Tips-Tips Sebelum Menjadi Seorang Mahasiswa

Halo sahabat NATA khususnya yang baru lulus SMA dan sudah mendaftar ke perguruan tinggi! Kali ini kami ada artikel yang membahas tips-tips buat kamu yang bentar lagi jadi MAHASISWA hehe. Yuk cek artikel berikut.

Apa yang kamu rasakan saat pertama kali mengetahui diterima disuatu universitas? Pasti kamu merasakan hal yang berbeda-beda, ada yang merasa seneng dan lega, karena Tuhan telah menjawab semua doa dan memberikan yang terbaik, mungkin ada juga yang terharu dan langsung memeluk kedua orang tuanya, atau terkejut dengan hasil yang muncul di layar komputer karena beranggapan selama try out tidak pernah tembus dipilihan tersebut, bahkan ada pula yang merasa biasa aja atau malah bingung kenapa bisa lulus di universitas tersebut, padahal melihat usaha teman-teman kita yang lain, yang lebih giat, malah tidak diterima di universitas yang mereka pilih. Untuk sekarang itu bukan lagi jadi suatu permasalahan, cukup sebagai suatu hal yang akan kita kenang nantinya, yang terpenting sekarang apa aja hal-hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan selama menjadi mahasiswa dan beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk menentukan akan menjadi mahasiswa seperti apa nantinya, agar kamu tidak terlalu terkejut dengan perbedaan antara sekolah dengan dunia perkuliahan.

Sebelum menjadi mahasiswa ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang apa saja yang membedakan sekolah dengan dunia perkuliahan :

1.Tanggung jawab

Ketika memasuki dunia perkuliahan kita menambahkan identitas kita dari seorang “Siswa” menjadi “Mahasiswa”, yang berarti perannya pun jauh berbeda, seorang siswa berperan sebagai seorang pelajar dimana tugas utamanya adalah untuk belajar, sedangkan mahasiswa memiliki tanggung jawab yang lebih dibanding seorang siswa yang akan kita kenal nantinya dengan sebutan Tridharma Perguruan Tinggi yang berarti peran atau tanggung jawab kitapun bertambah, yaitu tidak lagi hanya dalam bidang pendidikan saja, melainkan juga dalam penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Dalam dunia perkuliahan kita tidak hanya dituntut untuk melakukan yang terbaik untuk diri kita sendiri tetapi kita juga dituntut untuk menjadi yang terbaik bagi orang lain. Bukan hanya duduk manis sebagai seorang pelajar tapi juga beraksi sebagai seorang pengabdi.

2.Masa Depan

Kata masa depan dalam dunia perkuliahan bukan lagi sebagai angan-angan tapi sebagai cita-cita yang harus segera dilaksanakan. Jika dulu di sekolah kita dibingungkan dengan beberapa pertanyaan seperti apa yang diajarkan? Kenapa harus mempelajari hal tersebut? Dan ppakah di dunia kerja hal itu akan digunakan? Di dunia perkuliahan semua jelas setiap BAB dan materi yang ada memiliki tugas dan perannya masing-masing tidak ada hal yang terbuang percuma atau sia-sia, semua akan digunakan pada waktunya, karena apa yang kamu pelajari maka itulah yang akan kamu lakukan.

3.Kebebasan untuk menentukan jalan hidup di dunia perkuliahan

Disini kamu punya andil yang sangat besar untuk jalan hidup yang seperti apa yang kalian inginkan dan terbaik untuk kalian, contohnya saat kamu memilih mau menjadi teman akrab dari “hewan” apa? Salah satunya kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat) ataupun kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) akan terbiasa terdengar oleh telinga kita yang salah satunya harus kita pilih menjadi teman akrab kita nantinya. Selain itu, di dunia perkuliahan kita bisa memilih untuk jadi mahasiswa seperti apakah kita?

a) Mahasiswa yang sibuk mengejar prestasi
b) Mahasiswa yang sibuk berorganisasi, atau
c) Keduanya.

Semua tergantung dari tujuan dan sudut pandang mana kita melihatnya.

4.Asumsi-asumsi tentang kuliah itu lebih menyenangkan dibanding sekolah

Sebaiknya hal-hal seperti ini kita buang jauh-jauh dari pemikiran kita, karena tidak selamanya semua itu benar ataupun salah, pada kenyataannya ini cukup menyimpang dari kenyataan, yang sebenernya inilah beberapa yang dirasakan oleh MABA (Mahasiswa Baru) disuatu universitas, pembelajaran di dunia perkuliahan itu bener-bener jauh lebih kompleks baik pembelajaran yang ada di kelas maupun di luar kelas, berbeda dengan sekolah yang cakupan pembelajarannya tidak seluas kuliah dan masih banyak yang dibantu oleh guru (ketika nilai kita jelek terkadang guru yang mencari kita, agar kita bisa memperbaikinya atau melakukan remedial, hal ini sangat sulit terjadi kembali di dunia perkuliahan), kemudian sikap dewasa harus benar-benar dimiliki setiap mahasiswa di dunia perkuliahan, karena disini kita dituntut menjadi orang dewasa yang mampu bersikap dan bertindak yang baik, tidak lagi meminta untuk disuapi, serta adanya tuntutan untuk kita benar-benar mampu membagi waktu, karena pada awalnya tidak sedikit mahasiswa yang keteteran dalam mata kuliahnya dan juga kemandirian yang benar-benar harus dimiliki oleh seorang mahasiswa (jangan pernah tergantung kepada orang lain) karena tanpa hal itu kita akan sulit menyesuaikan diri dengan dunia perkuliahan, tidak ada lagi yang namanya guru yang mencari-cari kita, yang ada sekarang, kita yang harus mengejar-ngejar dosen.

5.Hal-hal yang mengejutkan dan menyenangkan

Selain hal-hal yang menakutkan tadi dunia perkuliahan juga punya hal-hal yang indah dan mengejutkan yang perlu kamu ketahui seperti, misalnya seperti jam mata kuliah yang ditetapkan tidak sepenuhnya diatur oleh universitas tapi kita juga bisa bernegosiasi dengan dosen yang mengajar untuk memadatkan atau mengatur jadwal mereka, tapi hal ini pun tidak selamanya menyenangkan karena kadang ada jadwal yang jeda waktunya terlalu lama dan membuat kita bingung apakah akan pulang ke rumah atau tidak? Karena jika kita pulang kita harus kembali lagi ke kampus, namun jika kita tidak pulang kita bingung apa yang akan kita lakukan. Budaya, hal ini adalah hal unik yang dimiliki oleh universitas, setiap mahasiswa disana dari suku yang berbeda-beda, tidak lagi bertemu dengan orang-orang yang hanya dari satu suku yang sama dengan kita, disini kita akan bertemu dengan berbagai suku lain yang bergitu beragam dengan keunikannya masing-masing sekaligus sebagai bukti bahwa ragam Indonesia itu memang ada. Terakhir pola pikir, di dunia perkuliahan kamu harus siap untuk bertemu orang yang memiliki pemikiran yang kritis (bukti mahasiswa itu memang ada) bahkan kesalahan sekecil apapun bisa terlihat dengan jelas oleh mereka, jadi tidak ada waktu lagi untuk kita hanya berdiam diri dan membungkam seluruh aspirasi kita, namun juga dengan cara-cara yang selayaknya dilakukan orang seorang mahasiswa.

Ditulis oleh: Shinta Maslina
Sumber: seputarkuliah.
Gambar: indonesianproud

NATA Private juga membuka Les Privat untuk mahasiswa semua jurusan. Silakan hubungi kontak atau daftar di sini

____________________________________________________________________________

~NATA Private~
Website: www.bimbelprivatbandung.com
Media Sosial:
   

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *