Percepatan Dalam Fisika, Beserta Contoh Soal

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemukan gerak suatu benda yang bermacam-macam baik bergerak lurus, bergerak melingkar, bergerak periodik, maupun gerak rotasi. Dalam ilmu Fisika, pada gerak lurus kita akan membahasa gerak yang erat kaitannya dengan percepatan.

Percepatan atau akselerasi dalam fisika didefinisikan sebagai perubahan kecepatan terhadap waktu. Karena kecepatan merupakan besaran vektor, maka percepatan juga termasuk besaran vektor yang memiliki nilai dan arah. Sebagai vektor, total gaya sama dengan hasil kali massa objek (besaran skalar) dan percepatannya.

Selain itu, percepatan dalam fisika ini bisa dilambangkan dengan notasi “a”. Percepatan sendiri terbagi menjadi dua (2) antara lain percepatan rata-rata dan percepataan sesaat.

Percepatan Rata-rata

Perubahan kecepatan yang lebih dari satu perubahan, maka nilai percepatannya dihitung dengan menggunakan percepatan rata-rata. Adapun percepatan rata-rata ini mempunyai rumus sebagai berikut :

Satuan SI dari percepatan adalah m/s2 dan percepatan dapat bernilai positif atau negatif.

Percepatan Sesaat

Percepatan sesaat dapat didefinisikan sebagai laju perubahan kecepatan dalam selang waktu yang sangat singkat mendekati nol. Percepatan sesaat dapat dirumuskan sebagai berikut :

Untuk lebih jelasnya tentang percepatan dalam fisika ini maka bisa diterangkan dengan contoh soal di bawah ini :

Sebuah batu yang dijatuhkan dalam keadaan diam dari pinggir jurang dan dinyatakan dengan persamaan x = (10ms-2)t2, dengan x dalam meter dan t dalam sekon. Kecepatan sesaat yang dialami batu tersebut saat t = 4 sekon adalah….

Pembahasan :

Pada saat t =t1 = 4 sekon, x = x (t1 = 4 s) = (10 ms-2) (4 s)2 = 160 m. Sesuai dengan definisi untuk menentukan kecepatan sesaat pada t = 4 s, maka mengambil Δt = 0,01 s sehingga diperoleh posisi x2.

t1 = 4 s dan t2 = t1 + Δt = 4,01 s, sehingga

x2 = x(t2 = 4,01 s) = (10 ms-2) (4,01 s)2 = 160,8 m

Hasil yang diperoleh dimasukan ke dalam persamaan kecepatan rata-rata

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, gurudigital.id

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah Tentang Percepatan Dalam Fisika, Beserta Contoh Soal, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara menghadirkan guru ke rumah, salah satunya ada program bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 081214140044. Semangat!

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini