Teacher Corner #1 — Kak Adit dan Azka

Hai! Hai! SahabatNATA, kali ini di edisi perdana #TeacherCorner ada Kak Adit dan siswanya Azka yang akan sharing-sharing selama belajar bersama di NATAPrivate.

Selain Azka, ada juga Hirzi adiknya Azka yang juga bergabung dan belajar bersama NATA Private dengan pengajar Kak Adit. Tapi untuk sesi kali ini Hirzi sedang kurang sehat, jadi hanya Azka yang bisa berpartisipasi dalam kunjungan Tim NATA Private. Yuk kita simak keseruan mereka.

Tim NATAPrivate: ? — Azka (Siswa): ? — Kak Adit (Pengajar): ?

?: Hai Azkaaa.
?: Hai.
?: Gimana Azka kesannya belajar bersama Kak Adit selama setahun?
?: Seru.
??: Waaw, jawaban yang mencengangkan! Satu kata seribu makna ya.. ?
?: Selain seru apalagi nih azka? Gimana metode mengajarnya? Apa yang dilakukan sama Kak Adit? dsb
?: Menyenangkan, karena belajarnya mudah. Tapi dikasih soalnya banyak.
??: ?
?: Terus apalagi?
?: Udah.
??: ?
?: Udah gitu aja? ? masa gitu aja? Biasanya ngomongnya banyak.
?: Kalau Kak Adit orangnya kaya gimana? Apakah galak? Cerewet?
?: Kadang baik. Kadang galak. Cerewet. Udah.
?: Kak Adit ngasih pelajaran apa aja? Terus yang paling jago apa nih?
?: Banyak hampir semua pelajaran. Kalau pelajaran yang jago pelajaran Matematika.
?: Coba, salah satu contoh cara ngajar Kak Adit yang seru kaya gimana?
?: Dikasih soal, terus dilombain sama temen. Pacepet-cepet dan pabanyak-banyak jawaban benernya jadinya seru dan terpacu buat belajar.
?: Pernah berantem sama Kak Adit?
?: Sering.
?: Berantem apa? ?
?: Tawar menawar soal kan? ? (karena sering dikasih soal latihan)
??: ???
?: Selain kegiatan belajar, ada kegiatan lain gak sama Kak Adit. Kaya misalkan main bareng atau apa gitu?
??: Pernah main PlayStation bareng. Kak Adit kalah terus 4-0 haha. Selain itu juga pernah nyari makan bareng keluar waktu itu dapet Ketoprak, pernah berenang juga, nonton film, dan lain-lain deh.

Ya itulah sekilas rangkuman wawancara singkat dengan Azka. Jawabannya simpel banget ya tapi mengena. Biasanya Azka banyak ngomong, tapi hari ini sedang bicara secukupnya alias malu-malu karena mau dipublikasikan ceritanya.

Sekarang, yuk kita simak cerita Kak Adit selama jadi pengajar di sini.

?: Kak Adit gimana rasanya jadi pengajar NATA Private selama satu tahun lebih?
?: Alhamdulillah, enjoy, tidak mengganggu untuk aktivitas lain. Bisa mengatur waktu dan tidak terikat apapun. Asalkan kita mau, semangat, dan terbuka dengan orang tua, siswa, dan lembaga insyaAllah lancar.
?: Ada kisah unik-unik atau berkesan selama mengajar Azka?
?: Paling inget tuh waktu ujian nasional materi matematika. Mulai belajar dari jam 1 siang, biasanya satu jam setengah kan, saking semangatnya, belajar tuh sampe jam 7 malem sampe Isya. Saking semangatnya juga diwarnai dengan nangis-nangis, ngambek dulu, tapi alhamdulillah bisa menerima untuk lebih belajar lagi. Intinya, untuk pengalaman kemarin gak ada yang gak bisa, pasti bisa dengan usaha maksimal.
*masih bersama Azka di tempat yang sama*
?: Gimana Azka, pengalaman yang kata Kak Adit tadi?
?: “Amazing”
?: Wow, lagi-lagi satu kata penuh makna. ? Lanjutkan Kak Adit.
?: Ya paling mengesankan yang ketika UN. UN itu bener-bener merasa untuk tanggung jawab. Anak harus bisa dan anak harus mampu. Seenganya, rasa percaya diri anak tumbuh, karena “aku udah belajar, aku udah begini dan begitu”. Hasil mah akhir, yang penting kan prosesnya udah bener-bener tanggung jawab untuk belajar. Terus juga komitmen “aku harus belajar” seperti ketika ada tryout 60 soal bener-bener kita jalanin, walaupun 60 soal satu jam setengah gak akan mungkin sambil dibahas. Makanya mau gak mau harus berkoban baik dari guru maupun dari muridnya sendiri.
?: Ada tips-tips mengajar kah dari kak Adit? Terutama untuk siswa dengan tipe belajarnya seperti Azka.
?: Kalau azka, sekali moodnya bagus cepat menangkap pelajarannya. Nah untuk merangsang moodnya itu perlu agresif haha, kaya kita ngajak main dsb. Jadi harus kita bangun sampai bener-bener siap dan bikin kesepakatan. 90 menit kita mulai dengan santai, serius, santai lagi. Bisa diibaratkan di menit-menit awal kita cerita-cerita boleh tentang agama, boleh tentang sekolahnya, sesuai kondisi. Baru setelah itu masuk materi.

*disela-sela tanya jawab ini, tiba-tiba Ibunya Azka membawakan oleh-oleh*
Kak Adit dan Tim NATAPrivate pun tersenyum manggut-manggut ???

?: Gini salah satu keistimewaan di sini haha ? (sering dapet konsumsi). Ya balik lagi. Ya intinya setiap siswa beda-beda kondisinya. Kalau untuk yang belajarnya moody, ya kita bangun dulu moodnya supaya belajar pun semangat dan menyenangkan.

Selanjutnya adalah diskusi dengan Orang Tua Azka terkait pengalamannya bersama NATA Private. Dan berikut adalah testimoni dari Orang Tua Azka.

?“Alhamdulillah, sejauh ini sangat terbantu dengan kehadiran Kak Adit. Ada perubahan yang positif buat anak-anak. Apa yang kurang dari anak-anak ada perubahan menjadi lebih baik. Memang harus sinergi tujuan dan ikhtiar dari siswa, orang tua, dan pengajar. Komunikasi harus tetap terjaga. Terimakasih sudah membantu, sudah kaya keluarga sendiri da non kami terbuka jika Kak Adit ingin main dan ngajak kajain bareng.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *