8 Prospek Karier dari Lulusan Ilmu Hukum

prospek kerja ilmu hukum

Artikel ini memberikan daftar delapan prospek karier yang bisa dipilih oleh para lulusan dari jurusan Ilmu Hukum

Lulusan Ilmu Hukum kerjanya cuman jadi pengacara? Eits, jangan salah. Masih ada lho bidang profesi lain yang bisa dimasuki oleh para lulusan Ilmu Hukum dan nggak kalah menjanjikan dengan menjadi pengacara. Mau tahu prospek kerja yang mumpuni untuk para lulusan Ilmu Hukum? Buat kamu yang tertarik untuk masuk prodi ini saat kuliah nanti, yuk disimak! Bisa jadi salah satu profesi di bawah ini yang akan kamu geluti setelah lulus nanti.

1. Konsultan hukum

prospek karier lulusan ilmu hukum

Konsultan hukum (Sumber: paragoneurope.eu)

Mahasiswa di jurusan Ilmu Hukum akan sangat akrab dengan ribuan pasal dan sejarah dari terbentuknya aturan hukum di Indonesia. Nah, kamu bisa mengaplikasikan ilmu terkait pasal-pasal ini untuk keperluan hukum. Kemampuan kamu ini biasanya dibutuhkan oleh kantor yang sedang melakukan ekspansi dan membutuhkan konsultan untuk berdiskusi mengenai kelengkapan dokumen serta tata cara prosesnya. Untuk berkarier sebagai konsultan, kamu bisa bekerja di sebuah lembaga.

2. Staf legal

prospek karier lulusan ilmu hukum

Staf legal (Sumber: monster.com)

Kamu juga bisa lho bekerja di perusahaan swasta atau bahkan start-up sebagai seorang staf legal. Kemampuan kamu di bidang hukum akan sangat dibutuhkan karena sebuah perusahaan pasti akan banyak berurusan dengan banyak surat perjanjian kerja, dokumen aset, kontrak, dan dokumen bisnis lainnya yang membutuhkan seorang tenaga ahli yang mengerti akan regulasi hukum pada dunia bisnis yang berlaku saat ini.

3. Notaris

prospek karier lulusan ilmu hukum

Notaris (Sumber: inafina.id)

Ini dia salah satu profesi yang cukup menjanjikan untuk para lulusan Ilmu Hukum. Notaris merupakan seorang pejabat umum yang berwenang untuk membuat Akta Otentik mengenai perjanjian dan ketetapan yang diharuskan oleh peraturan perundang-undangan. Kamu akan bertanggung jawab pada pengurusan berbagai dokumen penting seperti akta tanah, pendirian perusahaan, yayasan, dan sebagainya.

Untuk menjadi notaris, kamu harus sekolah lagi dan mengambil program Magister Kenotariatan. Profesi ini merupakan salah satu yang paling banyak diincar karena memiliki masa depan yang cukup cerah.

4. Staf HRD

prospek karier lulusan ilmu hukum

Staf HRD (Sumber: youngupstarts.com)

Psst, nggak hanya lulusan Psikologi saja yang bisa berkarier di bidang sumber daya manusia. Seorang sarjana hukum juga dibutuhkan untuk mengurus perihal relasi kerja antara karyawan dengan perusahaan. Lulusan Ilmu Hukum di divisi HRD juga akan membantu kembali menegaskan apa saja hak-hak karyawan yang harus dipenuhi oleh perusahaan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

5. Diplomat

prospek karier lulusan ilmu hukum

Diplomat (Sumber: metro.co.uk)

Mau kerja di luar negeri? Nggak hanya lulusan Hubungan Internasional saja yang bisa, lulusan Ilmu Hukum juga bisa berkarier menjadi diplomat. Apalagi jika kamu mengambil konsentrasi Hukum Internasional. Kamu bisa menjadi wakil negara dan bermukim di negara lain. Seru ‘kan? Pasti kamu akan mendapatkan banyak pengalaman serta kolega baru dari negara tempat kamu bertugas.

6. Hakim atau Jaksa

prospek karier lulusan ilmu hukum

Hakim dan jaksa (Sumber: amun.org)

Profesi hakim atau jaksa tentu menjadi salah satu yang paling populer di kalangan anak hukum. Sebagai hakim, kamu akan bertugas menerima, memeriksa, mengadili, serta menyelesaikan semua perkara di pengadilan. Sementara itu, seorang jaksa bertugas untuk menyampaikan dakwaan atau tuduhan di dalam proses pengadilan terhadap yang diduga telah melakukan pelanggaran hukum.

Kedua profesi ini memiliki gaji yang menggiurkan lho. Namun, tanggung jawab yang kamu pegang pun sangat berat karena kamu yang bertugas menegakkan keadilan di meja hijau nantinya. Kamu pun harus punya pendirian yang kuat agar tak mudah “tergoda”.

7. Staf Kementerian

prospek karier lulusan ilmu hukum

Staf kementerian (Sumber: usbank.com)

Banyak juga lho kementerian dan BUMN yang membutuhkan sarjana hukum. Tak hanya jadi staf saja, jika kamu memang berkualitas dan punya kemampuan yang mumpuni, tak menutup kemungkinan kamu bisa mendapat peningkatan karier atau bahkan menjadi menteri.

8. Dosen

prospek karier lulusan ilmu hukum

Dosen (Sumber: harvard.edu)

Buat kamu yang suka mengajar, kamu juga bisa bekerja sebagai pengajar atau dosen setelah lulus dari jurusan Ilmu Hukum nanti. Untuk mendaftarkan diri menjadi dosen, tentu gelar sarjana saja tidak cukup. Kamu perlu melanjutkan studi dan minimal harus menyelesaikan pendidikan setingkat S2 sebelum melamar jadi dosen.


Nah sahabat Nata itulah 8 Prospek Karier dari Lulusan Ilmu Hukum, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat bandung di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, Jasa Transalte Dokumen , Transaltor Murah, Transaltor Cepat, Transaltor Bandung



Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *