Usaha Mengurangi Pemanasan Global, Apa Saja?

Pengertian Pemanasan Global, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya - Ragam  Bola.com

Pemanasan global menyebabkan dampak yang cukup besar bagi kehidupan manusia di bumi. Dimana, beberapa tempat di wilayah tertentu di dunia ini mengalami banyak perubahan ekstrim, seperti mulai mencairnya gletser abadi di kutub utara dan gunung-gunung es. Hal tersebut tentu tidak boleh dibiarkan, dan menjadi tugas kita sebagai makhluk hidup di bumi untuk dapat mengurangi dampak dari pemanasan global tersebut. Bagaimana caranya?

Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global, seperti reboisasi dengan melakukan pengubahan lahan gundul menjadi lahan hijau. Selain itu, dengan mulai menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, sehingga bisa mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari BBM ke atmosfer.

Kendati demikian, ada upaya-upaya lain yang telah dilakukan di tingkat dunia dengan melibatkan negara-negara di seluruh dunia maupun lembaga internasional yang fokus terhadap lingkungan. Adapun usaha tersebut diantaranya:

Usaha Mengurangi Pemanasan Global Oleh PBB

Pemanasan global yang tidak hanya dirasakan oleh beberapa orang atau kelompok saja, namun dirasakan juga oleh semua lapisan masyarakat di seluruh dunia. Sebagai organisasi internasional PBB mengajak seluruh negara untuk ikut serta dalam mencegah dan mengurangi pemanasan global melalui penyelenggaraan berbagai konfrensi internasional.

Salah satu negara yang ikut andil dalam mengurangi pemanasan global adalah Kanada, pada tahun 1987 Kanada mengadakan Montreal Protokol. Montreal Protokol adalah traklat internasional pertama yang diselenggarakan dan ditandatangani oleh PBB yang bertujuan untuk melindungi lapisan ozon dengan mengurangi produksi zat perusak lapisan ozon yang difokuskan pada beberapa senyawa hidrokarbon halogen yang memiliki Klorin dan Bromin yang dapat merusak lapisan ozon.

KTT Bumi di Rio de Janiro

Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi yang disebut juga dengan Earth Summit dilaksanakan pada Juni 1992 di Rio de Janeiro Brasil. KTT ini bertujuan untuk menstabilkan gas rumah kaca di atmosfer, sehingga ekosistem dapat beradaptasi dengan perubahan iklim, tidak mengganggu produksi pangan dan pengembangan ekonomi berlangsung secara berkelanjutan.

Konfrensi yang dihadiri oleh 172 negara tersebut menghasilkan keputusan mengenai keterikatan setiap negara dalam konvensi keanekaragaman hayati, prinsip pengelolaan hutan sebagai penyerap emisi karbon dan mengatasi permasalahan yang timbul akibat pembangunan yang merusak lingkungan. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPPC) menyatakan bahwa pada tahun 1990-2005 suhu bumi mengalmi kenaikan mencapai 0,130C – 0,150C.

Protokol Kyoto

Protokol Kyoto dirancang untuk mengimplementasikan konvensi perubahan iklim untuk menstabilkan gas rumah kaca yang mengganggu sistem iklim bumi. Protokol ini dihadiri oleh 2.200 delegasi dari 158 negara yang diselenggarakan 1-10 Desember 1997.

Tujuan diadakannya protokol ini adalah guna mengurangi rata-rata emisi dari enam gas rumah kaca. Negara-negara yang meratifikasikan protokol ini berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dioksida dan gas-gas kaca lainnya.

Usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global diantaranya dengan melakukan reboisasi dan  menggunakan kendaraan ramah lingkungan. Ada beberapa usaha yang dilakukan oleh PBB, montreal protokol, KTT bumi, dan protokol Kyoto.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Usaha Mengurangi Pemanasan Global, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini