Strategi Belajar Trigonometri dengan Fokus pada Dasar – Dasar Trigonometri

Hai Sahabat NATA, bener ga sih kalau materi Trigonometri dalam matematika merupakan salah satu materi yang dianggap sulit ? Kalau kalian merasakan kesulitan belajar Trigonometri, yuk liat artikel dibawah ini,kita punya startegi belajar Trigonometri loh!

Trigonometri adalah cabang matematika yang mempelajari segitiga dan lingkaran. Fungsi-fungsi trigonometri digunakan untuk menjelaskan sifat-sifat sudut, relasi pada segitiga, dan grafik siklus yang berulang. Mempelajari trigonometri akan membantumu memahami, serta memvisualisasikan dan membuat grafik relasi juga siklus tersebut. Dibawah ini beberapa strategi belajar dengan focus pada dasar-dasar trigonometri :

  1. Tentukan bagian-bagian sebuah segitiga.Pada intinya, trigonometri adalah ilmu yang mempelajari relasi yang ada pada segitiga. Suatu segitiga memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Menurut definisi, jumlah sudut segitiga apa saja adalah 180 derajat. Kamu harus membiasakan diri dengan segitiga dan istilah-istilahnya untuk bisa berhasil dalam trigonometri. Sejumlah istilah umum segitiga adalah:
  • Hipotenusa ― Sisi terpanjang segitiga.
  • Sudut tumpul ― Sudut yang lebih besar dari 90 derajat.
  • Sudut lancip ― Sudut yang kurang dari 90 derajat.
  1. Belajarlah membuat lingkaran satuan.Lingkaran satuan memungkinkanmu mengatur skala segitiga apa saja sehingga hipotenusanya setara dengan satu. Konsep ini bermanfaat dalam menghubungkan fungsi-fungsi trigonometri, seperti sinus dan kosinus, dengan persen. Begitu memahami tentang lingkaran satuan, kamu bisa menggunakan nilai-nilai trigonometri untuk sudut tertentu agar bisa menjawab pertanyaan tentang segitiga yang memiliki sudut-sudut tersebut.
  • Contoh 1: Sinus sudut 30 derajat adalah 0,50. Artinya, sisi yang berseberangan dengan sudut 30 derajat memiliki panjang setengah kali panjang hipotenusa.
  • Contoh 2: Relasi ini bisa digunakan untuk mengetahui panjang hipotenusa pada segitiga yang memiliki sudut 30 derajat dan panjang sisi yang berseberangan dengan sudut tersebut adalah 18 cm. Hipotenusanya adalah 36 cm.
  1. Pahami fungsi-fungsi trigonometri.Terdapat enam fungsi sentral dalam memahami trigonometri. Secara bersama-sama, keenam fungsi tersebut mendefinisikan relasi dalam suatu segitiga, dan memungkinkanmu memahami sifat-sifat unik segitiga apa saja. Keenam fungsi tersebut adalah:
  • Sinus (Sin)
  • Kosinus (Cos)
  • Tangen (Tan)
  • Sekan (Sec)
  • Kosekan (Csc)
  • Kotangen (Cot)
  1. Pahami relasi fungsi trigonometri.Salah satu hal terpenting untuk dipahami tentang trigonometri adalah bahwa kesemua fungsi tersebut saling berhubungan. Meskipun nilai sinus, kosinus, tangen, dan lain-lain, memiliki kegunaan masing-masing. Manfaat yang paling utama adalah adanya relasi antara semua fungsi tersebut. Konsep tentang lingkaran satuan membuat relasi tersebut lebih mudah dipahami. Setelah memahami tentang lingkaran satuan, kamu bisa menggunakan relasi yang dideskripsikan oleh lingkaran satuan untuk membuat model bagi soal-soal lainnya.

Naha gimana sekarang? Udah tau kan strategi buat belajar Trigonometri yang berfokus pada dasar-dasar trigonometrinya. Tapi kalau kalian masih kurang paham dan ingin les privat matematika dirumah, bisa banget nihh. Kami NATA Privat menyediakan jasa guru privat matematika yang bisa datang kerumah loh. Jadi kamu bisa belajar matematika dirumah dengan guru privat yang berkualitas baik. Berminat? Langsung aja hubungi Admin 081214140044.

Sumber : Wikihow.com

Gambar : mskmath.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *