METODE INTERAKSI EDUKATIF PADA PENGAJARAN IPS

METODE INTERAKSI EDUKATIF PADA PENGAJARAN IPS

Interaksi edukatif adalah interaksi yang berlangsung dalam suatu ikatan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran.dalam artian yang lebih spesifik pada bidang pengajaran dikenal dengan istilah interaksi belajar mengajar. Interaksi belajar mengajar mengandung  suatu arti adanya kegiatan interaksi dari pengajar yang melaksanakan tugas mengajar di suatu pihak dengan warga belajar ( siswa, anak didik, subjek belajar ) yang sedang melaksanakan kegiatan belajar dipihak lain.

Metode adalah cara, yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan. Makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan.

Dalam setiap bentuk interaksi  edukatif  mengandung dua unsur pokok; unsur  teknis dan unsur normatif . Dalam unsur normatif, antara guru ( sebagai pendidik), dan peserta didik harus berpegang pada norma yang diyakini bersama. Misalnya dalam pengajaran pmp guru dan peserta didik harus meyakini pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia. Pengajaran sebagai bagian dari pendidikan, sedangkan pendidikan bersifat normatif. Sedangkan suatu pendidikan dapat dirumuskan pula secara teknis dan merupakan pristiwa yang memiliki aspek teknis. Pendidikan sebagai kegiatan praktis yang berlangsung dalam suatu masa, terikat dalam situasi, terarah pada satu tujun. pristiwa ini adalah suatu rentetan kegiatan saling mempengaruhi, satu rangkaian  perubahan dan pertumbuhan serta perkembangan fungsi-fungsi psikis dan pisik.dalam rangkaiannya tersebut pristiwa yang menuju kepada  pembentukan itu sendiri merupakan suatu proses teknis. Setiapaktifitas pengajaran tidak dapat dilepaskan dari segi teknis semisal bagaimana upaya untuk membentuk manusia yang beriman  dan bertakwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan  dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadianyang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Ciri-ciri Interaksi Edukatif

Dalam bentuknya interaksi mengandung unsur pokok diantaranya interaksi edukatif yang bersifat nomatif. Interaksi edukatif mempunyai ciri- ciri sebagai berikut:

  1. Interaksi edukatif mempunyai tujuan;
  2. Interaksi edukatif memilki bahan/pesanyang menjadi isi interaksi atau sebuah materi;
  3. Ditandai dengan pelajar atau peserta yang aktif;
  4. Guru berperan sebagai pembimbing
  5. Memiliki metode  tertentu dalam penyampaiannya untuk mencapai tujuan
  6. Mempunyai situasi yang memungkinkan proses belajar-mengajar berjalan dengan baik
  7. Evaluasi terhadap hasil interaksi

Sumber artikel : berast[dot]blogspot[dot]co[dot]id
Sumber gambar : mambaulhisan[dot]files.[dot]wordpress[dot]com

NATA Private memiliki pengajar yang berkompeten dalam bidang masing-masing serta memiliki kemampuan berinteraksi sosial dengan baik, baik dengan siswa maupun orang tua siswa.

Website:
– bimbelprivatbandung.com
Medisa Sosial:
– Fanspage Facebook : Bung NATA
– Twitter : @PrivateNATA
– Instagram : bimbelprivatbandung
Layanan informasi:
– SMS/WA: 0856.5961.4484
– Pin BB: 764b0dc4

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *