Suka Nonton Marvel? Yuk, Kenali Dulu Sejarah Film Animasi

film animasi

Hai, RG Squad! Film kartun apa yang kamu tonton terakhir kali? Walaupun identik dengan anak-anak, tapi film kartun tidak pernah hilang masanya untuk orang dewasa, lho. Buktinya, masih banyak yang menyukai film garapan Marvel ataupun Disney.

Film animasi tersebut tentu tidak muncul begitu saja, Squad. Ada perjalanan unik di dalamnya sehingga menghasilkan karya hebat seperti sekarang. Nah, kamu penasaran bagaimana sejarah animasi itu terbentuk? Check this out!

Animasi adalah film yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar sehingga ketika diputar tampak bergerak atau seolah-olah hidup. Bentuk dari film animasi ini beragam, Squad, mulai dari 2D, 3D, bahkan 4D. Tahukah kamu bahwa wayang ternyata menjadi salah satu cikal bakal sejarah animasi, lho. Keren, ya!

film animasi

Wayang kulit (Sumber: wayangku.id)

Perjalanan sejarah animasi dimulai pada tahun 1883 ketika muncul istilah stroboskopik sebagai dasar sinematografi yang membuat benda bergerak secara memutar. Kemudian, seseorang bernama H.W. Goodwin menemukan film dari seluloid yang dapat menampung gambar sekaligus.

Karena penemuan Goodwin ini, Thomas Edison selanjutnya mengembangkan penemuan tersebut dengan menghasilkan gambar bergerak di dinding dengan bantuan serangkaian roda.

Tidak lengkap rasanya jika menonton film tanpa suara. Yap, oleh karena itu pada tahun 1899, suara direkam untuk pertama kalinya dengan menggunakan alat perekam magnetik, Squad. Tetapi, Walt Disney lah yang membuat film animasi bersuara untuk pertama kalinya. Film tersebut adalah Mickey Mouse yang diputar perdana pada tahun 1928.

Selain itu pada tahun 1937, Disney juga memproduksi film Snow White and the Seven Dwarfs yang berhasil menjadi film animasi terpanjang berwarna pertama. Karena banyaknya pencapaian yang diraih Disney, maka tahun 1928-1950an disebut sebagai “The Golden Age of Cartoon” yang identik dengan Walt Disney. Nggak heran ya hingga saat ini Disney masih tetap eksis, ditambah dengan adanya wahana hiburan Disney World yang tersebar di beberapa negara di dunia.

film animasi

Selain film animasi dari Amerika Serikat seperti Disney, Jepang juga tidak ingin kalah dengan mengeluarkan film animasi mereka yang dikenal sebagai anime, Squad.

Anime ini berhasil mendominasi layar televisi pada era 1950-1980an, salah satunya yaitu Doraemon. Hingga saat ini, Doraemon juga masih sering dijumpai. Bahkan, tidak jarang ditemui pernak-pernik berbau Doraemon yang menandakan bahwa film dan serial animasi tersebut diterima di banyak kalangan.

Selanjutnya memasuki tahun 1980-an, perkembangan teknologi digital memegang andil yang cukup besar dalam sejarah animasi. Pada era tersebut, banyak perubahan yang terjadi seperti Toy Story yang berhasil menjadi film animasi berbentuk 3D pertama dengan durasi 1 jam 21 menit. Perkembangan teknologi tersebut juga kemudian banyak memunculkan film animasi lain seperti Inside Out, Despicable Me, Moana, Zootopia, Coco, dan masih banyak lagi.

sumber: ruangguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Sejarah Film Animasi, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *