Tips dan Trik Belajar Bahasa Asing dengan Mudah

Hai Sahabat Nata, apa kabar hari ini? Adakah yang kesulitan belajar bahasa asing? tapi pengen bisa pergi keluar negri atau ngobrol sama bule? yuk liat trik dan tips belajar bahasa asing dengan mudah.

Manusia dilahirkan dengan insting berbahasa. Otak kita secara alami terikat pada bahasa. Otak memiliki kemampuan untuk memproses informasi rumit dari suara, gerakan, dan konteks, dan kapasitas bahasa ini akan meluas sepanjang hidup. Artinya, kamu dapat belajar bahasa apapun, kapanpun. Tidak perlu repot-repot ke negara tujuan untuk dapat mempelajari bahasanya. Saat ini, Internet dipenuhi oleh alat pembelajaran bahasa, seperti apps, penerjemah, flashcards online, dan ebooks.
Namun demikian, belajar lebih dari satu bahasa di satu waktu membutuhkan perencanaan yang matang dan strategi jitu. Tidak seperti ilmu eksak, tidak ada metode universal dalam mempelajari sebuah bahasa. Di bawah ini kami berikan tips dan trik yang dapat memudahkan kamu belajar banyak bahasa asing.

  1. Pelajari kosakata yang tepat dengan cara yang benar
    Kosakata merupakan rintangan yang paling umum dalam mempelajari sebuah bahasa (bahasa Indonesia sekalipun), dan yang paling sering membuat orang menyerah bahkan sebelum benar-benar memulai. Padahal, kunci utama untuk mahir berbahasa asing adalah mendekatkan diri dengan kata-kata yang familiar dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Cari tahu kosakata dan frase apa saja yang paling umum digunakan oleh masyarakatnya saat berbicara pindahkan ke dalam catatan yang kamu buat sendiri.
  2. Pentingnya variasi
    Memiliki beragam kegiatan belajar sangat penting untuk menghindari kebosanan. Meski pengulangan adalah inti dari proses pembelajaran, namun metode yang terlalu mekanis dapat membuat kamu bosan Ada tiga jenis variasi
    Variasi materi: Keberagaman materi pembelajaran dapat membuat kamu terus terpacu. Pada awalnya, kamu bisa menggunakan satu jenis materi dari buku teori dan kemudian dengan cepat beralih ke metode lain, seperti games bahasa interaktif.
    Variasi kegiatan: Membaca dan mendengarkan adalah dua kegiatan yang sangat bermanfaat untuk dapat menguasai bahasa, tetapi dua metode ini bukan satu-satunya. Semakin bervariasi cara pendekatan kamu terhadap bahasa, seperti melatih percakapan dengan teman atau siapapun yang menggunakan bahasa tersebut, atau menggunakan gambar semakin baik.
    Variasi posisi: Posisi tubuh memiliki dampak pada konsentrasi, yang juga berpengaruh pada kemampuan kamu saat menyimpan informasi. Jadi, jangan cuma duduk diam! Coba untuk dengarkan podcast kursus Jerman atau radio bahasa Mandarin saat kamu jogging sore, atau membaca koran online bahasa Italia sambil tiduran.
  3. Cari keterkaitan satu sama lain
    Saat belajar bahasa asing, sebenarnya Anda sudah mengetahui beberapa kata dasar tanpa sadar. Misalnya, kata “anak”, “sakit”, atau “mahal” dalam bahasa Indonesia, memiliki arti yang sama di bahasa Malaysia dan bahasa Tagalog yang digunakan di Filipina. Kata “telat” (“terlambat” dalam Bahasa Indonesia) dan “tante” (alias bibi, bahasa Indonesia) juga memiliki arti yang sama dengan “te laat” dan “tante” dalam bahasa Belanda.
    Selain itu, bahasa negara-negara Eropa seperti Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, dan lainnya — bahkan beberapa kosakata di Jepang dan Korea — memiliki banyak kata yang sama dengan bahasa Inggris yang menunjukkan bahwa mereka memiliki etimologi yang sama. Misalnya:
    Arm (lengan) Prancis: le bras Italia: il braccio Spanyol: el brazo
    Fever (demam) Prancis: la fièvre Italia: la febbre Spanyol: la fiebre
    Tongue (lidah) Prancis: la langue Italia: la lingua Spanyol: la lengua
    Selain itu, “action”, “nation”, “precipitation”, “solution”, “frustration”, “tradition”, “communication”, “extinction”, dan kata-kata bahasa Inggris lain yang berakhiran -tion dieja persis sama dalam bahasa Peancis (walaupun diucapkan berbeda). Anda tinggal mengubah “-tion” dengan “-ción” (Spanyol), “-zione” (Itali), atau “-ção” (Portugis).
  4. Perluas daftar kosakata dengan mnemonik
    Mnemonik dapat membantu merekatkan kata-kata pentig dalam benak dengan lebih efektif. Pada dasarnya, mnemonik adalah metode penggambaran narasi visual unik yang bisa kamu kaitkan dengan kata yang ingin diingat.
    Misalnya, kamu sedang belajar bahasa Spanyol dan kesulitan untuk mengingat kata kerja “caber” berarti “untuk memuat sesuatu (to fit)”. Kamu bisa mengarang satu narasi visual dalam otak Anda seekor beruang besar (bear) terhimpit di jendela taksi (cab) yang melesat di jalanan. Atau, “sosis” dalam bahasa Jerman yang berarti “wiener”. Kamu bisa membayangkan seseorang yang berada di podium juara 1 setelah memenangkan lomba makan sosis. Asosiasi ini (caber -> cab, bear -> memuat seekor berung di dalam taksi) akan memudahkan kamu saat mengingat kata.
    Mungkin pertamanya akan terdengar menyulitkan, namun latih asosiasi ini beberapa kali dan kamu bisa menyadari bagaimana visualisasi konyol dan mudah diingat ini dapat menjadi sangat efektif. Sehingga lama kelamaan, kamu ga perlu lagi menggunakan metode ini untuk mengingat kosa kata asing.
  5. Jangan takut untuk bicara
    Salah satu cara untuk meraih kefasihan suatu bahasa asing adalah banyak latihan berbicara. Seiring dengan perkembangan kamu dedikasikan setidaknya 30-60 menit untuk berbicara hanya dalam bahasa asing Jerman, misalnya dan terus sesuaikan waktu belajarnya untuk memastikan bahwa keterampilan percakapan yang diasah, bukan hanya pengetahuan umum tentang bahasa tersebut melalui daftar kosakata ‘formal’ yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan dalam dialog sehari-hari.
    Misalnya, buat satu sesi dimana kamu dapat menanyakan bagaimana akhir minggu teman ‘bule’ penutur asli atau guru bahasa dalam bahasa tersebut, dan setelahnya beritahu pula bagaimana akhir minggu kamu berjalan. Lalu bisa menambahkan beberapa gagasan yang mungkin sedang kamu pikirkan atau mengenai satu topik umum lain, atau kamu bisa biarkan lawan biacara memulai topik baru. Sangat penting untuk mengambil peran aktif dan memastikan kamu memiliki percakapan yang bervariasi.

Itu trik dan tips buat kalian yang sedang berusaha belajar bahasa asing dengan mudah, kalau kalian butuh jasa penerjemah bahasa asing, bisa banget di Nata Privat kami menyediakan jasa penerjemah bahasa asing. Kalau berminat bisa hubungi 081214140044
Sumber : Ajeng Quamila

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *