Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Elektroskop

Tahukah kamu bagaimana mengetahui suatu benda bermuatan listrik atau tidak, dan apa jenis muatannya tersebut? Untuk mengetahui hal tersebut maka dibutuhkan alat khusus yang disebut dengan elektroskop. Dimana, prinsip kerjanya sama dengan induksi listrik yaitu dengan menggesekan maka akan timbul gaya listrik pada suatu benda tersebut.

Elektroskop sendiri merupakan sebuah alat yang kegunaannya untuk mendeteksi adanya muatan listrik suatu benda. Tidak hanya itu saja, alat ini juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis muatan yang ada pada suatu benda entah itu positif maupun negatif. Dengan begitu bisa dikatakan fungsi dari alat ini sangat sederhana. Namun, untuk bisa menentukan jenis muatan yang ada pada benda tidak semudah seperti kegunaannya.

Susunan Elektroskop

Sebuah elektroskop akan terdiri dari dua buah daun elektroskop, tabung kaca, insulator, dan bola logam. Ada dua bagian penting dari alat ini, termasuk bola logam dan daun elektroskop. Untuk bagian kedua, biasanya akan diletakkan di dalam tabung kaca tersebut, yang nantinya akan terhubung dengan bola logam yang berada di luar tabung kaca. Penghubung antara daun dan bola logam adalah konduktor.

Dalam kondisi netral jumlah dari muatan positif yang ada di elektroskop adalah sama dengan jumlah muatan negatifnya. Cara kerja alat ini dibagi menjadi dua macam, induksi dan konduksi.

  • Induksi

Dalam pemberian muatan elektroskop dengan cara induksi menggunakan elektroskop netral. Nantinya alat tersebut akan didekati oleh benda yang memiliki muatan negatif. Benda itu sendiri akan menarik muatan positif dari daun elektroskop ke bola logam di bagian atas. Sedangkan untuk muatan negatif akan saling tolak menolak dengan muatan benda yang didekati dan nantinya akan menuju ke daun-daun elektroskop.

Dengan begitu nantinya akan membuat kedua daun elektroskop kelebihan elektron (muatan negatif) serta saling menjauh, hal tersebut karena memiliki muatan sama. Antara kedua kaki daun elektroskop nantinya akan semakin jauh saat muatan yang ada di dalamnya jika semakin besar.

  • Konduksi

Cara kerja konduksi bertolak belakang dengan induksi, dimana hanya dapat dilakukan jika elektroskop tidak dalam keadaan netral. Nantinya daun-daun dari alat ini serta bola logam hanya akan mempunyai satu jenis muatan saja, dimana muatan tersebut diperoleh dengan menggunakan konduktor logam.

Jika sebatang kaca yang digosokan dengan kain sutra kemudian batang kaca tersebut disentuhkan dengan ujung cakram elektroskop, maka yang akan terjadi adalah elektron-elektron bebas dari cakram mengalir ke batang kaca. Akibatnya cakram kuningan kekurangan elektron.

Untuk mengatasi kekurangan elektron ini, elektron-elektron dari daun elektroskop mengalir ke cakram, sehingga bagian tersebut kekurangan elektron dan bermuatan positif. Dengan demikian daun-daun elektroskop akan saling tolak menolak sehingga daun emas mengembang.

Demikian juga dengan sebuah batang ebonite yang digosokkan dengan kain wol dan disentuhkan pada cakram elektroskop, daun-daun elektroskop pun akan mengembang. Elektron-elektron bebas dari ebonite mengalir ke cakram kemudian ke bagian daun.

Daun-daun elektroskop akan bermuatan negatif, sehingga saling tolak menolak dan daun emas akan mengembang. Maka dapat disimpulkan ketika sebuah benda disentuhkan pada cakram elektroskop dan mengakibatkan daun emas mengembang, maka benda tersebut bermuatan.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Tentang Elektroskop, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini