Hasil gambar untuk menulis

Untuk membantumu, kali ini Nata Blog akan memberikan beberapa contoh soal terkait materi pelajaran Bahasa Indonesia, yakni gagasan utama dan simpulan teks. Mau tahu seperti apa pembahasannya? Yuk, simak langsung ulasannya berikut!

Contoh Soal Gagasan Utama & Simpulan Teks No. 1

Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!

ASI atau air susu ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi.

Simpulan paragraf di atas adalah …

  1. ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi
  2. ASI adalah sumber makanan utama bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk bayi
  3. ASI mengandung zat untuk kekebalan bayi
  4. Asam amino diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi

(sumber: dapurimajinasi.blogspot.com)

Pembahasan:

Dari soal itu, hal utama yang harus kamu lakukan baca soal baru baca kutipan paragrafnya. Lalu, kamu harus temukan gagasan utama dari paragraf itu.

Bila dibaca, gagasan utama dalam paragraf itu ada pada awal paragraf, yakni pada kalimat ‘ASI atau air susu ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi.’ Dari gagasan utama itu, dipaparkan mengenai manfaat dari ASI.

Salah satu manfaat yang dipaparkan dalam paragraf ialah ASI memiliki nutrisi penting bagi bayi, yakni asam amino untuk tumbuh kembang otak bayi hingga zat-zat lain untuk kekebalan tubuh bayi. Konteks manfaat ASI itulah yang dapat kamu ambil sebagai simpulan teks. Dengan demikian, jawaban untuk soal tersebut ialah pilihan jawaban B.

Contoh Soal Gagasan Utama & Simpulan Teks No. 2

Baca paragraf ini dengan saksama:

Pemanasan Global

Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Perubahan iklim tersebut menyebabkan kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu. Peristiwa alam tersebut berdampak pada keadaan alam daerah tertentu. Misalnya, di daerah dataran tinggi, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah terkikis dan rapuh. Keadaan alam tersebut berpotensi menyebabkan bencana tanah longsor.

Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan global dapat terjadi karena penggunaan energi listrik atau bahan bakar kendaraan secara besar-besaran. Aktivitas manusia tersebut dapat menimbulkan emisi gas yang dapat merusak lapisan ozon. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi. Dengan demikian dampak pemanasan global dapat berkurang.

Kalimat utama paragraf pertama teks tersebut adalah . . .

  1. Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.
  2. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi.
  3. Perubahan iklim menyebabkan cuaca ekstrem, mulai dari kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu.
  4. Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan global tidak lain disebabkan oleh ulah manusia sendiri.
  5. Dampak dari pemanasan global.

(sumber: kumpulanpembelajaransdsmp.blogspot.com)

Pembahasan:

Bila di soal sebelumnya kamu harus menemukan simpulan teks, maka di soal ini kamu cukup menemukan kalimat utama. Pada dasarnya, kalimat utama merupakan kalimat di dalam paragraf yang memiliki gagasan utama.

Kalimat utama lumrahnya ada di awal paragraf. Pada paragraf pertama, kalimat utama ada pada kalimat ‘Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.’ Hal menguatkan kalimat tersebut merupakan kalimat utama ialah pada kalimat setelahnya berisikan penjelasan atau lumrah disebut kalimat penjelas.

Dengan begitu, gagasan utama di paragraf pertama dapat disimpulkan ialah ‘perubahan iklim.’ Dari paparan itu, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban A.

Contoh Soal Gagasan Utama & Simpulan Teks No. 3

(1) Setiap perusahaan bisnis yang berhasil harus memiliki kepercayaan dari penyokongnya. (2) Wiraniaga adalah perantara yang melaluinya kepercayaan ini diperoleh. (3) Wiraniaga ahli setelah mengetahui bahwa ia melakukan hal penting untuk memperoleh dan mempertahankan kepercayaan dari para pembelinya. (4) Ia melakukan tawar menawar dengan mereka seolah-olah ia adalah pemilik bisnis yang ia wakili. (5) Ia menangani para pelanggannya persis sama dengan apa yang ia inginkan dari mereka jika ia menjadi pelanggan.

Kalimat utama pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor…

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

(sumber: otnaites.blogspot.com)

Pembahasan:

Soal nomor 3 ini bertipe penentuan dengan nomor. Artinya, kamu tinggal memilih nomor berapa yang merupakan jawaban dari soal.

Soal tersebut menanyakan tentang kalimat utama. Sama hal seperti soal-soal sebelumnya, kalimat utama dapat dilihat pada awal paragraf. Pada soal nomor 3 ini, kamu bisa menemukannya di kalimat nomor (1). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban A.

Contoh Soal Gagasan Utama & Simpulan Teks No. 4

Bacalah dan tentukan simpulan paragraf berikut!

Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari. Tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.

Simpulan paragraf di atas adalah …

  1. Minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah yang berair banyak
  2. Minum minuman manis tidak baik bagi tubuh
  3. Semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
  4. Kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari
  5. Semangka dan melon banyak airnya

(sumber: dapurimajinasi.blogspot.com)

Pembahasan:

Untuk menjawab soal itu, kamu harus temukan gagasan utama dari paragrafnya. Gagasan utama dalam paragraf itu ialah ‘Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari.’ Konteks mengkonsumsi minuman manis itu yang dibicarakana oleh paragraf pada soal.

Dari konteks mengkonsumsi minuman manis itu, berkembang mengenai kebiasaan minum minuman manis tidak baik bagi tubuh. Lalu, di akhir paragraf disebutkan cara mengatasi keinginan minum minuman manis dengan mengkonsumsi buah dengan banyak kandungan air.

Dari paparan itu, maka simpulan dari paragraf itu ialah ‘minuman manis dapat diganti dengan mengkonsumsi buah berair banyak. Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah A.

Contoh Soal Gagasan Utama & Simpulan Teks No. 5

Baru-baru ini, Honda telah berhasil menyempurnakan teknologi penyeimbang otomatis sepeda motor yang dinamakan Honda Riding Assist (HRA). Pabrikan asal Jepang itu memperkenalkan teknologi itu pada Consumer Electronics Show (CES) 2017.

Berbeda dengan BMW, teknologi HRA tidak hanya mengandalkan software canggih di dalam sepeda motornya, melainkan juga rangka robotika. Teknologi ini memungkinkan kendaraan menyesuaikan sendiri keseimbangannya tanpa harus bergantung pada pengendaranya.

(sumber: akarpadinews.com)

Simpulan paragraf di atas adalah …

  1. BMW memiliki teknologi sepeda motor terbaru bernama Honda Riding Assist (HRA)
  2. Honda berhasil menyempurnakan teknologi penyeimbang otomatis untuk sepeda motor
  3. Sepeda motor Honda memiliki rangka robotika
  4. Acara Consumer Electronics Show (CES) 2017
  5. Teknologi Honda Riding Assist (HRA) memungkinkan kendaraan menyesuaikan sendiri keseimbangannya tanpa harus bergantung pada pengendaranya karena adanya software canggih dan rangka robotika

Pembahasan:

Untuk menemukan simpulan dari dua paragraf itu, kamu harus membaca keduanya. Pada paragraf pertama, gagasan utama yang diangkat ialah pabrikan Honda berhasil menemukan teknologi otomatis penyeimbang untuk sepeda motor.

Sedangkan, pada paragraf kedua, gagasan utamanya ialah teknologi tersebut tidak hanya mengandalkan software canggih melainkan juga rangka robotika. Dari kedua gagasan utama tersebut, dapat diambil konteks bahwa teknologi HRA yang dikembangkan oleh Honda memungkinkan sepeda motor menyeimbangkan dirinya sendiri karena ada software canggih dan rangka robotika. Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban E.

Referensi: akarpadinews.com, otnnaites.blogspot.com, quipper.com, kumpulanpembelajaransdsmp.blogspot.com, dapurimajinasi.blogspot.com

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Contoh Soal Gagasan Utama & Simpulan Teks, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, les privat sbmptn, sbmptn bandung, les un bandung cimahi, privat unbk bandung

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini
Powered by