Rumus Luas Permukaan Tabung, Cara Menghitung dan Contoh Soalnya

Tabung adalah salah satu bangun ruang yang sangat sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di dapur kita bisa menemui nya dalam bentuk botol minuman. Di luar rumah, kita juga biasa melihat pipa yang juga berbentuk tabung. Terowongan juga berbentuk tabung lho. Sayang sekali jika kamu tidak mengenal bangun ruang yang satu ini. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tabung. Terutama rumus luas permukaan tabung beserta cara menghitungnya, dan tidak lupa juga contoh soal yang akan bisa membantu kamu memahami materi ini.

Namun, sebelum kita masuk kesana ada baiknya jika kita mempelajari apa itu tabung. Kita bisa mendefinisikan tabung sebagai bangun ruang yang memiliki tutup dan alas yang berbentuk lingkaran berukuran sama dan diselimuti oleh sebuah persegi panjang. Sekarang mari kita lanjutkan dengan mempelajari rumus luas permukaan tabung.

Rumus Luas Permukaan Tabung

Dalam mencari luas permukaan dari tabung, kita bisa mulai dari jaring-jaring tabung. Jaring-jaring tabung tersebut terdiri dari tutup dan alas tabung yang berbentuk lingkaran dengan besar jari-jari (r), sehingga rumus luas dari alas dan tutup yang berbentuk lingkaran yaitu = 2π r². Untuk nilai phi (π) dapat menggunakan 22/7 atau 3,14. Bagian melengkung yang mengelilingi tabung, memiliki bentuk persegi panjang mempunyai rumus luas panjang x lebar. Panjangnya sama dengan keliling lingkaran sedangkan lebarnya sama dengan tinggi tabung, sehingga rumus luas sisi lengkungnya adalah 2π r t.

Rumus luas jaring-jaring tabung :

  • Rumus luas alas dan tutup : π.r2
  • Rumus luas selimut : 2.π.r.t

Dari kedua rumus ini, kita akan bisa menuliskan rumus luas permukaan tabung menjadi:

Luas permukaan tabung = 2 x Luas alas + Luas selimut tabung

Luas permukaan tabung = 2 x (π x r2) + 2 x π x r x t = 2 x π x r x ( r + t )

Untuk bisa lebih memahami hal ini, mari kita lihat salah satu contoh soal berikut ini:

Contoh:

Untuk membuat sebuah patung, pengrajin menggunakan sebuah batang pohon yang berbentuk seperti tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 18 cm. Tentukan  luas permukaan dari batang kayu tersebut.

Penyelesaian:

Dari soal di atas kita mendapatkan informasi seperti:

d = 14 cm,  maka jari-jarinya adalah r = 7 cm

t = 18 cm

Dengan begitu kita tinggal memasukannya kedalam rumus.

Jawab:

Lp = 2 x π x r x ( r + t )

= 2 x 22/7 x 7 (7 + 18 )

= 44 x 25

= 1.100 cm2

Bila kamu ingin mempelajari mengenai bangun ruang tabung beserta contoh soalnya dengan lebih mendalam, kamu bisa cobain Kelas Pintar yang merupakan platform pembelajaran digital 360° dan bisa diakses oleh para siswa, guru dan orang tua selama proses belajar. Kelas Pintar juga menggunakan sistem yang terintegrasi guna memantau dan mendukung perkembangan belajar siswa. Disini kamu bisa belajar berbagai mata pelajaran, termasuk matematika dan juga bangun ruang.

Ada 2 paket yang disediakan yaitu Kelas Pintar Reguler dan Kelas Pintar MBG. Kelas Pintar Reguler adalah program Kelas Pintar biasa yang menawarkan berbagai fasilitas dan keuntungan untuk kegiatan belajar online.

MBG yang merupakan singkatan dari Money Back Guarantee adalah program Kelas Pintar yang menawarkan pengembalian uang bila tidak adanya peningkatan dari nilai-nilai para siswa, tentu saja dengan ketentuan tertentu

.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah tentang Rumus Luas Permukaan Tabung, Cara Menghitung dan Contoh Soalnya, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini