Rumus Luas Permukaan Kubus dan Contoh Soal untuk Kamu Pelajari

Bangun ruang yang satu ini akan sangat sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dadu dalam permainan ular tangga dan monopoli. Beberapa dus yang digunakan untuk menyimpan barang juga berbentuk kubus. Akan sangat sulit bagi kita menghindari bangung ruang yang satu ini. Tapi apakah kamu sudah mengenal dengan baik si kubus ini? Mulai dari sifat-sifatnya hingga rumus luas permukaanya?

Ngomongin soal bangun ruang kubus, kita juga harus tahu nih apa aja sih sifat -sifat dari kubus. Yang pertama, rusuk dari kubus itu berukuran sama panjang, terus setiap sisinya adalah persegi. Diagonal bidang pada kubus memiliki panjang yang sama di setiap sisinya.

sebuah kubus ABCDEFGH

Yang dimaksud dengan rusuk adalah garis perpotongan di antara dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangka yang menyusun bangun ruang kubus. Kubus memiliki 12 rusuk, diantaranya AB, BC, CD, DA, AE, BF, CG, DH, EF, FG, GH, dan HE.

6 sisi kubus juga bisa kita lihat dari gambar di atas, diantaranya sisi ABCD, sisi EFGH, sisi ABFE, sisi DCGH, sisi BCGF, dan sisi ADHE.

Diagonal bidang atau biasa disebut juga dengan diagonal sisi adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan pada setiap bidang atau sisi kubus. Ada 12 diagonal sisi atau diagonal bidang di dalam kubus. Coba kalian perhatikan gambar di atas, yang termasuk diagonal bidang diantaranya : AF, BE, BG, CF, CH, DG, DE, AH, AC, BD, EG, dan HF. Untuk panjang diagonal bidang atau diagonal sisi dapat ditentukan dengan menggunakan teorema Phytagoras. Kini saatnya kita mengetahui rumus luas permukaan kubus.

Rumus Luas Permukaan Kubus

Untuk menentukan luas permukaan kubus, kita hanya butuh mengetahui panjang rusuk kubus karena panjang semua rusuk kubus adalah sama. Bila dituliskan dalam rumus, bentuknya akan seperti ini:

L = 6 x r2

Kubus memiliki 6 buah sisi dan setiap sisi memiliki rumus luas sisi yaitu rusuk dikuadratkan. Untuk bisa lebih paham mengenai hal ini, mari kita lihat contoh soal berikut ini:

Sebuah kubus memiliki panjang rusuk sebesar 5 cm, berapakah luas permukaan kubus tersebut?

Solusi:

Kita hanya perlu memasukan angka tersebut kedalam rumus, sehingga

L = 6 x 52

L = 6 x 25

L = 150 cm2

Nah bagi kamu yang ingin belajar mengenai bangun ruang kubus dengan lebih dalam ditambah dengan berbagai macam soal latihan, bisa cobain Kelas Pintar.

Kelas pintar yang merupakan platform pembelajaran digital 360° dan bisa diakses oleh para siswa, guru dan orang tua selama proses belajar. Dan juga menggunakan sistem yang terintegrasi guna memantau dan mendukung perkembangan belajar siswa. Disini kamu bisa belajar berbagai mata pelajaran, termasuk matematika dan juga bangun ruang.

Perkembangan belajar dari anak akan bisa dipantau dengan mudah, ditambah lagi dengan 2 paket yang disediakan yaitu Kelas Pintar Reguler dan Kelas Pintar MBG. Kelas Pintar Reguler adalah program Kelas Pintar biasa yang menawarkan berbagai fasilitas dan keuntungan untuk kegiatan belajar online.

MBG yang merupakan singkatan dari Money Back Guarantee adalah program Kelas Pintar yang menawarkan pengembalian uang bila tidak adanya peningkatan dari nilai-nilai para siswa, tentu saja dengan ketentuan tertentu.

.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah tentang Rumus Luas Permukaan Kubus dan Contoh Soal untuk Kamu Pelajari, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini