Tips Menulis Essay Dalam Bahasa Inggris

Hello NATA’s Friends, How are you today? Bahasan kali ini jelas ada kaitannya dengan bahasa inggris ya gaiss, itu depannya aja udah pake bahasa inggris kece banget. Kita akan membahas tips menulis essay yang baik dalam bahasa inggris, karena banyak beasiswa atau syarat pekerjaan yang mengharuskan kita menulis essay dalam bahasa ingris. Yuk lihat cara-caranya :

  1. Analisis topik.Temukan apa tepatnya yang diminta oleh guru atau dosen untuk Anda bahas.
  • Tuliskan topik jika tertulis di papan tulis.
  • Garis bawahi kata kunci pada topik. Carilah kata-kata seperti “jelaskan”, “identifikasi”, “analisis”, atau “deskripsikan”.
  • Pisahkan komponen-komponen topik. Jika harus “mengidentifikasi” sesuatu, lalu “menganalisisnya”, buat 1 paragraf untuk mengidentifikasi subjek yang diminta. Kemudian, buatlah paragraf kedua untuk menganalisis apa yang sudah Anda identifikasi.
  1. Tuliskan semua ide.Tulis fragmen kalimat atau kata kunci pendek semua fakta yang dapat Anda ingat. Catat semua kata kunci, yang seharusnya berupa fakta-fakta yang akan mendukung argumen atau pernyataan yang akan Anda sajikan di esai.
  2. Tulis pernyataan hipotesis keseluruhan esai.Pernyataan tersebut harus mengidentifikasi ide utama esai dan juga hal-hal yang menurut Anda relevan dengan topik.
  • Jangan menulis pernyataan tentang diri sendiri. Misalnya, jangan menulis “menurut saya” atau “Ide yang akan saya sampaikan hari ini adalah…” Pernyataan harus berupa fakta.
  • Buat pernyataan tesis yang spesifik. Saat menulis tentang interpretasi, gunakan bahasa netral untuk menyatakan pendapat Anda.
  • Kaitkan setiap paragraf dengan pernyataan tesis.
  1. Bagi semua fakta yang sebelumnya sudah Anda tulis menjadi 2-4 kelompok.
  • Temukan karakteristik umum fakta-fakta dalam setiap kelompok. Karakteristik umum tersebut akan menjadi kalimat topik paragraf isi.
  • Buang ide yang tidak mendukung ide utama. Menyertakan ide tambahan hanya akan membuat esai menjadi tidak fokus.
  • Urutkan setiap kelompok fakta menurut tingkat kepentingan. Mulailah dari yang paling tidak penting pada paragraf isi yang pertama dan akhiri dengan ide terkuat di paragraf isi yang terakhir.
  1. Tulis kalimat topik untuk setiap paragraf isi.
  • Buat 1-2 kalimat sebagai ide pendukung di setiap paragraf. Pastikan kalimat tersebut berhubungan langsung dengan kalimat topik paragraf.
  • Nyatakan ide pendukung. Lalu, nyatakan mengapa ide tersebut penting. Jangan pernah menulis sesuatu tanpa menjelaskan mengapa hal itu penting.
  1. Tulis pernyataan kesimpulan untuk setiap paragraf.Nyatakan ulang argumen yang telah Anda sajikan di kalimat topik.
  2. Buat paragraf pendahuluan singkat untuk esai Anda.Misalnya, gunakan fakta, kutipan, atau statistik yang berhubungan dengan pernyataan tesis. Pernyataan tesis harus dicantumkan sebagai kalimat terakhir paragraf pendahuluan.
  3. Buat kesimpulan.Kesimpulan harus menyatakan ulang pernyataan tesis, merangkum secara singkat semua argumen yang telah dituliskan, dan diakhiri dengan menyatakan ide utama esai.

Itulah tips buat kalian yang lagi garap essay dalam bahasa inggris, semoga bermanfaat yahh. Kalau kalian ingin membuat essay dengan jasa penerjemah juga bisa loh. Kami NATA Center menyediakan jasa penerjemah bahasa asing. Berminat? Langsung hubungi Admin disini 081214140044

Sumber : wikihow.com

Gambar : sapawarga.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *