Bahasa Indonesia Kelas 7 | Cara Membuat Teks Cerita Fantasi

Bahasa Indonesia Kelas 7 | Cara Membuat Teks Cerita Fantasi

Pada artikel kali ini, kamu akan mempelajari tentang teks cerita fantasi, mulai dari pengertian, unsur, hingga cara/langkah membuat teks cerita fantasi.

“Betapa terkejutnya ia setelah membelah buah timun itu. Wanita tua itu mendapati seorang bayi perempuan yang sangat cantik”.

Hayo, ada yang tau nggak kira-kira penggalan cerita di atas judulnya apa?

Teman-teman, kalian pasti pernah membaca sebuah cerita yang sangat unik. Saking uniknya, sampai-sampai cerita tersebut seperti di luar akal manusia dan mustahil terjadi di dunia nyata. Contohnya seperti penggalan cerita di atas. Ada yang sudah bisa menebak cerita apa itu? Betul! Timun Mas.

Cerita Timun Mas mengisahkan tentang seorang wanita tua yang telah lama mendambakan seorang anak, hingga akhirnya ia bermimpi bertemu makhluk raksasa yang menyuruhnya mengambil sebuah bungkusan di bawah pohon besar di hutan yang ternyata adalah biji timun. Merasa bingung, wanita tua itu lalu menanam biji timun tersebut hingga berbuah sangat besar. Ketika buah timun masak, ia langsung membawanya kerumah dan membelahnya. Wanita tua itu sangat terkejut karena setelah buah timun dibelah, ia mendapati seorang bayi perempuan yang sangat cantik. Bayi itu kemudian diberi nama Timun Mas.

Hmm, keren juga ya di dalam timun bisa ada bayi. Lebih keren lagi kalo di dalamnya itu…

Smartphone

teks cerita fantasi

HP udah jadul. Mau minta yang baru takut dimarahin. Kapan nemu timun berisi smartphone?! (sumber: giphy.com)

Oke, oke, balik lagi ke topik pembahasan, ya. Ternyata, cerita timun mas tadi termasuk jenis cerita fantasi, teman-teman. Apa sih cerita fantasi itu?

Cerita fantasi adalah tulisan yang menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa berupa angan-angan, khayalan, imajinasi, atau rekaan belaka. Gampangnya sih, cerita fantasi merupakan teks cerita yang dibuat berdasarkan imajinasi si pembuat cerita. Artinya, semua peristiwa yang diceritakan pada cerita fantasi bersifat tidak nyata. Selain cerita Timun Mas, contoh cerita fantasi yang lain ada Cinderella, Putri Duyung, Snow White, dan masih banyak lagi. 

Wah, cocok banget tuh buat kalian yang suka berimajinasi. Kalian bisa mengekspresikan apa yang kalian pikirkan dengan menuliskannya lewat cerita. Siapa tau suatu saat bisa jadi buku dan terkenal kayak Stan Lee.

teks cerita fantasi

Stan Lee, penulis cerita superheroes dalam komik Marvel. (sumber: youtube.com) 

Tapi, bagaimana sih cara membuat cerita fantasi? Nah, bagi kalian yang penasaran ingin mencoba membuat teks cerita fantasi, tapi masih bingung caranya bagaimana, yuk kita pelajari bersama-sama lewat artikel berikut ini. Bekicot! Eh, salah, cekidot!

teks cerita fantasi

Oke, sebelum membuat teks cerita fantasi, kalian harus tau dulu nih unsur-unsur yang ada pada cerita fantasi. Cerita fantasi memiliki unsur-unsur yang khas karena hanya ada pada cerita fantasi saja. Hmm… Apa saja ya kira-kira? Simak gambar di bawah ini, yuk!

unsur-unsur cerita fiksi

Supaya teks cerita fantasi yang kalian buat jadi bagus, unsur-unsur di atas harus ada pada cerita kalian, ya.   

Oke, teman-teman, setelah kalian tau apa saja unsur-unsur cerita fantasi, sekarang kita masuk ke pembahasan yang sudah kalian tunggu-tunggu nih dari tadi, yaitu cara membuat teks cerita fantasi. Yeay! Tepuk tangan dulu, dong.

teks cerita fantasi

Jangan sambil sulap juga kali! (sumber: giphy.com)

Terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa kalian ikuti untuk memudahkan kalian dalam membuat teks cerita fantasi. Apa saja, ya? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Mulai dari pengalaman 

Jika kalian merasa bingung untuk menentukan ide dalam menulis teks cerita fantasi, kalian bisa memulainya dari pengalaman pribadi kalian masing-masing. Misalnya seperti pengalaman kalian saat mengunjungi tempat wisata, pengalaman menonton film di bioskop, dan lain sebagainya.

2. Berikan sentuhan fantasi   

Setelah itu, kalian perlu memberikan hal yang tidak masuk akal pada cerita kalian. Misalnya saja, kalian bisa membuat seakan-akan kalian memiliki kekuatan super. Jika kalian mengambil contoh cerita pengalaman jalan-jalan ke tempat wisata, kalian bisa menghubungkannya dengan legenda yang ada di tempat tersebut, dan masih banyak lagi.

3. Munculkan sebuah konflik/masalah

Konflik/masalah sangat penting dalam sebuah cerita karena dapat membuat cerita kalian menjadi lebih menarik untuk dibaca. Konflik bisa dibuat dari mulai munculnya masalah sampai masalah memuncak. Misalnya, saat kalian mengunjungi tempat wisata, tiba-tiba kalian bertemu dengan monster yang mengerikan, kemudian kalian bertarung dengan monster itu agar bisa selamat.

4. Selesaikan konflik/masalah

Setelah masalah dalam cerita kalian muncul dan sudah memuncak, masalah tersebut harus diselesaikan, sehingga bisa menjadi solusi cerita dan penanda bahwa cerita yang kalian buat sudah selesai. Misalnya, saat kalian bertarung melawan monster, kalian menggunakan kekuatan super yang kalian miliki sampai akhirnya monster tersebut bisa kalah dan kalian selamat.

5. Buat beberapa percakapan

Pada teks cerita fantasi, biasanya terdapat beberapa percakapan antar tokoh. Percakapan yang dibuat harus diberi tanda petik dan menggunakan bahasa yang tidak baku atau formal.

Bagaimana, teman-teman? Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu kalian dalam membuat teks cerita fantasi, ya.

sumber: raungguru

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Cara Membuat Teks Cerita Fantasi, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *