Otot pada Manusia, Terdiri dari Apa Saja?

Dalam beragam aktivitas, manusia sangat mengandalkan otot untuk menggerakkan anggota butuh. Dengan kekuatan otot, setiap orang dapat melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya ataupun mengangkat beban saat memindakan benda. Namun tahukah kalian apa yang dinamakan dengan otot dan terdiri dari apa saja otot yang ada pada manusia?

Otot adalah jaringan pada manusia dan hewan yang memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakan tulang. Selain itu, otot juga dapat memendek atau kotraksi dan memanjang atau relaksasi sehingga memungkinkan terjadinya gerakan.

Dalam seluruh anggota tubuh manusia memiliki otot. Ada otot yang bertugas melakukan gerakan-gerakan besar, ada juga otot yang berperan dalam melakukan gerakan yang lebih kecil dan halus. Secara garis besar otot dibedakan menjadi 3 macam yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Otot Polos

Otot polos merupakan penyusun organ-organ tubuh bagian dalam, seperti saluran pencernaan dan pernapasan. Jika dilihat menggunakan mikroskop maka otot polos akan tampak polos, tetapi sebenarnya pada otot polos terdapat bagian gelap dan terang.

Otot polos bekerja di luar kesadaran manusia, maka kontraksi pada otot polos tidak dapat dikendalikan secara sadar, sehingga kita tidak dapat menentukan kapan otot harus berkontraksi dan harus berhenti. Dilihat dari bentuknya maka otot polos ini berbentuk gelondong dan satu inti di tengah sel.

Otot Lurik

Otot lurik berfungsi untuk melakukan suatu gerakan. Jika dilihat dengan menggunakan mikroskop maka otot ini akan tampak bagian gelap dan terang. Otot lurik akan bekerjasama dengan tulang untuk melakukan suatu gerakan.

Pada otot lurik ini kontraksi dapat dikendalikan sesuai dengan kemauan dari manusianya. Jika melihat dari bentuknya maka otot lurik ini berbentuk panjang, silindris, dan bercabang. Disamping itu, banyak inti terletak di tepi sel.

Otot Jantung

Otot jantung tampak seperti otot lurik, namun yang membedakannya pada otot jantung kontraksi tidak dapat dikendalikan secara sadar sedangkan lurik dikendalikan dengan sadar. Oleh karena itu, kita tidak dapat mengendalikan cepat lambatnya denyut jantung. Jika melihat dari sisi bentuknya maka otot jantung ini berbentuk panjang, silindris, dan bercabang. Disamping itu, otot jantung ini banyak inti terletak di tengah sel.

.

Referensi: kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah otot-otot pada manusia, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini