Ciri-ciri dan Cara Hidup Protozoa

Berdasarkan karakter fisiknya, anggota kingdom Protista dibagi menjadi Protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan. Protista mirip hewan sering disebut juga sebagai protozoa. Bagaimana ciri-ciri dan cara hidup protozoa?

Sebagaimana namanya, protista mirip hewan, artinya kelompok protista ini memiliki sifat seperti hewan, yakni heterotrof dan dapat bergerak. Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri dengan menggunakan organel-organel, yaitu membran plasma, sitoplasma, dan mitokondria.

Ciri-ciri tubuh protozoa

Protozoa berukuran sekitar 10 – 200 μm atau 0,01 – 0,2 mm, namun ada pula yang berukuran hingga 500 μm. Protozoa dapat diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya karena tidak memiliki dinding sel.

Dari segi bentuk, sel protozoa sangat bervariasi, ada yag tetap dan ada pula yang berubah-ubah. Protozoa bercangkang memiliki bentuk tubuh yang cenderung tetap, misalnya Radiolaria dan Foraminifera. Sementara itu, Amoeba merupakan contoh protozoa yang bentuk tubuhnya berubah-ubah terutama saat bergerak mendekati makanannya.

Struktur tubuh protozoa terdiri dari sitoplasma yang diselubungi membran sel atau membran plasma. Membran sel berfungsi sebagai pelindung dan mengatur pertukaran zat di dalam sel dengan sat di luar sel. Pada beberapa jenis protozoa, selain membran plasma, terdapat pula pelikel (selaput tubuh yang keras) yang membantu mempertahankan bentuk tubuh Protozoa agar selalu tetap.

Membran plasma pada beberapa jenis protozoa ada yang dilengkapi dengan silia atau flagel. Keduanya berfungsi sebagai alat gerak. Sitoplasma mengandung beberapa organel sel, yaitu mitokondria, ribosom, lisosom, nukleaus (inti sel), vakuola makanan dan vakuola kontraktil (vakuola berdenyut). Paramecium memiliki trikosis (struktur di bagian korteks berupa rongga dan benang panjang yang bisa dikeluarkan sebagai respon stimulus) sebagai alat mempertahankan diri dari musuh.

Cara Hidup dan Habitat Protozoa

Protozoa memperoleh makanannya dengan cara fagositosis. Fagosotpsis adalah menelan dan mencerna mangsanya. Protozoa memangsa anggota protista lain, seperti protista mirip jamur dan ganggang mikroskopis, bakteri, maupun sisa-sisa organisme.

Protozoa ada yang dapat hidup bebas di alam maupun hidup bersimbiosis di dalam tubuh hewan multiseluler dan manusia. Protozoa yang hidup bebas di alam dapat ditemukan di perairan atau di tempat basah yang banyak mengandung sampah atau zat organik, misalnya air laut, danau, sungai, sawah, kolam, parit dan selokan. Protozoa yang hidup bebas di alam, misalnya Amoeba proteus dan Paramecium caudatum. Protozoa dapat hidup soliter atau berkoloni.

Protozoa yang hidup di dalam tubuh organisme multiseluler bersifat parasitik (menyebabkan penyakit), misalnya Plasmodium malariae yang menjadi penyebab penyakit malaria dan Entamoeba hiztolyca yang menjadi penyebab diare.

Selain itu, ada pula yang bersimbiosis mutualisme, seperti Ciliata yang hidup di usus hewan pemakan rumput yang dapat membantu mencerna selulosa. Protozoa dapat bertahan hidup dengan cara berubah menjadi kista pada lingkungan yang kurang menguntungkan.

Kista merupakan sel tidak aktif dan memiliki dinding yang tebal berupa kapsul polisakarida. Jika kondisi lingkungan membaik, kista akan berubah menjadi sel protozoa yang aktif.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Tentang Ciri-ciri dan Cara Hidup Protozoa, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini