Mencari Tahu Bagaimana Menghitung Kuat Medan Listrik

Related image
Sumber: Phyiscs by Rangga Agung’s Team – WordPress.com

Hai Sahabat Nata! Tahukah kamu mengapa benda-benda dipermukaan bumi selalu ditarik menuju pusat bumi ? Seluruh benda yang ada dipermukaan bumi akan ditarik menuju pusat bumi karena memiliki massa yang jauh lebih kecil dari pada massa bumi. Hal serupa juga terjadi pada muatan dan medan listrik.

Apa itu medan listrik?

Muatan muatan listrik memiliki medan listrik sehingga dapat mempengaruhi muatan lain yang berada tidak jauh darinya.

Medan listrik diartikan sebagai daerah di sekitar muatan yang masih kuat menimbulkan gaya listrik terhadap muatan lain

Medan listrik digambarkan oleh serangkaian garis gaya listrik yang arahnya keluar atau masuk ke dalam muatan. Arah garis gaya listrik ke dalam digunakan untuk menunjukkan muatan negatif dan arah garis medan listrik ke luar digunakan untuk menunjukkan muatan positif.

Selain melalui gambar diatas, medan listrik suatu muatan juga dapat ditentukan besarnya dengan cara menghitung. Bagaimana cara menghitung besar kuat medan listrik? Agar dapat memahami cara menghitung besarnya medan listrik yuk pahami penjelasan di bawah ini :

Untuk mengetahui besar kuat medan listrik muatan Q, sebuah muatan uji positif (qo) yang muatannya jauh lebih kecil diletakkan di dekat muatan tersebut dengan jarak r. Berdasarkan hukum Coulomb, muatan qo tersebut akan mendapatkan gaya tolak dari muatan Q sebesar,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gimana nih? Apa kamu lebih mengerti apa itu medan listrik dan mencari tahu besar kuat medan listrik? Agar lebih paham kamu bisa tanyakan lebih lanjut ke guru privat fisika dan guru privat ipa NATA Private lho! Langsung aja hubungi admin 081214140044.

Les Privat UN SMA Sukajadi, Les Privat UN SMA Sarijadi, Les Privat UN SMA Antapani, Les Privat UN SMA Buah Batu, Les Privat UN SMA Ujung Berung, Les Privat UN SMA Arcamanik, Les Privat UN SMA Geger Kalong

Sumber: mikirbae.com

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *