Formal Invitation and How to Respond

Adakah diantara kalian yang pernah menerima undangan formal dari seorang teman atau kenalan? Untuk menghadiri acara pernikahan, misalnya. Undangan formal atau formal invitation umumnya banyak digunakan dalam acara-acara resmi. Karenanya, bukan hal yang mengherankan jika itu disampaikan secara sopan dan benar. Lantas, bagaimana cara untuk meresponnya?

Undangan sendiri, jika mengacu pada vocabulary.com, bisa diartikan sebagai permintaan, ajakan, atau upaya untuk membuat orang lain bergabung di acara tertentu. Sementara menurut kamus Oxford, undangan adalah permintaan lisan atau tulisan kepada seseorang untuk melakukan atau pergi ke suatu tempat.

Jika mengacu pada definisi di atas, jelas bahwa undangan memiliki fungsi baik untuk meminta seseorang untuk pergi ke suatu tempat atau melakukan sesuatu. Bentuknya dapat berupa undangan formal maupun informal. Dimana undangan formal atau formal invitation artinya undangan tersebut bersifat resmi dan biasanya akan disambut dengan balasan dalam bentuk tulisan yang sama resminya.

Sementara itu, undangan informal bukanlah undangan resmi – bisa berupa tulisan maupun perkataan, yang biasanya diberikan kepada teman, keluarga atau lainnya.

Nah, dalam bab ini, kita akan belajar tentang undangan formal, lengkap dengan ekspresi dan bagaimana menyampaikan serta menanggapi orang-orang yang mengundang kita dalam Bahasa Inggris.

How to Express the Invitation:

Dalam hal penyampaian undangan, ada beberapa kalimat umum yang biasa kita gunakan, baik untuk mengundang maupun merespon undangan tersebut. Apakah kita menerima atau menolak.

  • Mengundang seseorang

– I would like you to….
– Would you like to…
– Would you be interested in…
– I invite you to…

  • Merespon undangan

Menerima: – Thank you for your kind invitation (Terima kasih atas undangannya)
– I’d love to! Thanks (Tentu saja! Terima kasih)
– With pleasure! (Dengan senang hati)

Menolak: – I’m sorry to refuse your invitation (Maaf karena saya harus menolak undanganmu)
– I am afraid I can’t… (Sepertinya saya tidak bisa)
– Sorry, I’d love to but… (Maaf, saya ingin (datang) tapi…)

Contoh

Keluarga Andrea membuka sebuah restoran. Ia ingin mengundang tiga teman berbeda untuk datang ke acara pembukaan, apa yang harus dikatakannya?

Andrea: I would like to invite you to grand opening of my family’s new restaurant this sunday, at 7 p.m. (Saya ingin mengundang kamu ke grand opening restoran baru keluarga saya hari Minggu ini, jam 7 malam.)

Teman 1: (Menerima) Terima kasih atas undangannya. Aku akan kesana.
Teman 2 : (Menolak) saya takut saya tidak bisa datang. Saya memiliki pertunangan sebelumnya hari Minggu ini.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Tentang Formal Invitation and How to Respond, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini