KAMU HARUS TAU!! Tips Buat Kamu yang Mau Lulus Universitas Terbaik di Indonesia

Hasil gambar untuk universitas

Tahun ini lembaga riset terbesar dari Spanyol, Webometrics Ranking of World Universities milik Consejo Superior de Investigaciones Cientficas (CSIC), merilis daftar universitas terbaik yang ada di Indonesia. Daftar ini terdiri dari PTS (perguruan tinggi swasta) dan  PTN (perguruan tinggi negeri).

Webometric melakukan penilaian dari  empat indikator yaitu presence, impact, openness serta excellence.

Pada Presence itu diukur berdasarkan jumlah web site yang dimiliki sebuah universitas, termasuk subdomainnya juga. Kemudian impact yang menilai jumlah backlink dari web site luar. Selanjutnya adalah openness yaitu mengukur berdasarkan jumlah file (Adobe Acrobat, Adobe PostScript, Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint) yang bisa diakses dan terhubung dengan domain web site univesitas.

Sedangkan pada excellence yang mereka nilai adalah  jumlah artikel publikasi ilmiah yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi. Mana saja kampus terbaik versi Webometrics?

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Pertama, Universitas Gajah Mada  (UGM).  Kampus yang berada di Kota Kraton Yogyakarta ini menduduki peringkat pertama di Indonesia versi Webometrics. Sementara itu peringkat Asia, UGM menempati 157 di Asia dan peringkat 845 di dunia. Kedua, Universitas Indonesia (UI). Tidak berbeda jauh dari UGM, kampus yang identik dengan warna kuning di Depok, Jawa Barat, ini menduduki peringkat 855 di dunia, dan peringkat 162 di Asia.

Ketiga adalah Institut Teknologi Bandung. Posisi ketiga di Indonesia diduduki oleh ITB, yang berada di peringkat 1132 di dunia, dan 248 di Asia. Keempat, adalah Ilmu Pertanian Bogor (IPB). Kampus yang terletak di Bogor ini berada di posisi keempat di Indonesia, 308 di Asia, dan 1285 di dunia.

Kelima Universitas Sudirman. Kampus yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini berada di posisi kelima di Indonesia, 338 di Asia, dan 1368 di dunia. Keenam adalah Universitas Brawijaya. Di Asia, Unbraw berada di peringkat 390, dan menduduki posisi ke-1521 di dunia.

Ketujuh adalah Institut Teknologi Surabya (ITS). Kampus teknologi di Surabaya, Jawa Timur ini meraih posisi ke-397 di Asia dan 1540 di dunia. Kedelapan adalah UNS. UNS berada di posisi 445 di Asia dan 1675 di dunia.

Kesembilan adalah Universitas Syah Kuala (Unsyiah). PTN yang berada di Serambi mekah Banda Aceh ini menduduki posisi ke-455 di Asia, dan 1701 di dunia. Terakhir adalah Universitas Padjajaran (Unpad). Unpad menduduki posisi 506 di Asia dan posisi 1819 di Dunia.

Ini adalah 10 universitas terbaik yang berada di Indonesia versi Webometrics. Sehingga bagi kamu yang akan melanjutkan studi, maka bisa memilih salah satu diantaranya.  Namun, kampus terbaik tentu akan menjadi tujuan banyak orang untuk kuliah di sana. Sehingga ini berdampak pada tingginya persaingan  masuk ke Universitas tersebut. Jadi, jika kamu tidak mempersiapkan dirimu dari sarang, maka bisa jadi kamu akan gagal. Apalagi sebagaimana yang dikansir oleh CNN News bahwa Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berencana memajukan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) 2020 menjadi lebih cepat yakni pada akhir 2019. Rencana itu bakal diberlakukan pada segmen Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Apa yang harus kamu lakukan?

Tidak ada cara lain, yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan diri saat ini juga. Pertamakali yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi. Informasi kampus, jurusan, letak kampus hingga jalur untuk masuk ke kampus tersebut. Secara umum, universitas-universitas tersebut menerapkan tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

SNMPTN adalah seleksi nasional jalur undangan yang kamu tidak perlu melakukan ujian tulis. Pihak panitia yang diberikan amanah di sekolah-sekolah akan meminta berkas-berkasmu, terutama nilai dan prestasimu selama sekolah disana. Sementara itu SBMPTN adalah seleksi bersama dimana kamu harus melakukan ujian tulis yang telah disiapkan oleh panitia di beberapa kota. Terakhir adalah jalur Mandiri, dimana yang mengadakan seleksi adalah pihak Universitas dan ujian tulisnya pun selalu dilakukan di kampus tersebut. Jadi kamu harus benar-bernar mencari informasi apapun itu, demi kelulusanmu.

Terkahir, yang harus kamu lakukan agar bisa masuk dengan mudah ke salah satu dari 10 Universitas terbaik tersebut adalah belajar. Kamu harus belajar dengan giat mulai sekarang juga. Jangan ada lagi waktu bermain yang berlebihan.

Mungkin kamu sudah sangat sulit untuk memperbaiki nilai sekolahmu sebagaimana standar yang telah ditetapkan dalam jalur SNMPTN. Namun kamu masih punya harapan untuk dua seleksi lainnya, SBMPTN dan Jalur Mandiri. Tetapi hal ini sama saja jika kamu tidak memaksa dirimu untuk belajar dan mengupgrade kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal latihan. Dengan smartphone di tanganmu, seharusnya kamu bisa belajar banyak hal untuk meningkatkan kemampuanmu agar bisa lulus.

Saat ini telah banyak startup-starup pendidikan yang menyediakan berbagai layanan yang bisa membantumu untuk belajar dan masuk ke Universitas-universitas terbaik itu. Misalnya Startup pendidikan GreatEdu. Startup ini menawarkan fitur yang menarik untuk dapat membantu murid dalam belajar. Dalam fitur Great Privat di GreatEdu, kamu dapat menemukan guru-guru atau tutor yang berkualitas untuk membantumu belajar. Tempat belajarmu juga bisa kamu kamu tentukan sendiri. Tidak harus di rumah atau di kelas sebagaimana les-les pada umumnya. Di fitur ini kamu bisa membuat janjian untuk belajar di mana saja yang menurutmu nyaman.

Selain Fitur Great Privat, di aplikasi ini juga kamu bisa mengerjakan soal-soal latihan yang sangat mirip dengan bahan ajaran di sekolah-sekolah. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir. Dengan mengerjakan soal-soal di fitur ini kamu bisa menambah dan membiasakan dirimu untuk menjawab soal nantinya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan materi-materi ajar yang beragam dan informatif di fitur Great Pedianya  GreatEdu. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah untuk meningkatkan kemampuanmu agar bisa masuk ke salah satu dari 10 Universitas terbaik itu. Jadi, mulailah dari sekarang atau tidak sama sekali. Mulailah gunakan smartphone yang kamu punya untuk menggapai cita-citamu.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

sumber: kompasiana.com

Nah sahabat Nata itulah beberapa tips agar Kamu Bisa Lulus 10 PTN Terbaik di Indonesia, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, les privat sbmptn, sbmptn bandung

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *