Notasi Atom

Ketika sebuah apel dipotong-potong, pasti akan ada saat ketika potongan apel menjadi sangat kecil, hingga akhirnya tak bisa lagi dipotong bukan? Nah, hal yang sama terjadi jika kita membagi-bagi unsur. Unsur tersebut akan terbagi-bagi menjadi jutaan partikel atom yang tidak terlihat.

Sifat suatu unsur dapat diketahui jika kita mengetahui sifat atom-atom penyusunnya. Oleh karena atom tidak dapat diamati menggunakan panca indera, para ahli Kimia menjelaskannya dengan menggunakan lambang berupa angka atau huruf. Hal ini, biasanya kita sebut sebagai notasi atom. Apa sih ini?

Notasi atom bisa diartikan sebagai seperangkat atau sistem lambang (tanda) yang menggambarkan bilangan tentang atom, mencakup nomor atom (Z) yang menunjukkan jumlah proton atau elektron, serta nomor massa (A) yang menunjukkan jumlah proton ditambah neutron dalam atom tersebut.

Nomor Atom (Z)

Bagian dari notasi atom yang satu ini menggambarkan jumlah proton dalam suatu atom. Nomor atom ini merupakan ciri khas suatu unsur, karena atom bersifat netral maka jumlah proton sama dengan jumlah elektronnya. Sehingga nomor atom juga menunjukkan jumlah elektron.

Elektron inilah yang nantinya paling menentukan sifat suatu unsur. Nomor atom ditulis agak ke bawah sebelum lambang unsur. Sebagai contoh, 8O, artinya atom oksigen memiliki nomor atom 8. Jadi, dalam inti atom atom O terdapat 8 proton dan pada kulit atom terdapat 8 elektron.

Namun demikian, atom juga melepaskan atau menerima elektron tanpa mengubah unsurnya. Atom yang melepaskan elektron berubah menjadi ion negatif.

Contoh: Sulfur (belerang) memiliki nomor atom 16, berarti atom S memiliki 16 proton dan 16 elektron. Ion S4- memiliki proton 16 dan 12 elektron, sedangkan ion S2- memiliki 16 proton dan 18 elektron.

Nomor Massa (A)

Massa elektron suatu atom sangat kecil bahkan dianggap nol, sehingga massa atom ditentukan oleh inti atom, yaitu proton dan neutron. Proton dan elektron suatu unsur dinyatakan sebagai nomor massa yang diberi lambang A sehingga dapat dituliskan:

Nomor Massa (A) = Jumlah proton + Jumlah Neutron

atau

Jumlah Neutron = Nomor Massa – Nomor Atom

Dalam penulisan atom tunggal sering kali dilengkapi dengan nomor atom di sebelah kiri bawah dan nomor massa di sebelah kiri atas dan lambang atom tersebut yang disebut nuklida. Secara umum, notasi penulisan nuklida adalah sebagai berikut:

notasi atom

dengan X = lambang atom, Z = nomor atom dan A = nomor massa.

Bila atom bersifat netral/tidak bermuatan, maka proton = neutron. Nomor massa berbeda dengan massa atom. Nomor massa selalu berupa bilangan bulan dan tanpa satuan, sedangkan massa atom merupakan bilangan yang menyatakan massa dari 1 (satu) atom tersebut yang bisanya dinyatakan dalam satuan sma (satuan massa atom).

.

Referensi: rumushitung.com, rumusdasarmatematika.blogspot.co.id, quipper.com, shareitnow.me, pelajaran.co.id, edu24h.net, stringersize.com, kelaspintar.id

.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Nah sahabat Nata itulah tentang Notasi Atom, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat di Nata Privat. Guru datang ke rumah siswa dan akan membimbing siswa dalam pembelajaran maupun menjadi partner dalam belajar atau teman dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tunggu apalagi segera daftar di 0812-1414-0044. Semangat!

.

Tags: bimbel privat bandung, bimbel privat jakarta, bimbel privat bogor, bimbel privat depok, bimbel privat tangerang, bimbel privat bekasi, les privat bandung, les privat jakarta, les privat bogor, les privat depok, les privat tangerang, les privat bekasi, guru privat bandung, guru privat jakarta, guru privat bogor, guru privat depok, guru privat tangerang, guru privat bekasi, guru les privat bandung, guru les privat jakarta, guru les privat bogor, guru les privat depok, guru les privat tangerang, guru les privat bekasi, guru privat ke rumah, les privat, guru privat, guru les privat, les privat sbmptn, les privat sbmptn, les privat utbk, les privat matematika, les privat kimia, les privat fisika, les privat bahasa, les privat ngaji, les privat tahsin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Chat via WhatsApp disini
.
klik icon panah/chat dibawah ini