Bagaimana Jika Burung-burung Menghilang?

Burung memiliki peranan besar dalam tatanan kehidupan dan siklus mata rantai makanan. Peran burung dalam mata rantai makanan terbilang sangat lengkap, mulai dari spesies burung predator hingga pemakan hama. Sedemikian besarnya peranan dari kehadiran spesies burung ditengah-tengah kehidupan manusia, sehingga sulit dibayangkan jika saja semua spesies burung menghilang atau musnah.

Fenomena hilangnya atau musnahnya berbagai jenis burung dalam habitatnya menjadi keprihatinan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Terlebih Indonesia merupakan salah satu Negara pemilik keanekaragaman burung terbesar di dunia. Tercatat, Indonesia memiliki lebih dari 1.700 jenis burung. jumlah tersebut terancam semakin menurun drastis jumlahnya akibat perburuan untuk dijadikan komoditas jual beli maupun dipelihara.

Sangat ironi, perburuan membabi buta akibat fenomena latahan masyarakat Indonesia menjadikan spesies burung banyak hilang dari habitatnya. Saking langkanya, banyak diantaranya hanya tersisa di penangkaran untuk meningkatkan jumlah populasinya. Namun, tidak sedikit pula yang hilang dan musnah tidak tersisa.

Manusia menjadi pihak yang paling bertanggungjawab atas musnahnya berbagai spesies satwa bersayap ini. Meski demikian, ada hal lainnya yang turut mengancam hilangnya spesies burung, diantaranya perburuan illegal, pestisida, limbah domestik serta terjadinya perubahan iklim.

Dalam kurun waktu 9 tahun pemerintah dalam PP No. 7 tahun 1999 menegaskan, ada 47 jenis spesies burung di Indonesia yang dilindungi dan dilarang untuk diburu dan dijadikan komoditas. Sembilan tahun berselang melalui beleid terbaru yang dikeluarkan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.92/MENLHK/SEKJEN/KUM.1/8/2018, jumlah spesies burung yang dilindungi menjadi 108 jenis. Lalu, hal apa saja yang terjadi bila saja seluruh spesies burung menghilang dan musnah di dunia?

Dengan terhubungnya semua spesies di dunia melalui sistem yang kompleks seperti rantai makanan membuat keseimbangan dunia menjadi terjaga. Sebaliknya, hilangnya satu spesies dan terjadi kepunahan atas satwa liar seperti spesies burung akan menyebabkan kehancuran seluruh ekosistem. Manusia pun sebagai rantai makanan tertinggi akan hidup penuh ketidakpastian dan kebergantungan pada spesies burung tidak bisa diabaikan begitu saja.

.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah tentang Bagaimana Jika Burung-burung Menghilang?, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini