Tips Belajar Geografi Agar Tidak Membosankan

Tips Belajar Geografi Agar Tidak Membosankan

Adakalanya sebagai seorang pelajar lumrah ketika kita mengalami kebosanan saat belajar. Apalagi saat mempelajari pelajaran yang satu ini, yuups GEOGRAFI. Materinya luaaasssss bin banyak banget sumpehh. Mungkin ada yang bilang “gak gitu-gitu juga kali”, Justru yang bilang seperti itu dia belum mendalami jauh apa pelajaran geografi. Tetapi yang suka geografi dan sudah banyak membaca materi geografi itu cakupan materinya bener-bener luas banget. Dari inti bumi sampai ujung alam seemesta menjadi objek kajian geografi yang dikaitkan dengan interaksinya dengan kehidupan manusia.
Nah, untuk mempelajari materi geografi yang begitu luas itu, saya mempunyai tips nih untuk mempelajari geografi agar tidak membosankan. Diantaranya:

1. Sukai pelajaran geografi

Dengan kita menyukai pelajarannya, kita jadi lebih bersemangat dalam belajar. Lalu bagaimana kita bisa menyukainya mas? Untuk bisa menyukainya kita harus tahu apa manfaat belajar geografi. Geografi itu mengajarkan kita untuk dapat melihat suatu fenomena dari berbagai sisi keruangan yang jarang dilakukan orang awam.
Misal : saat ada danau yang airnya hilang dalam semalam di Gunung Kidul beberapa tahun yg lalu.

Orang awam cenderung akan terkejut dan mengasumsikan ke hal-hal mistis. tapi kalau kita belajar geografi, kita tidak terlalu terkejut karena memang di gunung kidul morfologinya adalah daerah karst yang didalamnya banyak rongga2 akibat kontrol aliran air. Dan ketika terdapat danau diatasnya kemudian terjadi amblesan maka air bisa mengalir dengan cepat melalui rongga bawahh tanah tadi dan hilang dgn seketika. Itu contoh penerapan manfaat kita jika kita mempelajari geografi. Kita jadi orang yang lebih kristis dan “tidak kagetan” dalam melihat berbagai fenomena.

2. Banyak membaca dan mencatat

Mengingat materi geografi sangat banyak dan luas, maka kita harus banyak membaca dan mencatatnya agar tidak lupa.

3. Peta diluar kepala

Peta adalah “senjata” utama seorang geograf. Jadi kita harus menguasai betul peta. Layaknya serial kartun Dora the explorer, dimana saat kita tak tahu arah dan tujuan maka kita minta bantuan pada peta. Peta itu menjadi sumber analisa awal kita untuk memecahkan suatu fenomena geosfer tertentu.

4. Belajar dengan santai

Karena materi yang banyak banget itu, kita memerlukan banyak waktu untuk menguasai materi geografi. Jadi sebaiknya belajar yang santai saja. Sambil facebookan juga boleh, dan ini nih blog yang cocok untuk belajar geografi

Sumber Artikel : www[dot]bersosial[dot]com
Sumber Gambar : pad2[dot]whstatic[dot]com

NATA Private membantu anak anda dalam belajar sejarah dengan mudah.
Website:
bimbelprivatbandung.com
Media Sosial:
– Fanspage Facebook : Bung NATA
– Twitter : @PrivateNATA
– Instagram : bimbelprivatbandung
Layanan informasi:
– SMS/WA: 0856.5961.4484
– Pin BB: 764b0dc4

#bimbelprivatbandung
#lesprivatbandung
#gurudatangkerumah
#gurudatangkerumahbandung
#lesprivatsbmptn
#lesprivatsbmptnbandung

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *