Jangan Unggah 5 Postingan Anak Ini di Media

Brilio.net – Anak-anak itu unyu banget kan? Iya kita semua setuju soal itu. Mau mereka bikin salah apa pun ujung-ujungnya dibiarin aja, soalnya nggak tega. Apalagi ketika lagi lucu-lucunya. Pengen banget diposting di medsos kan?

foto: allaboutnadyafiasti.blogspot.com

Nah, sebelum diunggah ke medsos, orangtua, adik/kakak, semua anggota keluarga sebaiknya jangan sekali-kali memosting 5 hal ini. Akibatnya bisa fatal.

foto: wisegeek.com

Fatalnya dalam hal apa aja? Penculikan, pedofil, dan bentrok dengan orangtua lain, dan berbagai hal buruk lainnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, brilio.net mengutip dari Pop Sugar 5 hal tentang anak yang sebaiknya jangan diunggah ke medsos kalau tidak benar-benar harus.

1. Alamat Sekolah.

foto: merdeka.com

Kita kadang berpikir bahwa selain di rumah, sekolah adalah salah satu tempat teraman bagi si kecil. Hal ini memang benar, namun ketika ingin mengunggah foto anak bermain di sekolah, jangan cantumkan alamat sekolah atau nama sekolahnya.

Kita tidak pernah tahu siapa yang menunggu saat anak kita tidak berada di bawah pengawasan pengajar.

foto: internetsehat.id

Hal ini berlaku untuk alamat-alamat tempat tujuan anak lainnya entah tempat les, dan lain-lain.

 

2. Foto dengan nama lengkap mereka tertulis jelas.

foto: wofficlothing.com

Anak dengan pakaian sekolah baru memang unyu. Atau nilai A+ memang sangat membanggakan. Namun kalau bisa, nama anak sebaiknya diburamkan.

foto: merdeka.com

Di zaman moderen ini, seseorang bisa mendapat berbagai informasi tentang orang lain hanya dari sebuah nama. Percuma nggak nunjukin lokasi sekolah tapi malah nunjukkan nama.

 

3. Foto anak telanjang.

foto: bathandbeyond.com

Anak kalau lagi mandi kadang suka bertingkah gemesin banget kan? Apalagi kalau udah main busa atau mainan bebek atau gayung sambil nyerocos nggak jelas. Tapi fotonya lebih baik disimpan untuk album sendiri aja. Nggak perlu lah diunggah ke medsos.

foto: popsugar.com

Alasannya? Kayaknya udah jelas deh alasannya. Orangtua kalau mau upload foto tolong dilihat apakah foto tersebut dapat disalahartikan sebagai seksual, atau seronok.

 

4. Foto wajah anak orang lain.

foto: istimewa

Kita tidak mau kan kalau foto anak atau adik kita disalahgunakan? Berarti sebaiknya kita juga menghargai privasi orang lain dengan tidak memosting foto yang mengandung wajah anak mereka.

 

5. Kejadian apapun yang anak mungkin tidak suka.

foto: merdeka.com

Kita cuma perlu menimbang apakah foto yang akan diunggah layak atau tidak. Sudut pandang dilihat dari si anak. Kalau anak sudah bisa memutuskan cobalah untuk mempertimbangkan pendapat mereka. Namun jika anaknya masih balita, coba prediksikan apakah foto itu ke depannya akan membuatnya malu atau tidak nyaman.

foto: donialsiraj.wordpress.com

Satu hal yang perlu diingat bahwa internet adalah tempat yang sangat berguna terutama di zaman sekarang, namun juga bisa menjadi tempat yang mengerikan kalau kita salah memosting hal yang seharusnya tidak diunggah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *