NATA Private | 11 Tips Supaya Bersemangat Belajar Setelah Liburan Panjang Lebaran

NATA Private | 11 Tips Supaya Bersemangat Belajar Setelah Liburan Panjang Lebaran

Tips bersemangat belajar setelah lebaran — tentunya suasana hari lebaran adalah dimana saat-saat yang menyenangkan, dimana setelah berpuasa panjang selama sebulan, lalu pada hari lebaran diperbolehkan makan kembali, lalu sholat Idul Fitri, hingga akhirnya bertemu dengan saudara-saudara, untuk saling silaturrahim dan bercengkrama bersama, tentunya ini hal yang menyenangkan.

Dan sebelumnya juga telah didahului liburan sekolah yang cukup panjang. Maka yang menjadi pembahasan adalah liburan panjang ini akan dapat BERPOTENSI TINGGI untuk membuat para murid malas untuk belajar di awal-awal hari belajar, utamanya pada hari pertama sekolah.

Dengan memulai kegiatan belajar yang memiliki semangat tinggi, maka sangat menentukan proses dan hasil belajar yang diraih, untuk itu hari pertama belajar di sekolah setelah lebaran ini cukup penting dimulai dengan penuh semangat, tentunya dengan persiapan yang matang agar bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Tips Supaya Bersemangat Belajar Setelah Liburan Panjang Lebaran
Dengan mempersiapkan mental dan fisik yang baik, sehingga dapat bersemangat belajar setelah lebaran atau liburan panjang, langsung saja berikut di bawah ini beberapa tipsnya:

1. Jadikan juga momen liburan sebagai masa untuk membasuh diri.
Liburan panjang ini juga harus dimanfaatkan, tetapi jangan untuk melakukan hal-hal yang berat, kamu bisa melakukan liburan untuk hal-hal yang menyenangkan, tetapi jangan yang membuat tubuh sangat lelah, sehingga kamu bisa melakukan aktifitas yang semacam refreshing.

Sehingga hal ini bermanfaat untuk kembali menyegarkan kembali pikiran dan jiwa, dan bukan masalah membuat keadaan jiwa memburuk, dengan pikiran yang refresh maka membuat kamu ketika datang ke sekolah akan lebih segar.

2. Tanamkan juga konsep hidup lifecycle, yaitu kerja-istirahat-kerja-istirahat.
Tentunya kita adalah manusia, bukanlah mesin yang dapat bekerja terus menerus tanpa kenal lelah, sehingga perlunya kita untuk menjaga keseimbangan hidup dengan baik. Untuk itu, apalagi di masa liburan jangan sampai melakukan pekerjaan atau aktifitas yang berat, sehingga lupa untuk istirahat, tentunya hal ini tidaklah baik.

Tetapi sebaliknya juga tidak baik, dimana tidak biak juga terlalu banyak istirahat tetapi kurang melakukan hal-hal yang produktif, biasanya ini terjadi selama liburan. Untuk itu, penting menanamkan di dalam diri konsep lifecycle, yaitu aktifitas bergantian antara kerja-istirahat-kerja-istirahat, sehingga dengannya melatih kamu untuk bisa tahu kapan harus bekerja dan beristirahat.

Sehingga dengan keseimbangan ini, ketika istirahat saat liburan sudah cukup, maka harusnya kita sudah dapat siap kembali dengan maksimal untuk melakukan aktifitas sekolah.

3.Buat liburan kamu untuk menghadirkan semangat baru, untuk bisa menghadapi tantangan baru.
Liburan panjang tentunya orang sepakat adalah hal yang menyenangkan, apalagi libur panjang lebaran maka bisa hampir sebulan liburnya, tentunya sangat panjang kan..? dan biasanya banyak yang merasa bahwa hari libur terasa cepat dilalui, sehingga yang menjadi aneh, setelah masa liburan panjang tersebut berakhir, maka merasa masih kurang liburan.

Sehingga yang perlu diperhatikan disini bahwa pentingnya mengatur diri, agar kita dapat menyadari bahwa di masa liburan ini dijadikan sebagai untuk mempersiapkan semangat baru (disamping juga senang-senang), sehingga nantinya timbul di dalam hati untuk menghadapi tantangan baru, dengan penuh semangat.

4. Setting pulang sampai di rumah 2 hari sebelum masuk sekolah.
Ketika Kamu liburan ke kampung misalnya, yang bepergian jauh, maka penting untuk pulang dua hari sebelum Kamu masuk sekolah, hal ini cukup penting untuk menghindari terjadinya kelelahan fisik, karena setelah perjalanan jauh tentunya fisik dan pikiran akan lelah. Sehingga Kamu butuh istirahat yang cukup, serta mempersiapkan segalanya untuk masuk kembali ke sekolah.

5. Buat masa-masa ketika ingin habis liburan sebagai masa penuh harapan
Setelah liburan, maka banyak pikiran orang-orang bahwa dirinya akan kembali ke dunia yang melelahkan, demikian juga anak sekolahan yang banyak berpikir seperti itu. Nah, Kamu harus mengubah mindset atau cara berpikir keliru itu, hendaknya liburan dimanfaatkan untuk ajang merefesh diri untuk menghadapi sebuah masa baru dengan semangat dan penuh harapan, untuk itu sebagai pelajar, maka penting bagi Kamu untuk mencintai aktifitas Kamu sebagai pelajar.

Walaupun usia Kamu mungkin 8-15 tahun, tetapi mulai profesional-lah sebagai pelajar, mencintai dan bersungguh-sungguh untuk menjadi pelajar yang baik dan berkualitas.

6. Biasakan tidur waktunya seperti ketika sekolah
Biasakan tidur seperti ketika sekolah, yaitu jangan pernah tidur terlalu larut malam walaupun ketika liburan sekalipun, sehingga ini akan selalu membiasakan Kamu untuk tidur dengan tepat waktu. Utamanya ketika waktu masuk sekolahnya telah dekat, maka 5 hari sebelumnya biasakan untuk tidur tepat waktunya, yang cukup baik yaitu tidur paling malam jam 09.00.

Sehingga ketika di pagi hari akan menjadi lebih bugar. Adapun, mungkin ada sedikit kelonggaran ketika Kamu libur panjang diperbolehkan untuk tidur “agak” larut malam, tetapi ini hanya sesekali saja, jangan dibiasakan yang nantinya terbawa ketika sekolah.

7. Kembali biasakan bangun pagi
Berhubungan dengan poin no.6 sebelumnya, saat anak mendapatkan hari libur maka menjadi kesempatan untuk bangun lebih siang dari biasanya, maka hal ini sebenarnya tidaklah baik, karena yang paling baik adalah membiasakan bangun pada pagi hari. Untuk itu, kebiasaan bangun terlalu lama ini jangan dibiasakan, jangan dibiarkan terjadi secara terus menerus, kamu harus dapat mengatur waktu bangun tidur di pagi hari 5 hari (atau lebih) sebelum masuk sekolah.

8. Datang ke sekolah lebih awal
Lebih baik datang lebih awal di hari pertama sekolah, sehingga kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk menikmati suasana sekolah yang sudah lama Kamu tinggalkan, benar kan…? Sehingga hal ini akan membuat kamu lebih terangsang untuk bersemangat dalam menjalani proses belajar-mengajar.

9. Hilangkan pikiran bahwa hari pertama tidak belajar
Banyak siswa yang ingin dan beranggapan kalau hari pertama sekolah tidak akan belajar, sehingga hal ini akan menjadi buruk ketika malah berlangsung proses belajar, sehingga belajar menjadi tidak bersemangat. Selain itu, pikiran seperti itu membuat siswa akan malas datang, bahkan ada yang sengaja datang terlambat ke sekolahnya.

10. Bersilaturrahmi / mengunjungi dengan kawan
Sebelum hari pertama sekolah, Kamu bisa mengunjungi teman-teman Kamu, baik itu teman di dekat daerah rumah, atau juga sesama satu sekolah. Dimana ini akan menimbulkan rasa kangen, yang mudah-mudahan dengannya dapat merangsang dan memicu semangat Kamu untuk di hari pertama sekolah.

11.Siapkan perlengkapan belajar yang dibutuhkan
Ini sangat penting, segala perlengkapan belajar yang dibutuhkan perlu dipersiapkan sebelum hari pertama belajar, jangan sampai hari H-nya baru dipersiapkan segalanya, yang membuat Kamu sibuk dan kacau karenanya, sehingga membuat mood untuk sekolah menjadi hancur, untuk itu sehari sebelumnya sekolah persiapkan semuanya, sehingga kamu nantinya dapat bangun hingga berangkat sekolah dengan tenang.
Sumber Artikel : software-edit[dot]blogspot[dot]com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *