Bahasa Inggris Kelas 12 | Belajar Unreal Conditional Sentences dari Berimajinasi

Artikel ini membahas definisi unreal conditional sentences beserta cara penggunaannya.

Kamu pernah nonton Avengers: Endgame? Inget nggak sama adegan Captain America melawan Thanos? Salah satu adegan yang bikin tercengang, waktu Captain America ngambil palunya Thor dan memanggil petir untuk menyerang Thanos. Keren banget, kan pertarungannya!

contoh kalimat conditional sentence type 2

(Sumber: giphy.com)

Kamu tahu nggak, ternyata adegan-adegan keren yang kita lihat di film Avengers: Endgame, bahkan semua adegan di film Marvel bermula dari imajinasi Stan Lee. Kamu tahu siapa dia? Yap! Sang pembuat komik Marvel

Ia mungkin pada saat itu membayangkan, kalau saja ada orang baik yang memiliki kekuatan super, pasti dia akan melawan alien yang jahat dengan kekuatannya. Bayangkan betapa hebatnya sebuah imajinasi yang kemudian berubah menjadi film dan menciptakan karakter-karakter pahlawan super, sampai bisa menginspirasi banyak orang untuk berbuat kebaikan.

Banyak orang hebat di luar sana bisa mengubah imajinasi mereka menjadi sebuah film, atau karya lainnya. Kamu juga bisa, lho sehebat mereka. Asalkan kamu punya imajinasi. 

Tapi, punya imajinasi yang keren tentang sesuatu pastinya kurang asik kalau nggak direalisasikan. Misalnya kamu ubah imajinasimu itu menjadi komik dahulu, lalu menjadi kartun, hingga akhirnya bisa menjadi film, seperti yang dilakukan oleh Stan Lee dan perusahaan Marvel.

Nah, untuk merealisasikan imajinasi, kamu pastinya butuh banyak sumber dari teman-teman kamu yang punya hobi dan kesukaan yang mirip atau sama denganmu. Misalnya, nih ketika kamu lagi main game pubg atau Fortnite, atau kamu lagi berselancar di sosial media, terus teman-teman kamu itu beda negara. Wah jadi kesempatan emas buat kamu untuk sharing dengan mereka.

Memangnya bisa sharing dengan mereka? Tentu saja bisa! Bahkan akan banyak ide yang muncul dan juga akan membuatmu semakin ingin merealisasikan imajinasimu. Tapi untuk menyampaikan imajinasimu kepada mereka, kamu harus menggunakan bahasa asing. 

Nah, supaya mereka bisa mengerti ceritamu, salah satu bahasa asing yang bisa kamu gunakan adalah bahasa Inggris. Untuk menyampaikan cerita imajinasimu, kamu dapat menggunakan unreal conditional sentences. Yuk, simak penjelasan berikut.

Preterit verb: bentuk kata kerja yang biasanya digunakan untuk menggambarkan waktu lampau, tapi bisa juga digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Contoh: If I wereIf I had….

Modal verb: bentuk yang menggambarkan waktu yang akan datang. Contoh: will, can, may, might, shall, should.

Makna Present Condition: menggambarkan sebuah situasi yang tidak akan terjadi, atau sebuah imajinasi. Contoh kalimat di atas merupakan imajinasi, karena si pelaku hanya membayangkan jika dia memiliki kekuatan super dia akan melindungi negaranya.

Makna Past Condition: menggambarkan situasi yang tidak dilakukan, dengan alasan yang disebutkan pada bagian if phrase. Contoh kalimat di atas, kejadian utama menjelaskan bahwa dia tidak berhasil menangkap penjahat, karena ketahuan olehnya, dan pada bagian if phrase dijelaskan alasannya polisi tersebut tidak berhasil menangkap penjahat, karena ia tidak memiliki kekuatan menghilang.

Nah, setelah mengetahui rumus yang harus dipakai, coba perhatikan gambar di bawah ini, untuk kamu belajar agar bisa menggunakan unreal conditional sentences dengan baik dan tepat.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Unreal Conditional Sentences dari Berimajinasi, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini