Tips Mengajari Anak TK Berhitung dengan Media Belajar

Halo Sahabat NATA, teruntuk para orangtua yang mempunyai anak usia TK/PAUD ini adat tips untuk mengajari anak berhitung dengan menggunakan berbagai media belajar. Yuk lihat apa aja sih tipsnya!

  1. Belajar dengan Kartu Angka

Cara mengajari anak TK berhitung yang selanjutnya dengan metode kartu angka. Metode ini terbilang cukup efektif loh! Bisa membeli kartu angkanya di toko-toko permainan. Sebaiknya pilihlah kartu yang berisikan simbol angka dan ada gambarnya (misalnya bunga, bintang, apel atau lainnya). Tujuannya untuk menarik minat anak agar lebih bersemangat dalam belajar. Atau Bunda juga bisa membuat kartu angka dengan kreativitas sendiri di kertas A4. Lalu mengguntingnya kecil-kecil dan jangan lupa dileminating agar lebih cantik.

  1. Permainan bola-bola kecil

Tips berikutnya untuk mengajari anak TK berhitung yakni menggunakan bola-bola kecil berwarna-warni. Permainan berhitung dengan bola-bola kecil ini sangat mudah dilakukan. Dan pastinya anak-anak juga menyukainya. Bunda bisa menyediakan gelas atau keranjang. Kemudian mintalah si anak untuk memasukkan 5 bola ke dalam gelas. Nantinya anak akan memasukan satu-persatu bola, sambil berhitung 1-5 dengan perlahan.

  1. Berhitung Lego

Selama ini orang menganggap lego hanya sebagai permainan bongkar pasang untuk mengasah kreatifitas dan imajinasi. Padahal lego juga bisa dimanfaatkan untuk berhitung anak TK, loh! Bagaimana caranya? Well, its very easy! Anda bisa mengajarkan anak penjumlahan dan pengurangan lewat lego. Pertama siapkan 2 lembar kertas HVS atau A4 berwarna putih. Buatlah simbol “+” di kertas pertama. Dan simbol “ – “ di kertas kedua. Jika Bunda ingin mencoba penjumlahan, misalnya 2+3=5. Maka letakkan lego yang memiliki lingkaran 2 di sebelah kiri, dan lego dengan lingkaran 3 di sebelah kanan tanda simbol +. Kemudian minta anak untuk berpikir berapa jumlah 2 ditambah 3. Apabila anak menyebutkan 5, maka minta dia untuk mencari lego berlingkaran 5 untuk diletakkan di kertas.

  1. Memasang poster simbol angka di tembok

Memasang poster angka di tembok juga merupakan alternatif tepat agar anak mudah belajar berhitung. Bunda bisa memasang poster tersebut di kamar si anak. Sehingga setiap hari anak akan melihatnya. Dan lama-kelamaan, anak pasti akan semakin mengingatnya. Poster simbol angka mudah ditemukan di toko-toko yang menjual peralatan sekolah. Atau  bisa juga membuatnya sendiri. Usahakan untuk memilih atau membuat poster yang menarik, berwarna warni dan unik. Agar anak juga senang melihatnya.  Dan yang terpenting, mintalah anak untuk melafalkannya setiap hari. Jangan jadikan poster tersebut hanya sebagai pajangan ya!

  1. Mengunduh Aplikasi atau Game Berhitung di Ponsel

Mengenalkan gadget pada anak kecil tentunya sangat tidak dianjurkan. Sebab anak yang terlalu sering main gadget (atau bahkan kecanduan) biasanya akan mengalami keterlambatan dalam perkembangan sensorik dan motoriknya. Maka itu, sebaiknya gadget dijauhkan dari anak-anak, terutama anak berusia 0-2 tahun. Namun demikian, untuk beberapa sebab, boleh-boleh saja meminjamkan gadget pada anak. Misalnya untuk belajar berhitung. Ada banyak loh aplikasi berhitung atau game-game seputar edukatif yang bisa Anda unduh di playstore. Lalu mengajarkannya pada anak. Dijamin anak pasti suka. Ia juga akan semangat belajarnya. Namun ingat, jangan memberikan gagdet terlalu lama ya. Dan sebaiknya bunda awasi agar anak tidak menyalagunakannya.

Demikianlah beberapa cara mengajari anak TK berhitung dengan media dan bisa dipraktekkan di rumah. Apabila Anda ingin memberikan latihan lebih intensif, ada alternatif  Privat calistung yang disediakan oleh NATA Privat, guru yang datang kerumah. Jika berminat bisa langsung hubungi kontak kami disini

Sumber : https://hamil.co.id/anak/parenting/cara-mengajari-anak-tk-berhitung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *