Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika

Halo Sahabat NATA, mungkin bagi kalian sudah tidak asing lagi dengan salah satu Bahasa yang memang sangatlah penting untuk dikuasai, yaitu Bahasa Inggris. Tapi mungkin buat beberapa dari kalian yang sudah menguasai  Bahasa tersebut sudah mengetahui bahwa ada dua jenis Bahasa Inggris yang sangat berpengaruh. Yaitu Bahasa Inggris British atau Bahasa dan Bahasa Inggris Amerika.

Namun, dari kedua Bahasa Inggris tersebut apakah kalian sudah mengetahui apa saja perbedaan dan bagaimana cara membedakan antara Bahasa Inggris British dan Amerika? Yuk kita simak beberapa perbedaan antara Bahasa Inggris yang diucapkan oleh masyarakat British dan Bahasa Inggris yang diucapkan oleh masyarakat Amerika.

1. Penulisan

Pada umumnya, terdapat beberapa perbedaan dalam bentuk penulisan sebuah kata pada Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika. Pada Bahasa Inggris British biasanya menggunakan akhiran  “our” didalam sebuah kata, kita bisa ambil contohnya seperti “colour, flavour, behaviour, humour”. Berbeda dengan penulisan kata dengan menggunakan gaya Bahasa Inggris Amerika. Dalam penulisan yang sama seperti contoh diatas dengan menggunakan gaya penulisan Bahasa Inggris Amerika pada umumnya mereka menulis dengan akhiran “or” contohnya “color, flavor, behavior, dan humor”.
Selain akhiran “our” atau “or”  tersebut, ada terdapat beberapa perbedaan juga dalam penulisan sebuah kata antara Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika, contohnya, dalam Bahasa Inggris British akan ditulis “centre” namun untuk Amerika “center”, Bahasa Inggris British menulis “metre”, Bahasa Inggris Amerika “meter”, dalam Bahasa Inggris British “theatre” kalua Amerika “theatre”.

2. Kosakata

Selain bentuk penulisan, Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika juga mempunyai perbedaan dalam bentuk kosakata. Berikut beberapa perbedaan bentuk kosakata yang terdapat dalam Bahasa Inggris Amerika dan juga Bahasa Inggris British:

British                                   American                            Indonesian

Lorry                                      Truck                                    Truk

Queue                                    Line                                     Mengantri

Aeroplane                               Airplane                               Pesawat

Jumper                                   Sweater                              Sweater

Holiday                                  Vacation                              hari libur/liburan

Biscuit                                   Cookie                                 Biskuit

Rubbish                                 Garbage                               Sampah

Lift                                        Elevator                             Elevator/lift

Car Park                               Parking lot                           tempat parker

Football                                Soccer                                Sepak bola

Postbox                              Mailbox                                Kotak surat

3. Tata Bahasa (grammar)

Perbedaan lainnya yang dapat ditemukan dalam Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika adalah dalam segi tatanan Bahasa atau yang kita kenal dengan grammar. Pada penggunaan kata penghubung (prepositions) dalam Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika kadang berbeda. Contohnya seperti:

              British                                                                              American

  • I’m going to a party at the weekend                            I’m going to a party on the weekend
  • What are you doing at Christmas?                             What are you doing on Christmas?
  • Monday to Friday                                                            Monday through Friday

Contoh tersebut adalah contoh dari perbedaan dari tata Bahasa dalam segi penggunaan kata sambung Bahasa Inggris British dan Amerika. Contoh yang perbedaan tatanan Bahasa dalam Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika adalah dalam penggunaan kalimat lampau.

Bahasa Inggris British pada umumnya lebih cenderung menggunakan bentuk kalimat sempurna atau yang disebut dengan (perfect tense). Berbeda dengan Bahasa Inggris British, Bahasa Inggris Amerika lebih cenderung menggunakan kalimat sederhana atau simple (simple tense) dalam penggunaanya. Contohnya sebagai berikut:

Bahasa Inggris Ameika lebih cenderung menggunakan Simple Past Tense untuk menggambarkan sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau, misalnya:

  • I ate too much

Berbeda dengan Bahasa Inggris British yang lebih cenderung menggunakan bentuk kalimat yang sempurna, dalam hal ini contoh tersebut akan disebut dalam Bahasa Inggris British sebagai berikut:

  • I’ve (I have) eaten too much

Contoh yang lainnya adalah:

British                                                             American

I’ve been to the shop                                                    I went to the shop

Have you got the newspaper?                                   Did you get the newspaper?

Nah, itulah beberapa contoh perbedaan antara Bahasa Inggris British atau yang dikenal British English dan Bahasa Inggris Amerika atau yang disebut juga American English.

Semoga informasi ini akan berguna buat kalian yang sudah maupun belum menguasai Bahasa Inggris untuk menambah pengetahuan dalam perbedaan Bahasa Inggris dari kedua negara yang menggunakan Bahasa tersebut sebagai Bahasa ibunya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *