Tomsk, Kota Pendidikan Rusia

Hai Sahabat NATA! Siapapun pasti tahu deh kalau Rusia adalah salah satu negara terbesar di dunia. Negara yang dikenal luas karena iklim yang dingin, vodka, dan beruang ini menyimpan beragam budaya dan keindahan alam yang menarik wisatawan asing, lho

Seputar Tomsk

Tak hanya itu, Rusia juga ramai menjadi destinasi bagi para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikannya. Soal sistem dan kurikulum pendidikan, Rusia gak diragukan lagi deh. Apabila kamu tertarik melanjutkan kuliah ke Rusia, coba simak info menarik seputar Kota Pelajar Rusia, Kota Tomsk berikut!

9 Fakta Unik Pendidikan di Rusia yang Harus Kamu Tahu sebelum Daftar
Kota Tomsk, Rusia | Sumber : unicityforum.com

Tomsk adalah salah satu kota di Rusia yang dikenal sebagai pusat pendidikan dan penelitian ilmiah. Kota ini punya sekitar 6 universitas negeri yang salah satunya menjadi universitas paling tertua di Siberia (Tomsk State Univ.) serta ada lebih dari 100,000 pelajar mengenyam pendidikan di sini.

Bahkan Tomsk memiliki perpustakaan bernama Pushkin Library yang menyediakan koleksi langka dari literatur Rusia dan beragam event yang keren. Tak hanya itu, Tomsk juga menyediakan asrama berkualitas tinggi dengan harga terjangkau serta transportasi yang terintegrasi satu sama lain.

Tomsk Ingin Lebih Banyak Pelajar Indonesia

Tomsk menginginkan lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar di perguruan-perguruan tinggi kota tersebut. Jumlah yang saat ini masih sedikit dinilai tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan. Perguruan-perguruan tinggi di Tomsk memiliki prestasi dan kualitas yang tidak kalah dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya di Rusia, bahkan pada tingkat dunia.

Sumber : kemlu.go.id

Hal tersebut disampaikan Rektor Tomsk State University (TSU) Eduard Galazhinskly dan Rektor Tomsk Polytechnic University (TPU) Petr Chubik dalam pertemuan secara terpisah dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus M. Wahid Supriyadi di Tomsk, Senin (26/03/2018).

Kedua perguruan tinggi tersebut menyatakan keinginan terus mengembangkan kerja sama dengan Indonesia. Kerja sama tidak hanya dalam bentuk adanya mahasiswa Indonesia yang belajar di TSU dan TPU, tetapi juga kerja sama antar perguruan tinggi. TSU dan TPU telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, seperti TPU dengan ITB, dan TSU dengan Universitas Pattimura. Bahkan Rektor TSU akan berkunjung ke Indonesia untuk pengembangan kerja sama.

Dubes Indonesia Mendukung Kerja Sama Pendidikan dengan Rusia

Dubes Wahid mendukung penuh peningkatan kerja sama pendidikan, termasuk harapan terus bertambahnya mahasiswa Indonesia di Tomsk dan juga kerja sama antar perguruan tinggi.  Menurut Dubes Wahid, prestasi dan kualitas universitas ini sangat bagus, khususnya di bidang teknik dan ilmu-ilmu terapan. Selain itu, TSU yang didirikan tahun 1878 dan TPU didirikan tahun 1896 memiliki catatan sejarah dan pengalaman yang panjang.

9 Fakta Unik Pendidikan di Rusia yang Harus Kamu Tahu sebelum Daftar
Sumber : spb.hse.ru

Saat ini jumlah mahasiswa Indonesia di Tomsk sebanyak 31 orang, 13 orang di antaranya belajar di TSU dan 15 orang lainnya di TPU. Pada periode 2009-2016 sebanyak 8 mahasiswa Indonesia telah lulus dari TPU. Secara keseluruhan, jumlah mahasiswa asing di TSU lebih dari 2 200 orang dan di TPU lebih dari 3 800 orang. Pada saat kunjungan ke TSU, Dubes Wahid memberikan kuliah umum kepada mahasiswa TSU mengenai Indonesia dan huhungan bilateral Indonesia-Rusia.​

Nah itu dia info menarik soal pendidikan di Kota Tomsk, Rusia. Apakah kamu sudah siap terbang kesana? Untuk melanjutkan pendidikan kamu disana tentu kamu butuh persiapan yang matang, kami NATA Private menyediakan jasa guru privat  dan guru privat bahasa terbaik untuk kamu.  Berminat? Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Sumber: idntimes.com,kemlu.go.id 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *