Anak Kelas Bahasa? Ini 8 Jurusan yang Bisa Kamu Pilih

jurusan bahasa

Squad, apakah kamu saat ini sedang mengambil peminatan Bahasa di SMA? Biasanya, masih banyak nih yang bingung saat harus menentukan pilihan jurusan. Padahal, penentuan jurusan kuliah yang tepat sangat penting untuk menentukan masa depan karier kamu kelak. Lalu, kira-kira program studi apa saja sih yang terbuka untuk anak kelas Bahasa? Agar kamu nggak salah pilih, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih salah satu program studi berikut.

1. Ilmu Komunikasi

jurusan untuk anak kelas bahasa

Ilmu Komunikasi (Sumber: carroll.edu)

Komunikasi mempunyai kajian ilmu yang sangat luas. Tentu saja, dalam kehidupan sehari-hari kita nggak akan mungkin terlepas dari yang namanya komunikasi. Karena itu, ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini pun akan sangat beragam. Ilmu Komunikasi tidak hanya mempelajari cara penyampaian pesan yang baik, namun juga mempelajari pemanfaatan teknologi dari penemuan baru.

Hal ini pun mirip dengan Ilmu Bahasa, yang mempelajari tentang proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat tepat sasaran. So, jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu di perguruan tinggi nanti.

2. Sastra dan bahasa

jurusan untuk anak kelas bahasa

Sastra dan Bahasa (Sumber: aus.edu)

Anak bahasa, tentu saja bisa mengambil jurusan Bahasa dan Sastra. Dengan menguasai bahasa asing, kamu pun akan memiliki nilai tambah saat lulus kelak Squad. Salah satu spesialisasi dari jurusan ini adalah menjadi penerjemah dari berbagai bahasa, seperti Inggris, Jerman, Korea, Arab, dan bahasa asing lainnya. Selain menjadi penerjemah, kamu pun bisa menjadi pengajar, penulis, sastrawan, budayawan, dan sebagainya.

3. Jurnalistik

jurusan untuk anak kelas bahasa

Jurnalistik (Sumber: pghcitypaper.com)

Bagi kamu yang mempunyai minat yang besar pada dunia broadcasting dan ingin bekerja di media, kamu bisa nih ambil program studi Jurnalistik. Jurusan ini memungkinkan kamu untuk bekerja di stasiun TV, radio, surat kabar, dan berbagai media lainnya. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik mencari, menulis, dan menyunting berita, serta bagaimana pula berita tersebut bisa didistribusikan melalui berbagai media. Kamu pun akan diperkaya dengan keterampilan mengambil foto dan mengumpulkan data secara tepat, sehingga dapat menghasilkan laporan jurnalisme yang informatif.

4. Hubungan Internasional

jurusan untuk anak kelas bahasa

Hubungan Internasional (Sumber: nvcc.edu)

Kemampuan bahasa kamu akan sangat berguna sebagai alat komunikasi dalam berdiplomasi dan memahami budaya dari berbagai belahan dunia. Maka, cocok banget nih jika kamu ingin memilih jurusan Hubungan Internasional saat kuliah nanti. Walaupun HI berdasar pada ilmu sosial, Hubungan Internasional juga termasuk bidang yang memerlukan kemampuan berbahasa asing yang baik.

Jurusan ini cocok bagi kamu yang memiliki keterampilan komunikasi serta minat yang besar untuk mendalami diplomasi dan politik internasional. Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari berbagai bahasa dan kebudayaan asing di jurusan ini.

5. Sosiologi

jurusan untuk anak kelas bahasa

Sosiologi (Sumber: glints.com)

Suka dengan penelitian sosial dan mau turun langsung ke masyarakat di berbagai daerah? Sosiologi adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Belajar di program studi ini akan membantu kamu untuk memahami fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat secara lebih ilmiah. Walaupun Sosiologi mempelajari tentang masyarakat, program studi ini tidak hanya didominasi oleh anak Soshum saja, tetapi juga anak Bahasa.

6. Perhotelan dan pariwisata

jurusan untuk anak kelas bahasa

Perhotelan dan pariwisata (Sumber: tunaiku.com)

Ingin bepergian ke banyak tempat dan bekerja di dunia perhotelan atau pariwisata? Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk anak Bahasa, karena kamu akan berhadapan dengan banyak orang setiap harinya dari berbagai latar belakang yang berbeda. Kamu juga akan sering bepergian ke banyak tempat dan bisa bergaul dengan orang baru serta mempelajari budaya asing. Seru ‘kan?

7. Antropologi

jurusan untuk anak kelas bahasa

Antropologi (Sumber: alberta.ca)

Antropologi merupakan program studi yang mempelajari seluk-beluk dari unsur-unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Nah maka dari itu, nggak hanya anak dari kelas Soshum aja yang bisa masuk ke jurusan ini, kamu yang dari kelas Bahasa pun bisa. Lulusan dari program studi ini pun semakin dibutuhkan, lho.

8. Seni

jurusan untuk anak kelas bahasa

Seni (Sumber: mybhilwara.com)

Apakah kamu punya ketertarikan di bidang seni? Anak kelas Bahasa juga bisa lho mengambil jurusan di bidang seni. Di bidang seni sendiri terdapat beberapa pilihan program studi, seperti Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa (Creative Arts), Seni Rupa Murni (Fine Arts), dan berbagai seni lainnya.


Nah sahabat Nata itulah untuk kamu anak bahasa bisa pilih jurusan diatas, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat bandung di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, Jasa Transalte Dokumen , Transaltor Murah, Transaltor Cepat, Transaltor Bandung



Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *