Jenis-jenis Katrol Sebagai Pesawat Sederhana

Dalam setiap upacara bendera, petugas pembawa bendera akan berjalan menuju tiang bendera sebelum akhirnya mengibarkan bendera tersebut. Agar bendera bisa naik ke atas biasanya setiap tiang bendera akan dilengkapi katrol. Nah, tahukah kamu bahwa katrol yang termasuk pesawat sederhana ini terdiri dari bermacam-macam. Apa saja jenis-jenis katrol yang dimaksud?

Pesawat sederhana sendiri dikategorikan menjadi beberapa jenis, termasuk tuas, katrol, bidang miring, dan roda bergerigi. Pada materi ini kita akan membahas mengenai katrol dan jenis-jenis katrol.

Katrol merupakan sebuah roda yang sekelilingnya diberi tali dan memiliki prinsip kerja, dimana katrol akan mengubah arah gaya sehingga kerja yang dilakukan oleh manusia akan menjadi lebih mudah dan ringan. Hal tersebut, sejalan dengan fungsi pesawat sederhana.

Secara umum, jenis-jenis katrol dapat dibedakan menjadi 3, yaitu katrol tunggap, katrol ganda, dan katrol majemuk atau katrol takal.

Katrol Tetap

Sebuah sistem yang terdiri dari sebuah katrol yang digantung dan dibuat dalam keadaan statis atau tidak bergerak. Suatu beban (W) melekat pada satu ujung tali dan gaya kuasa (F) diterapkan ke ujung tali yang lain.

Katrol mengubah arah aksi gaya untuk menurunkan atau menaikan beban. Jika jari-jari katrol adalah sama maka panjang lengan gaya sama dengan panjang lengan kuasa (LW = LF). Dengan demikian persamaan katrol yaitu :

W x Lw = F x Lf

Dari persamaan tersebut dapat kita ketahui bahwa F = W. Hal tersebut berarti gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban pada katrol sama dengan nilai beban, sehingga keuntungan mekaniknya (KM) yaitu :

KM = W/F = 1

Adapun, contoh dari katrol tetap adalah sumur konvensional, tiang untuk pengibaran bendera dan lain-lain.

Katrol Bebas

Sebuah sistem yang terdiri dari sebuah katrol yang kedudukannya dapat berubah karena katrol tersebut tidak dipasang tetap. Pada katrol bebas, salah satu tali diikat pada suatu tempat dan ujung lainnya dapat bebas ditarik gaya. Pasa saat ujung ditarik, katrol akan mengikuti lintasan pada tali sehingga kedudukannya berubah.

Pada katrol bebas gaya kuasa (F) sama dengan setengah dari nilai beban (W). dengan demikian keuntungan Mekanik (KM) pada katrol bebas adalah :

Adapun contoh dari penerapan katrol bebas adalah derek konstruksi dan beberapa jenis mesin pengangkat beban di Gym.

Katrol Majemuk

Katrol takal atau katrol majemuk merupakan gabungan dari katrol bebas dan juga katrol tetap. Keuntungan Mekanik (KM) katrol takal dapat ditentukan berdasarkan dengan jumlah tali yang akan digunakan untuk menahan beban, yaitu :

KM = W/F = x

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Tentang Jenis-jenis Katrol Sebagai Pesawat Sederhana, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini