SMP Kelas 7: Skala – Rumus dan Contoh Soal

Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe

Saat sekolah kita pasti sering melihat sebuah bola yang bergambarkan peta dunia, ya itu adalah Globe. Globe diyakini merupakan replika dunia dengan setiap detil gugusan kepulauan di berbagai dunia. Bahkan dilengkapi dengan koordinat, maka tak salah jika bola globe disebut juga sebagai replika dunia. Namun, tahukan kalian bahwa dalam membuat globe dengan ukuran tertentu ada perhitungan skalanya? Nah, skala itu apa sih?

Skala adalah perbandingan jarak pada gambar dengan jarak aslinya. Biasanya, ini dapat ditemui dalam gambar peta maupun denah, sehingga bisa mewakili keadaan sesungguhnya dari suatu daerah.

Sebuah peta maupun denah digambar dengan menggunakan skala tertentu agar tetap dapat mewakili keadaan sesungguhnya dari suatu daerah. Skala pada peta maupun globe merupakan perbandingan atau rasio antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya pada permukaan bumi dengan satuan yang sama.

Adapun, skala yang terdapat pada peta maupun globe selalu menunjukan pengecilan. Artinya, ukuran gambar yang terdapat pada gambar lebih kecil daripada ukuran sebenarn atau biasa dikenal dengan faktor skala, yang mana hal tersebut hanya mengubah ukuran tapi tidak mengubah bentuk gambar. Faktor skala dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Faktor pembesaran, jika faktor skala k atau k : 1 dengan k > 1
  • Faktor pengecilan, jika faktor skala k atau 1 : k dengan 0 < k < 1

Disamping itu, satuan pada skala haruslah sama. Berikut rumus dalam menentukan skala, jarak sebenarnya, dan jarak pada peta : skala = ukuran pada peta/ukuran sebenarnya,  jarak sebenarnya = ukuran pada peta/skala,  jarak peta = jarak sebenarnya x skala.

Contoh soal 1:

Jarak antara Bandung dan Jakarta adalah 150 km. Jika jarak pada peta adalah 5 cm tentukan skala pada peta?

Penyelesaian: satuan untuk jarak sebenarnya harus diubah menjadi satuan sentimeter (m)

Jarak sebenarnya = 150 km = 15.000.000 cm

Jarak pada peta   = 5 cm

Skala                    = 5 : 15.000.000 (kedua nilai di bagi dengan 5)

= 1 :3.000.000 (skala pada peta)

Contoh soal 2 :

Jarak antara kota A dan kota B pada peta adalah 4 cm. Jika skala pada peta yang digunakan adalah 1:500.000, tentukan jarak kedua kota sebenarnya?

Penyelesaian :

Jarak pada peta   = 4 cm

Skala                    = 1:500.000

Jarak sebenarnya = jarak pada peta/skala

= 4 : 1/500.000

= 4 x 500.000 = 2.000.000 cm = 20 km (jarak sebenarnya)

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Skala – Rumus dan Contoh Soal, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini