TIPS Belajar Agar Tidak Bosan Dengan Melibatkan Teman  

Hai Sahabat NATA, kalian gampang bosen kalau lagi belajar dirumah? Atau gampang ngantuk kalau belajar sendirian? Ini solusi tepat buat kalian, belajar dirumah atau dimanapun kalian bisa melibatkan orang lain termasuk teman kalian. Agar tidak mudah bosan saat belajar, mau tau Tipsnya? Yuk simak artikelnya.

Hal-hal yang bisa dilakukan bersama teman saat belajar agar tidak bosan :

  1. Buatlah sebuah kelompok belajar.Jika kamu mudah bosan dan teralihkan perhatiannya ketika belajar sendiri, cobalah belajar dalam kelompok. Kalian semua akan belajar materi yang sama, jadi kalian akan punya tujuan yang sama. Cari orang-orang di kelas yang mungkin juga memerlukan waktu untuk belajar. Sebaiknya orang-orang yang kamu pilih adalah orang-orang yang cocok dengan karakter kamu. Ini supaya sesi belajarnya menjadi produktif. Meskipun kalian bisa sedikit mengobrol ketika pertama kali bertemu, pastikan kalian tidak menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk mengobrol.
  2. Lemparkan pertanyaan satu sama lain.Salah satu keuntungan belajar kelompok adalah teman-teman bisa membantu kamu memahami konsep yang kurang  kamu mengerti. Kalau kamu punya pertanyaan, minta salah seorang anggota kelompok untuk menjelaskannya. Seluruh kelompok akan mendapat keuntungan dari diskusi ini. Kalau kamu hanya sendirian dan kebingungan, akan lebih besar kemungkinan untuk menjadi bosan, karena kamu tidak memahami materinya.
  3. Pimpin diskusi bergantian.Salah satu cara untuk menguasai materi yang sulit adalah dengan mengajarkannya ke orang lain. Dalam kelompok belajar, berikan masing-masing orang bagian tertentu untuk dijelaskan ke anggota-anggota yang lain. Dengan begini, kamu tidak hanya mendapat keuntungan dari mengajarkan materinya ke orang lain, tetapi juga bisa belajar dari teman-temanmu, dan mendapatkan pandangan yang berbeda tentang materinya.
  4. Mainkan kuis. Setelah belajar selama beberapa waktu, kalian bisa mulai saling bertanya tentang informasi yang sudah kalian pelajari, seperti bermain kuis. Kalian bisa membuat flashcard atau saling bertanya secara bergantian. Satu anggota kelompok bertanya kepada kelompok, dan setelah pertanyaannya terjawab, anggota kelompok berikutnya bisa memberi pertanyaan yang lain. Ini akan membuat Anda tetap aktif membahas materinya. Dalam situasi seperti ini, teman-teman bisa membantu kamu melihat dari sudut yang berbeda dan mengingat informasinya.
  5. Mengikuti Les Privat Dirumah. Selain belajar dengan teman-teman secara berkelompok, kamu juga bisa belajar bersama guru privat di rumah untuk agar tidak mudah bosan saat belajar dirumah. Mungkin saat kamu ingin belajar lebih tenang tanpa ada banyak orang, tapi kamu tetap butuh mentor untuk teman diskusi kamu bisa mencari guru privat untuk menemanimu belajar. Atau kamu sedang kebingungan dengan pelajaran yang kamu hadapi dan butuh belajar tambahan dirumah bisa juga dengan guru privat yang datang kerumah. Mencari guru privat ke rumah itu gampang, ada NATA Privat solusinya. Jadi kalau kalian ingin guru privat yang datang ke rumah kalian, langsung aja hubungi Admin 081214140044.

Sumber : wikihow.com 

Gambar : sutterstock.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *