JANGAN ABAIKAN MENGENALKAN CALISTUNG PADA ANAK SEJAK AWAL

Bantu Anak didik Anda Mengenal CALISTUNG sejak Dini

Anak-anak sebagai pembaca awal umumnya memiliki kesadaran fonemis yang cukup baik dan sangat berguna dalam proses membaca. Karena itu, diperlukan adanya pemilihan metode yang tepat dengan harapan anak dapat belajar membaca dengan efektif, memanfaatkan segala potensinya dan merasa nyaman dalam belajar menggunakan metode yang memperhatikan kebutuhan belajar mereka. Calistung (membaca, menulis, dan berhitung) merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai anak, termasuk anak berkebutuhan khusus.

Menerapkan pembelajaran calistung bagi anak khususnya anak berkebutuhan khusus bukanlah hal yang mudah bagi guru , sebab anak berkebutuhan khusus merupakan sebuah kondisi yang memerlukan penanganan yang khusus pula. Beragamnya ketunaan yang dialami anak berkebutuhan khusus, tentunya kesulitan calistungnya pula pun beragam.

Pembelajaran calistung bagi anak berkebutuhan khusus mengalami banyak hambatan. Anak-anak berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam belajaran membaca, menulis dan berhitung.

1. “…di usia 3,5 – 4,5 tahun anak lebih mudah belajar menulis, dan di usia 4 – 5 tahun anak lebih mudah membaca dan mengerti angka.” (Montessori dalam Hainstock, 2002)

2. “…waktu terbaik untuk belajar membaca kira – kira bersamaan waktunya dengan anak belajar bicara, dan masa peka belajar anak terjadi pada rentang usia 3 hingga 5 tahun.” (Doman, 2005)

3. “…anak usia dini dapat diajari membaca,menulis dan berhitung, …bahkan anak usia dini dapat diajar tentang sejarah, geografi dan lainnya.” (Prof. DR. Dedi Supriadi_Universitas Pendidikan Indonesia)

4. “Stadium operasional konkrit tidak perlu ditunggu hingga anak berusia 7 s.d 11 tahun. Sebab, anak dapat dibimbing lebih awal untuk memasuki stadium opersional konkrit melalui latihan-latihan khusus.” (Smedslund, Hamel, dan Riksen; Kohnstamm dalam Monk’s, Knoers, dan Haditono, 1988)

Oleh karena itu, PELATIHAN Kesulitan mengenalkan membaca bagi guru sangat dibutuhkan. Melalui pelatihan ini diharapkan guru bertambah wawasannya dalam hal konsep kesulitan calistung, deteksi kesulitan belajar calistung bagi anak yang kesulitan belajar, model-model pembelajaran calistung, dan praktek pembelajaran calistung yang menyenangkan.

Jangan sia-siakan Anak didik Anda membuang waktu percuma.Lebih baik belajar calistung daripada Bermain Gadget Sesuai untuk Guru Anak Usia Dini, Orangtua& Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus

.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah tentang JANGAN ABAIKAN MENGENALKAN CALISTUNG PADA ANAK SEJAK AWAL, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini