Dapat THR Pertama Kali, Apa yang Sebaiknya dilakukan?

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Terlebih bagi Anda yang baru mulai bekerja setelah menyelesaikan jenjang pendidikan.

Walaupun nominal THR yang diterima nanti tidak begitu besar, namun keinginan untuk menggunakan uang tersebut sudah terbersit di dalam pikiran. Apalagi menjelang Lebaran tiba, banyak promo atau diskon gede-gedean ditawarkan berbagai merchant di pusat perbelanjaan.

Pada umumnya besarnya THR tergantung sudah berapa lama Anda bekerja. Bagi yang sudah melewati satu tahun masa kerja, maka THR yang didapat sebesar gaji satu bulan. Sedangkan yang belum setahun, menyesuaikan.

Baca Juga: Jenis Pemeriksaan Dini untuk Mendeteksi Kanker

Perhitungan THR

THR


Ilustrasi THR

Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016, THR akan diterima paling lambat 7 hari sebelum hari raya. Sedangkan perhitungannya adalah masa kerja dibagi 12 lalu dikalikan gaji sebulan penuh. Andai kata gaji Anda Rp4 juta dan sudah bekerja selama 9 bulan, maka THR yang diterima = 9/12 x Rp4.000.000 = Rp3.000.000.

Lalu, untuk apakah biasanya uang THR Pertama dihabiskan? Simak ulasannya berikut.

Beli Baju Lebaran

Baju


Beli Baju Lebaran

Membeli baju baru untuk dipakai saat hari Lebaran memang sudah hal lumrah. Anda pun pasti ingin menggunakan THR pertama untuk membeli baju baru buat diri sendiri, ayah, ibu, adik, kakak, atau keponakan. Pastinya uang yang didapat hendak dihabiskan untuk memperindah penampilan di hari raya.

Selain itu, Anda juga dapat membeli pakaian yang nantinya bisa dipakai ke kantor saat bekerja. Dengan begitu, baju yang dibeli akan memiliki manfaat lebih, untuk dipakai Lebaran dan untuk bekerja nantinya.

Mudik ke Kampung Halaman

mudik


Mudik ke Kampung Halaman

THR yang baru pertama kali Anda terima biasanya ingin dinikmati bersama keluarga di kampung halaman. Mudik menjadi rutinitas masyarakat Indonesia setiap kali menjelang Lebaran. Uang THR yang Anda dapat bisa digunakan untuk membeli tiket mudik (PP), jalan-jalan, atau lainnya. Pokoknya memanjakan diri banget deh. 

Sepatu Baru

Sepatu Baru


Sepatu Baru

Bagi Anda yang jarang membeli sepatu, bahkan membeli sepatu hanya saat sepatu yang dimiliki rusak dan tidak dapat digunakan lagi, tidak ada salahnya menggunakan THR yang diterima untuk membelinya. Sama seperti baju baru, usahakan membeli sepatu yang dapat digunakan untuk pergi ke kantor nantinya. Dengan begitu, Anda bisa bergaya di hari Lebaran sekaligus untuk keperluan bekerja. Hal tersebut akan menghemat pengeluaran Anda.

Gadget

Gadget


Gadget

Gadget memang menjadi godaan terbesar untuk dibawa pulang sehabis menerima uang THR. Berbagai macam gadget keluaran terbaru dengan fitur mutakhir, seperti ponsel pintar, tab, dan lainnya bisa bikin Anda mupeng, termasuk generasi milenial. Hal ini terbukti dari tingginya penjualan gadget di pasar Indonesia.

Untuk itu, coba liat dahulu gadget yang sekarang Anda miliki, apakah sudah patut diganti dengan versi yang terbaru atau belum. Jika rasanya sudah, tidak ada salahnya untuk membeli yang baru. Apalagi kalau gadget tersebut dapat menunjang pekerjaan Anda, seperti menulis catatan, mengakses email, berkomunikasi dengan klien via chat maupun video, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Liburan

Liburan



Liburan

Liburan menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang untuk menghabiskan uang THR. Kalau Anda enggak mudik dan ingin mengisi libur panjang Lebaran, Anda dapat menggunakan uang THR untuk kebutuhan liburan. Tapi perlu diingat, liburan saat peak season, bikin semua harga naik. Selain itu, ramai pula. 

Objek wisata yang biasanya menjadi pilihan favorit untuk menghabiskan libur Lebaran dan uang THR antara lain, taman bermain, kebun binatang, kolam renang, air terjun hingga pantai. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut bersama keluarga atau teman-teman.

Bagi-bagi Salam Tempel

THR


Bagi-bagi Salam Tempel

Lebaran enggak afdol kalau enggak bagi-bagi THR atau salam tempel ke ponakan, sepupu, tetangga, maupun handai taulan yang lain. Apalagi Anda baru pertama kali dapat THR, pasti ingin berbagi dengan yang lain. Biar ikut merasakan uang hasil jerih payah Anda bekerja.

Tips untuk bagi-bagi salam tempel adalah Anda perlu menukar terlebih dahulu uang pecahan besar dengan nominal lebih kecil, seperti Rp 2.000, Rp 5.000, Rp10.000, atau Rp20.000 agar terlihat banyak. Anda bisa menukar di layanan kas keliling Bank Indonesia atau bank lain. Biasanya uang yang ditukar uang emisi baru, enggak lecek atau kumel. Anda dapat bagi-bagi salam tempel menggunakan amplop atau langsung saja. 

Wisata Kuliner

Kulineran


Wisata Kuliner

Akhir-akhir ini wisata kuliner memang sedang naik daun mengiringi kepopuleran wisata ke suatu objek. Kelezatan dari berbagai macam makanan yang ditawarkan masing-masing tujuan wisata menjadi candu bagi orang untuk kembali mengunjunginya.

Selain itu, desain interior yang unik dari kedai-kedai kekinian menambah daya tarik orang untuk singgah. Maka tak heran banyak orang yang mengunggah foto di berbagai tempat makan berikut latar belakang tempat menarik dari tempat tersebut.

Berbagi dengan Orang Tua

THR


Berbagi THR untuk Orang Tua

Sudah saatnya membahagiakan orang tua saat Anda sudah bekerja sebagai tanda bakti kepada mereka. Maka, dari itu tidak ada salahnya jika sebagian uang THR diberikan kepada orang tua menjelang hari Lebaran. Uang itu pasti akan digunakan untuk keperluan hari raya, seperti memasak makanan kesukaan Anda, membuat kue-kue kering untuk para tamu, dan kebutuhan lainnya. Dengan begitu, orangtua Anda pun ikut merasakan jerih payah Anda selama bekerja. 

Renovasi Kamar atau Rumah

Renovasi rumah


Renovasi Kamar atau Rumah

Bagi Anda yang memiliki kamar sendiri di rumah, mungkin sudah merasa bosan dengan desain interior yang itu-itu saja. Uang THR bisa digunakan untuk memperbarui tampilan kamar, misalnya mengecat kembali atau memperbaiki langit-langit yang rusak. Dengan tampilan kamar yang lebih fresh, Anda pun semakin nyaman di rumah.

Uang THR juga bisa digunakan untuk tambahan memperbaiki rumah Anda. Misalnya plafon bocor kalau musim hujan. Dengan begitu, uang THR dipakai untuk kegiatan produktif, bukan konsumtif. 

Modifikasi dan Servis Kendaraan

Modifikasi kendaraan


Modifikasi Kendaraan

Kendaraan, baik mobil atau motor memang merupakan teman setia yang menemani ke manapun Anda pergi, termasuk untuk bekerja mencari nafkah. Ketika menjelang Lebaran, tidak ada salahnya untuk mendandani kendaraan kesayangan agar terlihat semakin keren.

Misalnya, bagi pengendara motor bisa dengan melakukan modifikasi kecil-kecilan pada velg motor yang membuatnya semakin ciamik dan nyaman dikendarai. Mengganti sparepart yang sudah tidak layak pakai juga bisa dikatakan sebagai modifikasi.

Investasi

Investasi


Investasi

Selain untuk kesenangan semata, THR yang Anda terima juga bisa diinvestasikan untuk keperluan masa depan, seperti investasi emas, reksa dana, deposito, investasi saham, atau pendanaan di fintech peer to peer lending yang memberikan imbal hasil menggiurkan. Misalnya saja Anda wanita, membeli emas dari uang THR, selain bisa dipakai di hari raya, juga untuk investasi daripada uang habis percuma. 

Saat ini ada kok investasi yang modalnya mulai dari Rp100.000, seperti investasi reksa dana atau p2p lending. Ingat pilih perusahaan investasi yang resmi dan terdaftar di regulator, Jangan salah pilih supaya Anda untung, bukan buntung. 

Bersyukur Berapapun THR yang Diterima

Berapapun uang THR yang Anda terima, bersyukur saja. Karena masih banyak orang di luar sana yang boro-boro dapat duit THR, untuk makan saja sulit. Jika Anda sudah mengantongi THR, jangan lupa untuk berbagi terhadap sesama, seperti menyantuni anak yatim piatu, panti jompo, atau tetangga Anda yang membutuhkan uluran tangan. Dengan bersyukur dan berbagi, maka berapapun jumlah THR yang Anda dapat akan menjadi berkah.

Sumber: cermati.com

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-TRANSLATE-1.jpg

Nah sahabat Nata itulah mengenai tentang THR, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, Jasa Transalte Dokumen , Transaltor Murah, Transaltor Cepat, Transaltor Bandung



Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *