Pengertian Legends dalam Bahasa Inggris

Indonesia merupakan salah satu gudang cerita fiksi yang melegenda, ada ratusan bahkan mungkin ribuan buku yang sudah beredar. Terkadang, cerita fiksi legenda yang kalian baca diceritakan kembali kepada yang lain dan itu terus berulang. Dalam bahasa Inggris, hal ini masuk ke dalam Legends. Nah, apa sih legends itu, dan seperti apa strukturnya?

Legends atau legenda merupakan salah satu genre teks naratif. Dimana legends ini dapat diartikan sebagai teks yang menceritakan segala sesuatu yang terjadi di masa lalu dan seringkali karakter dalam teks ini tidak ada atau hanya bersifat fiktif.

Umumnya, legends ini sering diceritakan kembali dari mulut ke mulut, sehingga memungkinkan ada beberapa perubahan dalam ceritanya. Karena legenda merupakan bagian dari teks naratif maka penulisan dari awal sampai akhir cerita akan bersifat sistematis.

Tujuan dari teks legends ini adalah untuk menghibur para pembaca dan memberikan suatu pengajaran dari isi cerita tersebut. Di Indonesia sendiri contoh legends antara lain “Terjadinya danau Toba” di Sumatera Utara, “Candi Prambanan” dari Yogyakarta, “Legenda Batu Menangis” di Kalimantan, “Tangkuban Parahu” dari Jawa Barat, “Terjadinya Selat Bali” di Antara Jawa dan Bali serta masih banyak lagi.

Sementara itu, legenda dari luar negeri semisal Cinderala, Rapunsel, Hare and Tortoise, dan lain sebagainya.

Adapun dalam menulis teks legends ini ada beberapa struktur yang perlu diperhatikan, sehingga ceritanya bisa berjalan secara sistematis. Adapun struktur legends tersebut antara lain orientation atau orientasi, complication atau komplikasi, resolution atau resolusi, dan coda.

  • Orientation (orientasi), dalam bagian ini memperkenalkan karakter dan juga latar dari cerita tersebut.
  • Complication atau komplikasi, di bagian ini menceritakan awal masalah yang menyebabkan puncak masalah atau yang biasa disebut dengan klimaks. Bagian ini biasanya melibatkan karakter utama dari cerita tersebut.
  • Resolution (resolusi), bagian ini adalah akhir atau berupa solusi dari masalah yang terjadi. Masalah dapat diselesaikan, bisa menjadi lebih baik atau malah lebih buruk yang nantinya akan membuat cerita berakhir dengan bahagia atau sebaliknya.
  • Coda (optional), bagian ini merupakan pelajaran dari cerita. Pada bagian ini biasanya penulis memberikan sedikit penjelasan tentang nilai moral cerita agar pembaca dapat mempelajarinya.

.

Referensi: quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Pengertian Legends dalam Bahasa Inggris, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini