Mengajarkan hal yang baru terhadap anak memerlukan kesabaran yang extra baik bagi guru ataupun orang tua. Terutama mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung sebagai tahap dan bekal pembelajaran sang anak. Belajar membaca, menulis, dan berhitung memberikan banyak manfaat pada sang anak. Tentunya terdapat berbagai metode dan cara yang tepat untuk mengajarkan hal tersebut.

Seperti yang ditulis pada artikel emaksuper.com ada 5 cara menyenangkan mengajari anak membaca, yakni: membaca buku cerita, menggunakan media kartu baca, membaca sambil bernyanyi, belajar menggunakan karpet huruf, dan membaca via gadget. Belajar membaca tentu penting bagi pertumbuhan sang anak, karena membaca adalah tahap stimulasi kemampuan bahasa dan komunikasi yang menarik untuk anak-anak. Melalui membaca, anak-anak dapat berlatih kosa kata, interaksi verbal dan menciptakan daya imajinasi. Selain itu juga dapat melatih anak-anak berfikir kritis karena rasa ingin tahu yang tinggi pada gambar-gambar yang menarik yang ada di dalam buku. [inspirasi.co]

Setelah anak mampu untuk membaca, maka tahap selanjutnya adalah belajar menulis. Menulis dapat meningkatkan kemampuan fisik sang anak, yakni meningkatkan motorik halusnya. Selain itu menulis juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, jika anak-anak terbiasa menulis, tentu bermanfaat untuk mengasah kreatifitas anak. Menulis juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa, menyalurkan atau menenangkan emosi, juga membangun aspek sosial seperti berbagi kebahagiaan dan pengalaman [mommiesdaily.com]. Pada artikel al-maghribicendekia.com beberapa cara dan tips dalam rangka untuk melatih dan mengajari anak menulis adalah: ajarkan anak menulis secara bayangan, belajar mencorat-coret, menebalkan garis, dan menebalkan huruf.

Mengajarkan berhitung terhadap anak bertujuan merangsang kecerdasan logis matematis. Metode yang diberikan kepada anak untuk belajar berhitung diantaranya: bermain pola, bermain klasifikasi, bermain bilangan, bermain ukuran [failashofagmail].

NATA Private membuka les privat Calistung di Bandung dan sekitarnya. Ayo ayah dan bunda bergabung bersama kami, bersama membangun generasi berakhlak dan berprestasi. Dengan guru-guru dari jurusan dan lulusan PGPAUD, PGSD, dan sejenisnya yang kompeten mengasuh dan mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung kepada sang buah hati.

logo nata private 200x75 transparant

Bersama menggapai prestasi!

Ikuti kami di:

Hubungi Kami

Office:
Jl.Waruga Jaya 21B, Bandung-ID
SMS/Line/Whatsapp:
0856-5961-4484
Pin BB:
764B0DC4
Email:
halo@bimbelprivatbandung.com
Website:
bimbelprivatbandung.com

Office: Jl.Waruga Jaya 21B, Bandung-ID
SMS/Line/Whatsapp: 0856-5961-4484
Pin BB: 764B0DC4
Email: halo@bimbelprivatbandung.com
Website: bimbelprivatbandung.com