Tahu Ga Sih Tips Belajar Fisika Yang Bisa Membuatmu Bahagia? Yuk Lihat!

Hai Sahabat NATA, tau kan kalau pelajaran IPA sering “dikambing hitamkan” sebagai pelajaran yang sulit. Jarang sekali yang lantang dan tegas mengatakan bahwa IPA itu mudah. Padahal, sebenarnya tidaklah demikian. IPA sebenarnya bisa dianggap mudah, sebab IPA terdiri dari komponen pelajaran yang sangat dekat dengan aktivitas dan kehidupan kita sehari-hari. Karenanya, mempelajarinya pun bisa lebih mudah jika menggunakan metode yang tepat. Salah satu metodenya dengan belajar bareng guru privat sains dirumah loh. Kali ini kita bahasa salah satu pelajaran IPA yaitu fisika.

Belajar Fisika | Guru Privat Fiska | NATA Priva
Belajar Fisika | Guru Privat Fiska | NATA Private

Materi fisika terbagi dalam materi teori dan rumus. Jangan memisahkan keduanya karena masing-masing saling berkaitan. Pelajarilah keduanya bersama-sama. Kalian juga perlu memahami peta konsep dari materi yang dipelajari. Yakinkan bahwa kalian sudah mempelajari setiap bagian dari peta konsep tersebut dan sudah memahaminya. Jika ada bagian dari peta konsep yang belum kalian pahami, segera tanyakan atau minta penjelasan kembali dari guru/orang yang kalian perkirakan bisa membantu.

Materi yang berupa rumus/hitungan, hafalkan rumusnya. Ada beberapa metode untuk menghafalkan rumus :

  • Pahami dan hafalkan besaran-besaran dalam fisika. Kaitkan symbol besaran dengan istilah dalam bahasa Inggris, karena itu saling berkaitan. Contoh, symbol untuk besaran daya adalah “P” = “Power”
  • Untuk symbol besaran maupun satuan yang berupa huruf Yunani, pastikan kalian bisa menuliskannya dengan benar, melafalkan dengan baik, dan menghafalkan dan menerapkannya dengan tepat dalam rumus.
  • Pahami dan hafalkan satuan-satuan dalam fisika. Pahami pula yang merupakan satuan SI dan satuan bukan SI.
  • Jika lupa dengan rumus, ingatlah bentuk satuannya. Bentuk satuan itu akan menunjukkan bagaimana rumusnya. Contoh: satuan massa jenis adalah “kg/m3” maka rumusnya merupakan perbandingan antara besaran yang satuannya “kg” dan besaran yang satuannya “m3”, jadi rumusnya adalah perbandingan massa dan volume, r = m/V.
  • Membuat daftar khusus tentang besaran, symbol, dan satuannya. Jika memungkinkan dalam bentuk kartu yang mudah dibawa.
  • Pada rumus-rumus tertentu sangat berkaitan dengan hukum-hukum fisika. Jika hafal rumusnya maka secara otomatis akan hafal bunyi hukum-hukum tersebut. Contoh : Bunyi hukum Coulomb sama dengan rumus Gaya Coulomb.

Nah, Sahabat NATA, sebagian materi Fisika adalah hitungan. Semua hitungan dalam Fisika dihitung secara matematis, jadi kuasai operasi hitung matematika dengan matang. Akan lebih baik jika kalian juga menguasai konversi satuan dengan baik dan matang. Ini adalah penghitungan secara matematis.

Pelajari dan kuasai teknik menghitung dengan cepat (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Melakukan percobaan/eksperimen sederhana dengan sesuatu yang sederhana tentang hal-hal yang ada di sekitar kalian yang berkaitan dengan fisika, seperti : pemuaian, aliran kalor, mengamati prinsip kerja tuas. Mengaitkan kejadian/peristiwa yang terjadi sehari-hari dengan materi fisika, seperti : perubahan energi pada lampu, kipas angin, kulkas, televis, computer, dan benda-benda lain yang ada di dalam rumah.

Gunakan imajinasi kalian untuk memahami, karena fisika adalah ilmu yang pasti dan riil. Ketika kalian melihat genangan minyak di atas air, gunakan imajinasi kalian untuk memahami konsep masa jenis zat, juga untuk contoh-contoh yang lain.

Memiliki dan membaca buku referensi yang cukup, akan lebih baik jika buku referensinya banyak memuat gambar-gambar yang akan memudahkan dalam belajar. Selain itu les privat bersama guru privat sains juga bisa memudahkanmu dalam belajar. Kami NATA Privat menyediakan jasa guru privat fisika yang bisa datang kerumah loh. Berminat? Langsung aja hubungi Admin 081214140044.

Sumber : www.quipper.com

Gambar : clevaster.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *