tahun, percaya nggak kalau tanah itu bisa melebar dan meluas dengan sendirinya? Percaya nggaaak? Enggak? Serius nggak percaya? Yaudah, sebelum membaca penjelasannya, kamu kunci dulu jawabannya buat kamu tulis di kolom komentar ya, biar kita tau jawaban kamu apa, hihihi.

Oke, sekarang kita masuk ke materi. Apa bener tanah itu bisa berkembang, meluas dengan sendirinya? TIDAK. Karena tanah bukanlah makhluk hidup. 

Nah, dalam materi IPA atau lebih spesifiknya biologi, terdapat 2 jenis komponen. Yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Tanah, adalah contoh dari komponen abiotik. Apa sih komponen abiotik itu? Komponen abiotik adalah komponen yang menyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda yang tak hidup. 

Komponen abiotik ini menjadi medium atau substrat yang menunjang kehidupan organisme. Kok bisa menunjang? Lho iya, karena komponen abiotik ini memiliki kandungan-kandungan yang dibutuhkan oleh organisme, salah satunya kandungan kimia. Atau bisa dikatakan bahwa komponen abiotik ini menunjang keberlangsungan hidup dari komponen biotik.

Apa itu komponen biotik? Komponen biotik adalah semua jenis makhluk hidup yang terdapat dalam ekosistem. Nah, komponen biotik ini terbagi lagi menjadi 3 golongan. Pertama itu golongan produsen, yaitu seluruh organisme yang mampu membuat makanannya sendiri.

Kedua, golongan konsumen, yaitu golongan yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Nah, yang ketiga adalah golongan pengurai. Wih apatuh pengurai? Nah ini bisa jadi jawaban buat kamu-kamu yang suka bingung kenapa bangkai hewan atau sisa-sisa tumbuhan bisa hilang, hilang, bener-bener hilang dalam beberapa waktu.

Jadi, hilangnya bangkai itu adalah ulahnya si pengurai ini Squad. Gimana caranya? Mereka melakukannya dengan cara melakukan dekomposisi sisa-sisa organisem yang telah mati atau disebut detritus. Nah, karena mereka memakan detritus, pengurai ini disebut juga sebagai detritivora. 

Karena mereka merombak sisa produk organisme-organisme yang mati dengan enzim pencernaan yang dimilikinya, akhirnya mereka dapat memperoleh makanan. 

Wah wah wah, kalau aja tanah beneran bisa meluas dengan sendirinya, pasti bahagia banget tuh. Gimana nggak bahagia, lho tanah itu kan punya manfaat banyak bagi kehidupan mahkluk hidup. Mau bikin rumah aja kita butuh punya tanah, mau nanam pohon juga butuh tanah, banyak deh gunanya.

Ngomong-ngomong soal makhluk hidup, di sini kita juga akan menjelaskan tentang karakteristik makhluk hidup. Dengan kamu mengetahui karakteristik juga ciri-ciri makhluk hidup, kamu jadi bisa menentukan seperti apa sih persamaan dan perbedaan makhluk hidup dan benda mati itu. Mau tau? Yuk simak penjelasaannya.

Setiap makhluk hidup pasti bergerak. Manusia dapat berjalan dan berlari, begitu pula dengan hewan. Tanaman sendiri memiliki pergerakan khusus yang mengikuti cahaya matahari. Tipe pergerakan itu disebut fototropisme.

Bernapas adalah cara makhluk hidup untuk mendapatkan energi dari pemecahan makanan. Bernapas akan memasok oksigen ke dalam tubuh makhluk hidup. Oksigen tersebut penting untuk metabolisme tubuh karena dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Nah, manusia dan hewan darat bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang, sedangkan tanaman bernapas dengan mulut daun (stomata).

makhluk hidup bernafas

Ikannya lagi berusaha napas nih. Sumber: Giphy.com

Semua makhluk hidup membutuhkan makan sebagai sumber energi. Ada 2 macam cara mendapatkan makanan bagi makhluk hidup, yaitu autotrof dan heterotrof. Cara makan autotrof berarti dapat menghasilkan makanan sendiri. Contohnya, seperti tanaman yang mendapatkan makanan dari fotosintesis. Sementara itu, heterotrof berarti tidak dapat menghasilkan makanan sendiri, seperti manusia dan hewan.

Semua makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya, seperti yang kamu alami saat ini. Tinggi badan kamu sekarang tidak seperti pada saat masih SD ‘kan? Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat ditandai dengan tinggi, berat, dan volume. Namun, pertumbuhan berbeda dengan perkembangan. Perkembangan adalah fase makhluk hidup menjadi dewasa, contohnya seperti pubertas.

karakteristik-makhluk-hidup

 Pertumbuhan anak. (Sumber: inside.akronchildrens.org)

Pubertas pada manusia menandakan bahwa telah terjadi kematangan secara seksual. Itu juga terjadi pada makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup akan terus berkembang biak atau bereproduksi untuk menghasilkan keturunan. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan jenis dari makhluk hidup tersebut agar tidak punah.

Ini merupakan ciri-ciri makhluk hidup yang mengandalkan pada indera-indera yang ada pada tubuhnya. Misalnya, kulit kita pasti peka terhadap sentuhan, dingin, panas, dan sebagainya. Tanaman juga dapat bereaksi ketika mendapatkan rangsangan. Contohnya adalah tanaman Mimosa pudica atau putri malu. Daun-daunnya akan segera menutup apabila kita menyentuhnya.

Metabolisme merupakan proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Fungsi dari metabolisme adalah untuk mendapatkan energi atau mengeluarkan racun dari tubuh. Contoh dari proses metabolisme pada tubuh manusia adalah ekskresi. Hasil ekskresi dapat berupa keringat dan urin.

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah 7 Cara Melatih dan Mempercepat Kemandirian Anak, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Sejarah Kelas 11 | Tan Malaka: Bapak Republik yang Jejaknya Sempat Dihapus

Artikel ini membahas tentang siapaTan Malaka, kehebatannya dalam menyamar, pergerakan bawah tanah, serta kematiannya

Salah satu serunya belajar sejarah adalah kita bisa belajar dari cerita-cerita di masa lalu. Sayangnya, dalam sebuah negara, sejarah bisa “diatur” oleh pemerintah. Bukan tidak mungkin sejarah sengaja dibuat kabur dan ditutup-tutupi. Di masa Orde Baru (Soeharto), ada satu sosok yang jejaknya sengaja dhapus, bahkan dihilangkan dari buku sejarah sekolah.

Sosok ini bernama Tan Malaka.

Dia menghabiskan masa remajanya di Kweekschool (sekolah guru), yang juga dikenal dengan Sekolah Raja di Bukittinggi. Eits, sekolah ini bukan sembarang sekolah, lho. Lazimnya, hanya mereka yang tergolong penting dan priyayi saja yang bisa masuk. (Ya, di masa itu menjadi guru adalah pekerjaan yang keren dan digandrungi sebagian besar masyarakat).

Di sana, kecerdasan Tan begitu terpancar. Melihat kejeniusannya, G.H. Horensma, salah satu gurunya membantunya supaya berkuliah di Belanda. Harry Albert Poeze, dalam Tan Malaka, Pergulatan Menuju Republik: 1925-1945 (2000) mengatakan, “G.H. Horensma, yang bersama istrinya amat tertarik kepadanya.”

tan malaka

Sumber: historia.id

Sekembalinya dari Eropa, sosok yang dijuluki Patjar Merah Indonesia ini menjadi guru bahasa melayu bagi anak buruh perkebunan teh dan tembakau di Sanembah, Sumatera Utara. Di sana ia melihat kenyataan hidup rakyat Indonesia. Dia menyaksikan secara langsung penderitaan kaum buruh yang sering ditipu karena tidak pandai berhitung, diperas keringatnya, dan diberi upah rendah.

Fakta ini yang membuatnya bergerak.

Berbekal pengetahuan yang ia punya, Tan Malaka bergabung dengan Indische Social Democratische Vereeniging (ISDV), yang menjadi cikal-bakal Partai Komunis Indonesia.

Tahun 1920-an, dari Sumatera Utara, Tan berkelana ke Jawa. Sempat menyambangi Yogyakarta, ia lantas berpindah menuju Semarang. Di sana, Tan membangun sekolah untuk anak-anak Sarekat Islam. Ia mengubah ruang rapat menjadi ruang kelas. Buah semangat dan pemikirannya, ia salurkan melalui pendidikan. Tan, dalam tulisannya di Dari Pendjara Ke Pendjara, mengatakan, “Dalam satu dua hari saja saya sudah bisa mulai dengan kurang lebih 50 murid.”

Sekolah pertama itu pun menjadi percontohan untuk cabang-cabang sekolah yang lain. Iya, sekolah ciptaannya ini sukses. Bahkan ketika Tan Malaka pergi dari Indonesia, sekolah itu tetap berkembang. Mereka pernah mengadakan perkumpulan dan menghadirkan 40 orang utusan dari 16 sekolah. Jumlah total muridnya mencapai 2500 siswa.

perjalanan dan penyamaran tan malaka

Tan Malaka emang benci banget sama ketidakadilan dan kolonialisme. Makanya, ia menjadi buronan Belanda. Hampir setengah hidupnya ia habiskan dengan bersembunyi. Selayaknya agen rahasia, Tan berpindah, membentuk gerakan bawah tanah, bergonta-ganti pekerjaan dan membuat nama samaran supaya nggak ketangkep. Meski begitu, Tan terang-terangan menentang penindasan. Bayangin, gimana bisa coba dia jadi wakil Komintern (Komunis Internasional) untuk Asia Tenggara dan nggak sependapat dengan Stalin, tapi juga harus kabur dari kejaran Belanda.

Selama menjadi wakil Komintern untuk Asia Tenggara, Tan tinggal di Tiongkok. Di sana lah dia menulis konsep bangsa Indonesia ke dalam buku yang berjudul Naar de Republiek Indonesia. Karena ini lah, Tan Malaka disebut sebagai Bapak Republik Indonesia, atau the true founding father of Indonesia. Di dalam bukunya, dia menulis “ramalan” tentang situasi politik internasional antara Jepang dan Amerika yang menyebabkan perang di Pasifik.

Situasi yang pas untuk melakukan revolusi terhadap Belanda.

Dan kerennya, analisis tersebut benar-benar kejadian.

16 tahun setelah buku itu dicetak, perang pasifik yang membuat gejolak perang dunia II terjadi.

Masih dalam sesi pengelanaannya, Tan Malaka menulis buku Materialisme, dialektika, dan logika (yang ngetren dengan “Madilog”). Buku ini berisi analisisnya terhadap rakyat Indonesia yang tidak terbiasa berpikir kritis, tidak logis, serta belum mampu berdialog secara baik.

Hingga tahun 1942, merasa kondisi Indonesia sudah mulai aman dari kolonial, Tan pulang ke Indonesia. Akhirnya, setelah 20 tahun pelarian dan harapannya akan Republik Indonesia, ia kembali. Dari Malaya Tan menyeberang ke Sumatra, menyusuri sampai Lampung, lalu menumpang perahu Sri Renjet menuju Banten.

Dari Banten, Tan pindah ke Jakarta. Ia tinggal di Rawa Jati, dekat pabrik sepatu di Kalibata dan menjadi pedagang buah untuk melihat kehidupan rakyat Indonesia dari bawah. Dari Kalibata, Tan bergerak ke Bayah, Banten, menjadi juru tulis dan pengurus administrasi romusa, sembari bersembunyi dari tentara Jepang dengan, lagi-lagi, membuat nama samaran baru. Kali ini ia memilih “Ilyas Husein”.

kudeta pertama di indonesia

Kemerdekaan Indonesia telah berkumandang. Sorak sorai persatuan menjalar seantero negeri. Meski begitu, Tan merasa bahwa Indonesia belum merdeka seutuhnya. Sahut teriakan gembira dari rakyat hanya terdengar riuh dari luar, tapi seperti tidak berjiwa.

Ia pun mulai membongkar penyamarannya satu minggu setelah Indonesia merdeka, saat ia bertandang ke rumah Ahmad Soebardjo, teman lamanya. Soebardjo menulis pertemuan itu di autobigorafinya. “…ketika saya mendekatinya, saya kaget. ‘Wah, kau Tan Malaka,’ kata saya. “Saya kira kau sudah mati…,” Tan Malaka menjawab, “Alang-alang toh tak dapat musnah kalau tidak dicabut dengan akar-akarnya.”

Baca juga: Ide dan Pemikiran-Pemikiran Proklamasi Kemerdekaan 1945

Sungguh suatu jawaban yang quote-able dan bisa muncul di film-film jagoan. Jawaban yang bisa kita gunakan sehari-hari dan sangat terdengar keren. Contoh:

“Udah putus berbulan-bulan kok masih belom bisa move on sih lo?”

“Alang-alang toh tak dapat musnah kalau tidak dicabut dengan akar-akarnya…”

“…”

Lanjut. 9 September bulan depannya, Sekutu mulai mendarat di Jakarta untuk melucuti tentara Jepang. Situasi ini membuat Tan berpikir untuk menggunakan strategi politik dari buku yang dia ciptakan sendiri: Massa Actie. Sekutu pasti jiper kalo Indonesia ngumpulin rakyat dan menggerakkan aksi massa.

Maka pada 15 September, terjadilah Rapat Raksasa di Lapangan Ikada (sekarang Monas).

rapat raksasa lapangan ikada

Sumber: Repro “Impressions of the Fight in Defense of Freedom and Democracy in Indonesia”

Tidak kurang dari 200 ribu masyarakat tumpah memenuhi lapangan, bertemu dengan pemerintah Indonesia saat itu. Penjagaan ketat dilakukan oleh tentara Jepang agar tidak terjadi pertumpahan darah.

Popularitas yang tinggi, gagasan besar, serta jiwa revolusioner membuat rekan-rekan Tan mengusulkan agar ia dimasukkan ke dalam Pemerintahan.

23 September, Achmad Soebardjo mengundang Soekarno, Moh Hatta, dan tokoh politik lain ke rumahnya untuk bertemu dengan Tan Malaka. Membuka penyamarannya, Tan mengatakan pentingnya memberi penerangan kepada rakyat tentang perjuangan Republik Indonesia.

Pentingnya memberi kabar seluas-luasnya,

bahwa Indonesia telah merdeka seutuhnya.

Hatta lalu melamarnya untuk menjadi kekasihnya Menteri Penerangan, tapi Tan menjawab, “Di waktu sekarang Saudara berdua, Soekarno-Hatta, sudah tepat itu. Biarlah saya menyokong dari belakang dengan mengerahkan rakyat di belakang Saudara.”

Masa-masa akhir 1945 menjadi masa yang panas. Belanda yang membonceng Sekutu perlahan demi perlahan tiba di Indonesia. Kedatangannya mendapat berbagai tanggapan. Rakyat berpikir kalau Belanda akan kembali menjajah.

Tapi Sjahrir beserta Soekarno dan Hatta memilih jalan diplomasi.

Tan yang bersikap revolusioner merasa gerah dengan keputusan yang diambil kabinet Sjahrir. Begitu juga dengan Jenderal Besar Soedirman yang sependapat. Mereka gemas kepada kabinet Sjahrir yang tidak ingin dengan lantang bilang ke Belanda kalau Indonesia udah merdeka tanpa harus berunding lagi. Apalagi karena waktu itu ada desas-desus masih mau negosiasi tentang batas-mana-sih-yang-diakui-merdeka-dari-Belanda (yang ujungnya ketakutan Tan benaran terjadi lagi: Di perjanjian Linggarjati Belanda cuma mengakui wilayah Indonesia atas Sumatra, Jawa, dan Madura).

4 Januari 1946, pendukung Tan Malaka yang kecewa pada pemerintahan Sjahrir, bergabung membentuk kelompok Persatuan Perjuangan. Kelompok ini kemudian mengadakan kongres pertama yang dihadiri 132 organisasi sipil, partai, laskar, dan ketentaraan di Gedung Serba Guna Purwokerto. Pembicara utamanya, siapa lagi kalau bukan Tan Malaka dan Jenderal Soedirman. Di sana, Soedirman berseru, “Lebih baik kita dibom atom daripada merdeka kurang dari 100 persen!”

Gils. Duo ini emang terbilang akrab dan gahar banget. Adam Malik dalam Mengabdi Republik Jilid II: Angkatan 45 Menyebut Tan Malaka dan Soedirman sebagai “dwitunggal”.

Karena dianggap terlalu lembek terhadap Belanda, lahirlah peristiwa 3 Juli 1946, kudeta pertama dalam sejarah di Indonesia.

Kelompok oposisi menganggap Sjahrir gagal mewujudkan pengakuan kedaulatan Indonesia yang seratus persen.

Kudeta ini terbilang cukup brutal dan agresif. Kelompok Persatuan Perjuangan berencana menculik anggota kabinet Sjahrir. Di saat yang sama, Pemerintah berhasil mengendus rencana ini, dan mengambil keputusan untuk meringkus kelompok ini terlebih dahulu. Maka terjadilah permainan bernama Siapa-Yang-Berhasil-Menculik-Siapa-Duluan.

Eh, hatiku diculik insta story-mu. 🙁

Skip. Permainan dimenangkan oleh Pemerintah. Pada 23 Maret 1946, Tan Malaka, Soebardjo, dan Soekarni dijebloskan ke penjara selama 2 tahun. Hal ini membuat pendukung dan simpatisannya semakin marah.

27 Juni 1946, Sjahrir, Menteri Kemakmuran Darmawan Mangunkusumo, dan beberapa tokoh kabinet berhasil diculik oposisi. Mereka membawa Sjahrir ke Boyolali. Besoknya, Soekarno menyatakan bahwa Indonesia dalam keadaan gawat darurat. 29 Juni, Soekarno, melalui siaran radio menuntut pembebasan Sjahrir dan para menterinya.

Setelah Tan dibebaskan dari penjara Magelang, ia masih risau dengan situasi di Indonesia. Ia mencoba mengumpulkan pendukung dan menggagas partai Musyawarah Rakyat Banyak (Murba) 7 November 1948. Landasan partai ini: antifasisme, antiimperialisme, dan antikapitalisme. Lagi-lagi, Tan tidak ambil pusing soal jabatan. Ia membiarkan Sukarni yang mengambil posisi ketua.

12 November 1948, Tan ke Kediri, memulai pergerakan gerilya. Di sana, ia bertemu dengan prajurit TNI dan pimpinan politik. Tulis Harry A Poeze, dalam bukunya Tan Malaka, Gerakan Kiri, dan Revolusi Indonesia Jilid 4, Tan berjalan-jalan untuk melihat dan mencari tahu keadaan penduduk kampung yang miskin dan keinginan-keinginan mereka. Untung saat itu belum ada Instagram. Bisa-bisa dia tergoda bikin update status: “Jangan rebahan di rumah aja, Bro! Indonesia itu luas! MY TRIIIP…”

Kerasnya Tan menolak cara Soekarno-Hatta justru dinilai membahayakan Indonesia. Pemerintah terus mencari dan mengejarnya.

Kini ia tidak hanya buron di mata Belanda, tapi juga negara yang ia gagas sendiri.

Ia pun melarikan diri ke selatan Jawa Timur. Saat menyusuri Gunung Wilis di Selopanggung, Kediri, Tan Malaka ditangkap oleh Letnan Dua Sukoco dari Batalion Sikatan Divisi Brawijaya.

21 Februari 1949, Suradi Tekebek (Betul, ini nama orang) mengeksekusi mati Tan Malaka. Dia dimakamkan di Selopanggung, Kediri. Poeze menulis di bukunya dengan kalimat, “Kematianya dirahasiakan bertahun-tahun.”

Sampai sekarang kematiannya masih misterius. Pernah dicoba tes DNA dengan keponakan Tan, tapi hasilnya masih belum 100%. Karena jasad sudah terkubur 60 tahun dan sampelnya terkontaminasi dengan lingkungan sekitar. Penulis buku Poeze, sih, yakin jasad yang ada di sana Tan Malaka. Meski Soekarno mengangkatnya menjadi pahlawan nasional pada 28 Maret 1963, saat Orde Baru muncul, Tan Malaka ini kayak sengaja dihilangkan dari sejarah. Namanya dicoret dari daftar nama pahlawan nasional. Bahkan tidak pernah dibahas dalam buku pelajaran sekolah.

Saat ini sih namanya udah kembali beredar dan banyak yang membahas lagi.

Nah sahabat Nata itulah Bapak Republik yang Jejaknya Sempat Dihapus, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, Jasa Transalte Dokumen , Transaltor Murah, Transaltor Cepat, Transaltor Bandung

Ekonomi Kelas 8 | Dampak ASEAN pada Ekonomi dan Sosial Budaya

Artikel Ekonomi Kelas VIII ini menjelaskan tentang bagaimana hubungan Indonesia dengan organisasi ASEAN mempengaruhi kegiatan ekonomi dan sosial budaya.

ASEAN

Teman-teman pasti sudah pada tau dong apa itu ASEAN? Kalau kalian lupa, ASEAN adalah organisasi kerjasama di bidang ekonomi dan geo-politik antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN punya 10 anggota yaitu negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Laos, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Salah satu tujuan dibentuknya ASEAN adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di Asia Tenggara. Nah, Indonesia sebagai anggota ASEAN pasti ngerasain dampaknya setelah bergabung ke ASEAN. Apalagi di bidang ekonomi dan sosial budaya, yang sangat ASEAN inginkan untuk maju dan berkembang. Makanya, kali ini yuk kita bahas tentang dampaknya ASEAN untuk perekonomian dan sosial budaya di Indonesia!

Karena Indonesia tergabung dalam ASEAN, negara kita jadi lebih gampang kalau ingin melakukan perdagangan dan investasi sama negara anggota ASEAN. Yang dimaksud lebih gampang adalah peraturannya lebih mudah, biaya impor yang dikurangin biar lebih murah, dan kuota barang yang diimpor boleh lebih banyak daripada biasanya.

Nah, kalau perdagangannya berjalan lancar, bakalan tercipta harga pasar yang stabil juga loh! Kok bisa? Karena jika suatu negara membutuhkan suatu produk seperti beras tapi stok berasnya kurang, maka negara tersebut bisa impor beras dari negara lain. Tapi kalau negara itu nggak melakukan impor beras, harga beras di negaranya bisa melunjak jadi mahal. Duh, jangan sampe deeh!

Terus, dampak lainnya adalah Indonesia jadi meningkatkan standar produksinya karena Indonesia tentu nggak mau kalah bersaing dengan produk-produk impor yang masuk dari negara ASEAN. Kalau produknya bagus dan laku di pasar, pasti juga menguntungkan devisa Indonesia. Devisa alias kas negara kita jadi meningkat juga deh!

separator asean sosbud

Untuk mendukung aspek sosial budaya, ASEAN membentuk yang namanya Masyarakat Sosial Budaya ASEAN atau biasa dikenal dengan ASCC (ASEAN Socio-Cultural Community). ASCC sebenarnya adalah salah satu pilar yang mendukung adanya  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan dibentuknya ASCC adalah untuk menciptakan masyarakat ASEAN yang damai, saling menghargai identitas nasional dan budaya yang beragam macamnya, juga menciptakan rasa “ke-kita-an” yang kompak. Wah, tujuannya mulia banget ya! Tentu dong, karena ASEAN menargetkan masa depan yang aman, damai, dan makmur untuk generasi anak cucu kita nanti.

Supaya ASCC berjalan sesuai rencana yang udah disusun (guidelines), dibuatlah ASCC Cetak Biru atau Blueprint. ASCC Blueprint isinya kayak pembagian kerja yang lebih bercabang dan spesifik dalam bidang sosial budaya. Yang pasti, kerangka kerja ini bakalan berpengaruh positif banget untuk komunitas ASEAN.

Wah banyak juga ya rencananya ASEAN untuk masyarakatnya. Ini adalah bukti betapa ambisius dan erat komitmennya ASEAN ke negara anggotanya. Semua poin dari ASCC Blueprint tersebut masih terus dilakukan sampai sekarang loh. Semoga ke depannya nanti, semua rencana dan ambisi dari ASCC Blueprint bisa tercapai ya teman-teman!

Walaupun sebagian besar dari anggota ASEAN adalah negara yang masih berkembang, tapi ASEAN sebagai organisasi tetap semangat untuk menjadikan para anggotanya maju dan menjadi lebih baik. Kalau ASEAN aja semangat, pasti kamu semangat juga dong. Yuk, pelajarin lagi tentang dampak dari ASEAN di Nata Privat! Biar lebih paham, nanti bakalan ada soal-soal latihan juga loh!

sumber: raungguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Dampak ASEAN pada Ekonomi dan Sosial Budaya, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini
Powered by