Bentuk dan Sifat Kedaulatan

Kedaulatan Indonesia dan Klaim Tiongkok di Natuna - Medcom.id

Secara harfiah, kedaulatan bisa diartikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam menhyusun undang-undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia. Kata kedaulatan sendiri berasal dari Bahasa Arab “daulah” yang bermakna kekuasaan. Kedaulatan juga berarti “supremus” yang dalam Bahasa Latin berarti tertinggi. Oleh karena itu, kedaulatan dalam banyak bahasa dapat diartikan sebagai kekuasaan atau wewenang tertinggi dalam sistem pemerintahan.

Kedaulatan rakyat berprinsip pada kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat, sehingga pemerintah harus melaksanakan kegiatan berbangsa dan bernegara dengan dasar dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Jenis pemerintahan ini disebut juga dengan ‘demokrasi’.

Indonesia pada 17 Agustus 1945 memproklamasikan dirinya sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Adanya wilayah, rakyat dan pemerintah yang berdaulat merupakan unsur-unsur konstitutif yang harus dimiliki oleh negara merdeka. Dengan berdaulat, berarti bahwa negara Indonesia memiliki kekuasaan tertinggi atas pemerintahannya sendiri. Indonesia berhak secara bebas menjalankan roda pemerintahannya sendiri tanpa adanya campur tangan pihak lain.

Nah, bicara kedaulatan, dalam perjalanannya ini memiliki dua bentuk, yakni kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar.

Kedaulatan ke Dalam (intern) bisa diartikan bahwa sebuah negara memiliki kekuasaan penuh dan tertinggi dalam mengelola pemerintahannya. Baik organisasi pemerintahan maupun sumber daya alam yang ada. Segala bentuk sumber daya yang ada di darat, laut dan udara dikelola oleh pemerintah secara mandiri dan tanpa campur tangan orang lain untuk memajukan kesejahteraan rakyat sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Sementara itu, bentuk kedaulatan ke luar berarti bahwa negara memiliki keluasaan penuh untuk menjalin hubungan kerjsama dengan negara lain tanpa terikat oleh kekuasaan manapun. Adanya perjanjian dengan negara lain, pernyataan perang dan damai, serta keikutsertaan dalam organisasi internasional merupakan beberapa contoh perwujudan kedaulatan ke luar.

Kedaulatan memiliki beberapa sifat, diantaranya absolut, permanen, tidak terbatas, dan tunggal bulat.

Absolut (asli) artinya kedaulatan ini terbentuk dengan sendirinya dan tidak berasal dari kekuasaan lain; Permanen (tetap) artinya kedaulatan akan terus ada selama negara masih berdiri walaupun pemimpin negara telah berganti-ganti;

Tidak terbatas artinya kedaulatan akan terus ada selama negara masih berdiri walaupun pemimpin negara telah berganti-ganti; sedangkan Tunggal bulat (tidak terpecah) artinya kedaulatan bersifat satu dan tidak dapat dibagi-bagi karena dapat menyebabkan pluralisme dalam kedaulatan itu sendiri.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Bentuk dan Sifat Kedaulatan, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini