Coba Permainan Edukatif Ini untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak

Image result for korean kids playing
Korean kids playing train | By: Multi-bits | Getty Images

Hai Sahabat NATA! Seperti kita ketahui bersama, karakter seorang anak terbentuk sejak usia dini. Oleh karena itu agar dapat membesarkan seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik dan kuat demi menyongsong kehidupan dewasa kelak, sangat penting bagi kita orang tua untuk melatih anak kita sejak dini.

Ada beberapa permainan edukatif sederhana dan mudah yang bisa kamu para orang tua lakukan bersama sang buah hati, untuk menempa kekuatan dan kecerdasan emosinya. Berikut kami rangkum tujuh di antaranya untukmu.

1. “Aku Tidak Setuju Denganmu”

7 Permainan Edukatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
www.soompi.com

Pokok dari permainan adalah mengajukan berbagai pertanyaan tentang pilihan pribadi anak-anak kita. Akan lebih baik jika permainan ini tidak dimainkan bersama orang tua atau orang dewasa, tetapi dengan anak-anak lainnya. Anak-anak harus memainkannya secara berpasangan.

Salah satu di antara mereka bertanya, misalnya, “Buku apa yang baru kamu baca?” Temannya akan menjawab, (misalnya) “Timun Mas.” Kemudian si anak pertama harus berkata, “Buku itu tidak bagus!” Nah, tugas anak kedua adalah untuk membuktikan bahwa buku yang dibacanya benar-benar bagus dan pantas dibaca. Pertanyaan yang diajukan bisa berbeda-beda. Dengan begini, anak-anak belajar untuk mempertahankan sudut pandang dan pemikiran mereka secara percaya diri namun tetap rasional.

2. “Setiap Orang Punya Caranya Masing-Masing”

7 Permainan Edukatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
k-is-for-korea.tumblr.com

Permainan ini juga harus dimainkan oleh sekelompok anak-anak. Sebelum permainan dimulai, setiap peserta harus memberikan tugas tertentu kepada pemimpin kelompok. Misalnya menyanyi, jalan ke suatu tempat, memanggil nama seseorang, mengeong, apa saja tugasnya terserah masing-masing anak.

Setelah semua orang memberi tugas kepada pemimpin kelompok, aturan permainan dijelaskan. Aturannya, setiap anak harus melakukan sendiri apa yang sudah mereka perintahkan kepada si pemimpin kelompok tadi. Mereka yang telah berusaha untuk mengerjai si pemimpin tadi akan merasakan senjata makan tuan. Permainan ini akan mengajari anak-anak untuk menganggap serius peran seorang pemimpin dan penuh tanggung jawab.

3. Mengarang Sebuah Cerita

7 Permainan Edukatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
www.youtube.com

Permainan ini sangat mengembangkan imajinasi anak. Tugas yang diberikan kepada si kecil harus berisi sejumlah kata yang tidak berhubungan segara logis. Minta si kecil untuk mengarang sebuah cerita dari kumpulan kata-kata tersebut. Contohnya, buatlah sebuah cerita yang di dalamnya ada kata-kata: hutan, roda, teh, kereta, ombak, bulan, dengki, bulu, atap, salju.

Kamu akan terkesima dengan betapa luar biasanya imajinasi anak-anak!

4. Meniup Lilin

7 Permainan Edukatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
www.soompi.com

Permainan ini bertujuan untuk mengajari anak tentang pernapasan dalam. Tarik napas melalui hidung, hirup udara sampai perut mengembang, dan perlahan-lahan hembuskan napas melalui mulut seperti meniup lilin. Setelah si kecil memahami semua instruksi tersebut, ajak dia duduk di sebuah kursi yang berjarak dua meter dari sebuah lilin menyala di atas meja.

Sang anak tidak boleh berdiri, menghampiri atau bahkan membungkuk ke depan sedikit pun. Dia harus berusaha meniup mati lilin tersebut dari posisi duduk dengan jarak dua meter. Permainan ini tidak akan berakhir sampai lilin tersebut mati.

5. Mengucapkan Pujian

7 Permainan Edukatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
vsco.co/kwonjongsoo

Permainan yang ini juga harus dilakukan secara berkelompok. Sekelompok anak-anak duduk bersama membentuk lingkaran dan harus mengatakan hal-hal terpuji tentang teman di sampingnya sembari menatap mata sang teman. Sang teman harus menjawab dengan terima kasih dan melanjutkan hal yang sama kepada teman berikutnya.

Beberapa anak akan kesulitan untuk memikirkan atau mengutarakan pujian kepada temannya. Anak-anak ini butuh bantuan dengan pertanyaan yang menuntun mereka atau contoh darimu yang sedang memuji seseorang. Anak-anak dapat belajar banyak dari permainan ini karena memuji seseorang merupakan sebuah seni.

6. “Coba Tebak Apa yang Terjadi?”

7 Permainan Edukatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
www.soompi.com

Carilah sebuah gambar atau foto yang di dalamnya menggambarkan sebuah situasi kehidupan, misalnya foto seseorang yang diberi sertifikat atau penghargaan. Minta si kecil untuk menebak apa yang sebelumnya terjadi sehingga menyebabkan situasi dalam gambar tersebut. Tanyakan juga apa yang menurut mereka akan terjadi berikutnya.

Tugas ini mengembangkan logika dan imajinasi. Semakin detail cerita si anak, semakin bagus. Kamu dapat menanyakan beberapa pertanyaan yang menuntun si kecil dalam menebak apa yang terjadi.

7. Membuat Dongeng Bersama

7 Permainan Edukatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak
www.kimchicrew.com

Permainan ini diperuntukkan bagi sekelompok anak-anak. Semua anak duduk membentuk lingkatan dan kamu sebagai pempimpin kelompok memulai sebuah dongeng dengan “Pada suatu hari…” Anak pertama yang duduk di sampingmu harus meneruskan dongeng tersebut dengan menambahkan satu kalimat, lalu lanjut ke anak berikutnya, dan begitu seterusnya.

Ketika gilirannya kembali kepadamu, kamu dapat mengarahkan plot dongeng tersebut menjadi sebuah cerita dengan arah yang lebih logis. Permainan ini membuat anak-anak terhibur, terkesima dan yang terpenting membuat imajinasi mereka bekerja.

Nah itu dia permainan edukatif sederhana yang bisa melatih kecerdasan emosional anak. Permainan mana yang menjadi pilihanmu? Kami NATA Private siap membantu anda meningkatkan minat belajar si buah hati dengan menyediakan jasa guru privat calistung  terbaik untuk anda.  Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Les Privat Calistung SukajadiLes Privat Calistung SarijadiLes Privat Calistung AntapaniLes Privat Calistung Buah BatuLes Privat Calistung Ujung BerungLes Privat Calistung ArcamanikLes Privat Calistung Geger Kalong

Sumber: idntimes.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *