Generic Structure of Narrative Text

Menceritakan dongeng pengantar tidur kepada anak adalah tradisi yang sudah ada sejak dahulu, dan masih menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari banyak keluarga. Dongeng yang diceritakan bisa berupa cerita rakyat, cerita binatang, maupun mitos. Tapi tahukah kamu berbagai macam cerita tersebut termasuk ke dalam teks narasi, atau dalam bahasa Inggris disebut narrative text? Nah, seperti apa ya kira-kira strukturnya?

Narrative text (teks naratif) merupakan suatu jenis teks yang berupa cerita khayalan, kisah nyata yang direkayasa, atau dongeng. Teks ini menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung. Dimana, salah satu jenisnya adalah cerita rakyat Indonesia yang begitu beragam.

Jenis text ini sebenarnya bertujuan untuk menghibur para pembaca dengan sebuah cerita yang dikemas semenarik mungkin. Dalam menuliskan narrative text dalam bahasa Inggris, maka perlu menggunakan past tense.

Disamping itu, narrative text memiliki tiga (3) unsur atau struktur umum (generic structur) yang harus ada di dalam sebuah cerita atau tulisan antara lain ; orientation, complications, dan resolutions.

Orientation
Orientation merupakan paragraf pembuka pada teks atau perkenalan certa yang memperkenalkan tokoh yang terlibat, waktu terjadi, dan lokasi latar belakang kejadian. Dalam bahasa Inggris biasanya orientation ini meliputi pertanyaan “who, when, maupun where”.

Complications
Di dalam complications terdiri dari paragraf yang menjelaskan awal mula peristiwa atau kejadian. Awal mula peristiwa ini menjadi rentetan alur cerita yang berlanjut pada konflik, klimaks, dan anti klimaks sebuah cerita.

Resolutions
Resolution merupakan paragraf yang menjadi akhir cerita, yang menjadi penyelesaian konflik dan menjadi akhir suatu cerita. Permasalahan yang ada dalam suatu narrative text harus diselesaikan dan ditutup dengan akhir yang menyenangkan atau happy ending atau justru tragis dan menyedihkan atau sad ending.

Selain ketiga (3) unsur atau struktur umum tersebut, terkadang narrative text bisa ditambahkan dengan evaluation/ evaluasi jalan cerita dan reorientation/ kesimpulan akhir cerita. Namun, kedua unsur tersebut tidak diwajibkan ada dalam suatu cerita, bisa dimasukan bisa juga tidak.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Tentang Generic Structure of Narrative Text, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini