Mengenal Lebih Jauh Kerajaan Perlak

Kerajaan Islam Yg Pertama Kali Di Indonesia Adalah

Perkembangan masuknya Islam ke Indonesia konon dibawa oleh pendatang asal Gujarat, India sehingga memunculkan kerajaan-kerajaan Islam. Dalam sejarahnya, Kerajaan Samudera Pasai dikenal sebagai salah satu Kerajaan Islam tertua di Indonesia. Namun ternyata jauh sebelum itu, Kerajaan Perlak disebut sebagai Kerajaan Islam tertua di Nusantara atau Indonesia.

Bukti sejarah adanya masyarakat dan kerajaan Islam pertama di Indonesia dilaporkan oleh Marco Polo dari Venesia yang singgah di Kerajaan Perlak dalam perjalanan pulang ke Italia tahun 1292. Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada 1 Muharram 225 H (840 M) dan terletak di wilayah Peureulak, Aceh Timur.

Raja Perlak pertama adalah Saiyid Abdul Azis yang bergeral Sultan Aladin Saiyid Maulana Abdul Aziz Shah. Pada masa pemerintahannya, Perlak merupakan pusat kebudayaan Islam di Indonesia.

Dengan berdirinya kerajaan Perlak, maka semakin banyak orang Arab dari kalangan Syiah ataupun Sunni yang datang untuk berdagang. Kedua aliran ini bahkan terus menyebarkan pengaruhnya hingga timbul perlawanan terbuka pada masa pemerintahan Sultan Sayid Maulana Ali Mughayat Syah (915-818 M).

Peperangan antara dua aliran, yakni Syiah dan Sunni terus berlangsung hingga akhirnya dapat diredam setelah dibuat perjanjian damai yang disebut dengan Perjanjian Alue Meuh. Perjanjian tersebut mengatur pembagian Kerajaan Perlak menjadi dua, yakni Perlak Baroh (Syiah) yang berpusat di Bandar Khalifah dengan wilayah dipesisir. Sedangkan untuk aliran Sunni yaitu Perlak Tunong dengan wilayah di pedalaman.

Kendati demikian, Islam Syiah tidak berkembang karena Perlak Baroh dihancurkan oleh Kerajaan Sriwijaya. Kondisi inilah yang membangkitkan semangat bersatunya kembali kepemimpinan dalam Kesultanan Perlak. Sultan Makhdum Alaiddin Malik Ibrahim Syah Johan akhirnya ditetapkan sebagai Sultan ke 8 yang berdaulat dan melanjutkan perjuangan melawan Sriwijaya hingga tahun 1006.

Kerajaan Perlak terkenal sebagai penghasil kayu Perlak, kayu berkualitas tinggi untuk bahan pembuatan kapal. Hasil alamnya ini yang menarik para pedagang dari Gujarat, Arab, dan India untuk datang hingga membuat Kerajaan berkembang menjadi Bandar niaga yang maju.

Kondisi ini juga mendorong perkawinan antara para saudagar muslim dengan penduduk setempat, yang akhirnya membuat Kerajaan/Kesultanan Perlak menjadi pusat penyebaran Islam di Nusantara. Kerajaan kemudian mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Sulyan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin II (1230-1267 M). Dimana, dibawah kekuasaannya Kerajaan mengalami kemajuan sangat pesat khususnya di bidang pendidikan Islam dan perluasan dakwah.

Namun, kemunduran dari kerajaan/Kesultanan Perlak ini ketika Sultan Makhdum Alaiddin Malik Muhammad Amin Shah II Johan berdaulat (memerintah 1230-1267) menjalankan politik persahabatan dengan menikahkan dua orang putrinya dengan penguasa negeri tetangga Pereulak. Adapun, Putri Ratna Kamala dikawinkan dengan Raja Kerajaan Malaka yaitu Sultan Muhammad Shah. Sedangkan Putri Ganggang dikawinkan dengan Raja Kerajaan Samudera Pasai yaitu Al Malik Al Saleh.

Setelah itu, sultan ke-18, Sultan Makhdum Alaiddin Malik Abdul Aziz Johan yang merupakan sultan kerajaan/ Kesultanan Perlak berdaulat (memerintah 1267 – 1292). Ketika ia meninggal, Perlak disatukan dengan Kerajaan Samudera Pasai di bawah pemerintahan sultan Samudera Pasai, Sultan Muhammad Malik Al Zahir, putra Al Malik Al-Saleh.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Kerajaan Perlak, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini