NATA Private | Tips agar Mudikmu Nyaman

NATA Private | Tips agar Mudikmu Nyaman

Sekilas Pengertian – Tidak terasa waktu berlalu dengan sangat cepat, kita sudah memasuki hari ke 20 dalam menjalankan ibadah puasa. Tinggal menghitung hari lagi menuju hari kemenangan. Tradisi mudik akan berlangsung sebentar lagi. Kata mudik berasal dari bahasa Jawa ngoko yaitu “mulih dilik” yang berarti pulang sebentar. Mudik di Indonesia adalah tradisi tahunan yang cuma ada di negara kita ini. Mudik biasanya dilakukan menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Pengertian-Mudik

Mudik bertujuan kembali ke kampung halaman untuk sementara, bertujuan tidak lain untuk mengunjungi sanak saudara yang berada di kampung halaman. Pada saat itulah momentum besar untuk berkumpul bersama orang tua, sanak saudara, keluarga besar sekaligus mempererat tali silahturahim.

Mudik dilakukan dengan berbagai macam kendaraan transportasi misalnya, seperti motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang. Akan tetapi mayoritas kendaraan mudik biasanya menggunakan motor dan mobil pribadi.

Tips Mudik Aman dan Nyaman

Untuk melakukan mudik tidak asal jalan, ada berbagai hal yang harus kita perhatikan seperti sebagai berikut :
Waktu : Menentukan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik.
Packing Barang : Urutkan barang atau muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.
Uang Tunai : Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, atau bisa menggunakan ATM karena akan banyak sekali ATM yang dijumpai dalam perjalanan.
Persiapkan Diri : Persiapkan diri anda baik secara fisik maupun psikologis. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan lelah dan capek, psikologi anda juga dalam keadaan lelah.
Kesehatan : Periksa kesehatan anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa untuk membawa obat-obatan sesuai dengan kebutuhan.
Bekal : Siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.
Peta : Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik anda terbaharui. Gunakan alat bantu petunjuk arah, seperti kompas atau GPS, jika diperlukan.
Alat komunikasi : Siapkan alat komunikasi seperti handphone dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil.
Keamanan dan kesehatan : Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko keamanan dan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik.
Keselamatan : Dilarang untuk mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahat sejenak untuk mengatasi lelah dan mengantuk, agara tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh hanya sesaat.
Kendaraan : Periksa kondisi kendaraan yang akan digunakan dan pastikan kondisinya aman dan prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, bensin, aki dan kelistrikan.
Tujuan : Setelah tiba di tempat tujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahim berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara dan keluarga.
Demikian sekilas pengertian mudik beserta tips aman dan nyaman untuk melakukan mudik, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua dalam melakukan perjalanan mudik. Selamat mudik semoga sampai ke tujuan dengan selamat.

Sumber Artikel : sekilaspengertian[dot]blogspot[dot]co[dot]id

Guru privat ke rumah di bandung dan cimahi untuk semua pelajaran dan semua jenjang

Website:
– bimbelprivatbandung.com
Medisa Sosial:
– Fanspage Facebook : Bung NATA
– Twitter : @PrivateNATA
– Instagram : bimbelprivatbandung
Layanan informasi:
– SMS/WA: 0856.5961.4484
– Pin BB: 764b0dc4

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *