Materi SBMPTN: Gagasan Utama dan Simpulan Teks

Hasil gambar untuk idea

Dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, kamu akan menghadapi materi Bahasa Indonesia. Biasanya, dalam materi itu akan muncul tipe soal yang mengangkat tentang Gagasan Utama dan Simpulan Teks.

Biar kamu bisa menghadapi soal tipe itu, maka Nata Blog akan bahas sedikit tentang materi Gagasan Utama dan Simpulan Teks. Mau tahu seperti apa pembahasannya? Yuk, simak ulasannya berikut!

Pengertian Gagasan Utama dan Simpulan Teks

Sebuah paragraf tentunya memiliki gagasan utama. Pengertian dari gagasan utama ialah pernyataan dalam paragraf yang menjadi inti dari sebuah pembahasan atau topik. Dengan kata lain, gagasan utama merupakan gagasan yang menjadi dasar pengembangan paragraf.

Sedangkan, simpulan teks merupakan sesuatu yang disimpulkan dari beberapa premis atau ide pemikiran dengan aturan-aturan yang berlaku. Sederhananya, simpulan merupakan hasil gagasan dari suatu pembahasan.Antara gagasan utama dengan simpulan teks ini saling berkaitan. Kedua hal itu tidak dapat dipisahkan untuk menemukan maksud dari sebuah tulisan. Oleh sebab itu, memahami kedua materi ini sangat penting untuk Quipperian sekalian agar dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Cara Menemukan Gagasan Utama

Untuk menemukan gagasan utama dalam sebuah paragraf pada dasarnya tidak begitu sulit. Hanya saja, kamu harus benar-benar membaca paragraf itu dengan seksama.

Sebuah gagasan utama dapat diketahui bila kamu mengetahui kalimat utama dalam paragraf tersebut. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya mengandung pokok pikiran atau gagasan utama. Dengan kata lain, ketika kamu menemukan kalimat utama maka kamu akan menemukan gagasan utama.

Lumrahnya, kalimat utama dalam sebuah paragraf ada di bagian awal. Namun, tak jarang juga kalimat utama ada di bagian akhir paragraf. Oleh sebab itu, kamu harus membacanya dengan seksama.

Cara Menemukan Simpulan Teks

Sedikit berbeda dengan cara menemukan gagasan utama, untuk dapat menemukan simpulan teks kamu harus menemukan logika rangkaian gagasan utama. Sebab, simpulan itu ialah runtutan gagasan utama di tiap paragraf.

Untuk itu, kamu harus benar-benar mencari gagasan utama dari tiap paragraf. Setelah itu, kamu harus menyusunnya dengan seksama sehingga dapat menemukan apa yang diangkat di tiap paragraf.

Kamu bisa melihat bagian dari teks itu yang berisikan generalisasi terhadap seluruh isi dari gagasan utama. Generalisasi itu dapat diketahui dengan kata ‘dengan demikian’, ‘oleh karena itu’, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat simpulan teks melalui analogi dari paragraf-paragraf dalam teks. Melalui analogi-analogi itu, kamu bisa melihat simpulan dari masing-masing gagasan utama. Untuk menemukan hal itu, kamu harus benar-benar detail dan teliti.

Kesulitan-kesulitan dan Tips untuk Menemukan Gagasan Utama dan Simpulan Teks

Meski terlihat mudah, ada beberapa kesulitan-kesulitan untuk menemukan gagasan utama dan simpulan teks. Pertama, bagi Quipperian yang tidak terbiasa membaca dengan teknik skimming, maka akan membutuhkan waktu menemukan keduanya.

Untuk mengatasi hal itu, kamu harus latih dirimu membaca dengan cermat. Temukan langsung beberapa petanda-petanda dari gagasan utama dan simpulan teks. Biasanya, dalam soal berkaitan dengan materi ini, kamu akan dihadapkan dua atau tiga paragaf. Untuk itu, kamu harus membaca soalnya dulu baru cari gagasan utama dan simpulannya.

Kesulitan kedua, kalimat utama yang kerap terselip dan terlewati ketika kamu membacanya. Kalimat utama memang dapat dicirikan ada di awal paragraf ataupun akhir. Untuk dapat menemukannya, kamu harus lihat konteks ide yang diangkat dalam paragraf tersebut.

Kesulitan ketiga, padatnya paragraf soal membuat kamu sulit memisahkan konteks antara satu paragraf dengan paragraf lainnya. Untuk mengatasinya, kamu perlu memisahkan konteks pembahasan tiap paragraf agar dapat menemukan gagasan utama dari masing-masing paragraf.

Lalu, kesulitan yang akan kamu hadapi selanjutnya ialah bingung menentukan alur gagasan utama untuk dapat menemukan simpulan teks. Mengatasi ini kiranya cukup mudah. Hanya saja, kamu harus melatih diri dengan seksama.

Caranya ialah dengan memetakan tiap gagasan utama di masing-masing paragraf. Setelah itu, kamu lihat apa yang kerap diangkat dari tiap gagasan utama di masing-masing paragraf. Setelah itu, kamu akan menemukan konteks simpulan teks di akhir paragraf.

Practice Makes Perfect

Saran Quipper Blog pada Quipperian sekalian, bila kamu ingin dapat menaklukkan soal-soal dengan materi gagasan utama dan simpulan teks maka harus sering berlatih. Untuk itu, latihlah dirimu dengan berbagai latihan soal yang dimiliki oleh Quipper Video (klik di sini untuk daftar!).

Dengan demikian, kamu akan dapat dengan mudah menjawab tiap soal bermaterikan gagasan utama dan simpulan teks. Biasakan diri untuk berlatih menggunakan jeda waktu. Saran Quipper Blog, kamu bisa menggunakan teknik belajar pomodoro.

Kamu juga harus terbiasa membaca banyak tulisan-tulisan agar dapat melatih mata agar tidak lelah saat membaca paragraf-paragraf yang panjang pada soal. Untuk itu, kamu harus sering membaca berita, baik dari media massa cetak maupun daring. Atau, kamu bisa melatih mata dengan membaca artikel-artikel di Quipper Blog (klik di sini untuk ngepoin Quipper Blog!). Dengan begitu, matamu akan terlatih membaca tulisan yang panjang.

Itulah pembahasan mengenai materi gagasan utama dan simpulan teks. Bila kamu merasa perlu atau membutuhkan contoh soal dari materi ini, maka ikuti terus Quipper Blog. Sebab, Quipper Blog akan selalu update dengan beragam artikel menarik, baik itu berkaitan dengan materi pelajaran maupun informasi lainnya.

So, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan saksama ya, Quipperian. Dengan persiapan yang matang, kamu akan mudah mengalahkan berbagai soal yang akan muncul di SBMPTN 2019. Ingat! Keberhasilanmu di SBMPTN 2019 ditentukan oleh dirimu sendiri, bukan dari hasil contekan atau bocoran soal dari orang lain!

Sumber:

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Materi Gagasan Utama dan Simpulan Teks, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat bandung di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, les privat sbmptn, sbmptn bandung, les un bandung cimahi, privat unbk bandung

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *