Hasil gambar untuk sbmptn

Siapa diantara kamu yang sedang bersiap-siap untuk menghadapi UTBK SBMPTN? Pasti, lagi getol banget cari-cari informasi, mulai dari jadwal UTBK SBMPTN, persyaratan, pendaftaran sampai soal-soalnya. Sayangnya, masih banyak yang bingung tentang istilah atau singkatan yang tertra di dalamnya, mungkin karena seringnya terjadi perubahan hampir di setiap tahunnya.

Sebelum lanjut ke pembahasan UTBK SBMPTN yang lebih dalam, mari kita kenalan dulu dengan istilah-istilah penting dalam SBMPTN, biar kamu makin akrab dan makin siap menghadapinya. Simak baik-baik ya! 

Apa itu UTBK?

UTBK adalah kependekan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), dan terdiri dari dua jenis tes yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). UTBK SBMPTN sendiri baru dilaksanakan pada tahun 2019, karena pada tahun-tahun sebelumnya tes masuk perguruan tinggi dilaksanakan secara tertulis atau UTBC. 

Hasil atau nilai dari UTBK ini bisa kamu gunakan untuk melengkapi persyaratan wajib masuk ke perguruan tinggi, melalui 2 jalur yang sudah ditetapkan LTMPT yaitu, SBMPTN dan Ujian Mandiri. 

Apa itu SBMPTN?

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan merupakan tes atau ujian tulis sebelum masuk perguruan tinggi. Materi yang diujikan terbagi dalam 3 bagian, yaitu IPA, IPS & IPC. Namun pada tahun 2019, banyak terjadi perubahan pada SBMPTN terutama dari sistem pelaksanaanya. Fungsi SBMPTN yang sebelumnya merupakan tahapan tes sekaligus seleksi, kini digantikan oleh UTBK, dan SBMPTN hanya bersifat seleksi saja. Setelah kamu lakukan pendaftaran SBMPTN sesuai dengan PTN tujuan kamu, selanjutnya pihak  perguruan tinggi akan menyeleksi, siswa mana yang layak masuk ke perguruan tinggi tersebut, sesuai dengan kriteria dari masing-masing perguruan tinggi. dengan berbekal dari hasil nilai UTBK yang telah kamu lalui sebelumnya.

Apa Bedanya UTBK dan SBMPTN?

Melihat pengertian UTBK dan SBMPTN di atas, sederhananya seperti ini, UTBK merupakan tes wajib dilalui oleh calon mahasiswa sebelum masuk PTN, dan SBMPTN merupakan seleksi setelah kamu mendapatkan hasil dari UTBK tadi. Intinya perjuangan kamu tidak berakhir sampai UTBK saja, tetapi masih harus berjuang di SBMPTN. Walapun nilai kamu tinggi kamu masih harus bersaing dengan siswa lain. Karena itulah sangat disarankan agar kamu mempersiapkannya jauh lebih awal agar bisa menyusun strategi dengan baik.

TKA 

TKA atau Tes Kompetensi Akademik adalah tes yang ditujukan untuk mengukur pengetahuan serta pemahaman dalam bidang keilmuan sesuai dengan yang diajarkan di sekolah.  TKA sendiri terbagi dalam dua jenis tes yaitu TKA SAINTEK dan TKA SOSHUM

TKA SAINTEK (Sains dan Teknologi)

Biasanya dikenal sebagai “kelompok IPA”, dengan mata pelajaran yang diujikan meliputi:

  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Matematika SAINTEK

TKA SOSHUM

Merupakan kependekan dari Sosial dan Humaniora, biasanya dikenal sebagai “kelompok IPS”. Mata pelajaran yang diujikan meliputi:

  • Sejarah
  • Geografi
  • Ekonomi
  • Soiologi
  • Matematika SOSHUM

TPS

TPS adalah singkatan dari Tes Potensi Skolastik, pada SBMPTN sebelumnya bernama TPA atau Tes Potensi Akademik merupakan tes yang menguji kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum calon mahasiswa. Tujuan diberlakukan TPS, karena ketiga kemampuan itu dianggap penting untuk keberhasilan menuntut ilmu di PTN nantinya. Ini sangat penting dan bisa menjadi bahan pertibangan bagi pihak universitas karena, meskipun nilai TKA seseorang kurang bagus, tapi apabila terlihat mempunyai kemampuan belajar yang baik, bisa saja perguruan tinggi mau menerima mereka!

IPC/Campuran

IPC atau Campuran adalah Ilmu Pengetahuan Campuran atau gabungan antara SAINTEK dan SOSHUM. Namun pada UTBK SBMPTN 2019 lalu untuk tes Campuran ditiadakan oleh LTMPT, tetapi peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak dua kali, sehingga peserta bisa memilih SAINTEK pada gelombang pertama dan SOSHUM pada gelombang kedua atau sebaliknya. Nah, berbeda dengan UTBK tahun 2020, LTMPT selaku penyelenggara, mengadakan kembali IPC atau Campuran ini, tetapi peserta hanya diberikan kesempatan satu kali saja untuk mengikuti tes. Jadi kamu harus benar-benar memperhatikan dan mempertibangkan tes mana yang akan kamu pilih.

LTMPTN

UTBK dan SBMPTN tak lepas dari LTMPT. Lantas siapakah LTMPT itu sebenarnya?

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru, adapun fungsi dari LTMPT adalah:

  • Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN oleh rektor PTN.
  • Mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SBMPTN oleh rektor PTN.
  • Melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sebagai salah satu kriteria seleksi calon mahasiswa oleh PTN jalur SBMPTN dan Mandiri.
  • Memberikan informasi hasil UTBK SBMPTN kepada peserta dan PTN tujuan.

Referensi: kumparan.com, fimela.com, hai.grid.id, inibaru.id, jaminanmasukuidanptn.com, rencanamu.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Istilah-istilah Paling Penting Dalam UTBK SBMPTN , jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat bandung di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, les privat sbmptn, sbmptn bandung, les un bandung cimahi, privat unbk bandung



Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini
Powered by