Tips Menjaga Konsentrasi dan Tetap Fokus Saat Menjalani Puasa

Selamat Siang Sahabat NATA, masih pada puasa ga nih ? Semoga lancar sampai akhir ya puasanya 🙂 terkhusus buat kalian yang menjalankan.  Apakah puasa mengurangi fokus dan konsentrasi kalian saat bekerja atau belajar ? Disini kami akan membahas bagaimana sih tipsnya supaya saat puasa kita teteap fokus dan konsentrasi saat menjalani berbagai aktivitas. Yuk lihat sekarang!

 

  • Pastikan jam tidur Anda cukup

Jangan anggap remeh akibat kurang tidur, terutama pada kemampuan konsentrasi. Kurang tidur mengganggu proses penyimpanan informasi sehingga kamu jadi lebih sulit untuk mengingat dan mempelajari hal baru. Kurang tidur juga menyebabkan pikiran berkabut, yang membuat kamu sulit untuk berpikir logis.

Pastikan Anda mendapat tidur malam yang cukup, sekitar 7-8 jam. Namun pertimbangkan juga bahwa kamu harus bangun tengah malam untuk makan sahur, jadi jangan biasakan tidur larut malam. Kamu justru seharusnya tidur lebih awal dari biasanya.

Biasakan untuk pergi dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, termasuk hari libur. Kami bisa membuat jadwal tidur dan jadwal bangun yang disesuaikan dengan bulan Ramadan. Jika perlu, gunakan alarm untuk mengingatkan waktu tidur dan bangun.

 

  • Konsumsi sayur dan buah yang tinggi vitamin B, C, E dan magnesium

Perhatikan juga apa yang kamu konsumsi selama bulan Ramadan. Untuk konsentrasi optimal dan tetap fokus saat puasa pastikan Anda memperoleh asupan makanan dengan nutrisi seimbang pada saat berbuka dan sahur.

Saat sahur, pastikan kamu mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B, C, E, dan magnesium seperti jeruk, wortel, bayam dan sayuran hijau lain. Buah-buahan dan sayuran ini merupakan pendukung konsentrasi yang baik selama Anda beraktivitas seharian nanti.

 

  • Rutin olahraga ringan

Meningkatkan produktivitas kerja tidak cukup hanya dengan menciptakan suasana kerja yang baik, tapi juga dengan menjaga kesehatan tubuh. Selain dengan menerapkan pola makan sehat dan tidur teratur, seimbangi dengan berolahraga yang teratur untuk jaga kebugaran tubuh.

Menurut penelitian dari Univeristas Illinois, olahraga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak yang berkaitan dengan fokus atau perhatian. Olahraga saat puasa tidak mustahil dilakukan. Anda bisa melakukan olahraga ringan 1-2 jam setelah sahur, menjelang buka puasa, atau 1-2 jam setelah berbuka.

 

  • Beristirahatlah sejenak

Meningkatkan produktivitas kerja bukan berarti kamu terus terpaku pada pekerjaan tanpa melakukan istirahat sejenak. Setidaknya istirahatlah selama 15 menit untuk mengembalikan tenaga dan semangat. Lakukanlah beberapa hal seperti keluar ruangan, membaca novel, melakukan peregangan ringan, atau mendengarkan lagu sesuai keinginanmu.

 

  • Hindari hal yang mengganggu konsentrasi

Konsentrasi merupakan kunci dari produktivitas kerja yang optimal. Jadi pastikan kammu tetap fokus dengan menjauhi hal yang dapat mengganggu konsentrasi kamu.

Misalnya dengan mematikan nada dering telepon atau bahkan sekalian saja matikan telepon genggam selama bekerja. Jika pekerjaan yang kamu lakukan memungkinkan kamu untuk mendengarkan musik, dengarkanlah musik yang dapat membantu kamu tetap fokus saat puasa, misalnya musik instrumental atau lainnya.

Nah itu adalah tips buat kalian yang ingin menjaga konsentrasi dan fokus saat berpuasa, semoga bermanfaat yahh 🙂 Buat kalian yang ingin menambah kegiatan belajar dirumah saat bulan ramadhan ini, kami dari NATA Privat menyediakan privat untuk berbagai mata pelajarann loh. Jika berminat bisa hubungi kontak kami disini.

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/5-cara-tetap-fokus-saat-puasa/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *