Mau Belajar Past Tense Dengan Mudah? Yuk Lihat Tips Belajar Past Tense Part I!

Halo Sahabat NATA, Pasti kalian tau istilah Past Tense kan? Kalau udah urusan mikirin masa lalu, kadang bikin bimbang-bimbang ragu… Kenapa? Karena untuk bikin kalimat bahasa Inggris dengan pola ini kamu harus tahu perubahan kata kerja alias Verb yaitu dari Verb1, Verb2, dan Verb3… Yuk kita lihat seperti apa.

 

1. Belajar Past Tense nggak melulu belajar tentang kemarin, seminggu atau setahun lalu. Sejam yang telah berlalu juga termasuk Past Tense, lho.

Image result for past

Jika disuruh bikin kalimat dengan pola Past Tense, tentu banyak yang mikir masa lampau nun jauh di sana. Embel-embel yesterday lebih banyak mewarnai kalimat tersebut. Mungkin karena mikir masa lampau adalah hal-hal yang telah terjadi kemarin, seminggu, setahun lalu, bahkan lebih lawas dari itu.

Padahal, sejam atau pagi yang telah berlalu juga termasuk masa lampau. Karena mikir kelamaan bahkan mengingat-ingat hal yang telah jauh berlalu, jadinya malah mengkhayal, bukannya bikin kalimat.

Jangan mikir terlalu jauh tentang masa lalu saat belajar Past Tense. Cukup pikirkan hal yang telah selesai kamu lakukan (completed action) sejam atau 2 jam lalu. Misalnya:

  • I learned Math two hours ago.
  • I ate my breakfast at 6 o’clock. (sekarang pukul 8.00 pagi)
  • I watched a movie before school. (sekarang ia sudah di sekolah)

Jadi, nggak perlu mikir terlalu jauh untuk bikin satu kalimat saja, terutama dengan pola Simple Past. Pikirin ajah kegiatan yang sudah selesai dilakukan beberapa jam lalu. Kemudian susun kalimatnya deh. Mudah kan?

2. Biar nggak kehujanan, 4 tenses ini berlindung di bawah payung Past. Siapakah mereka? Yuk belajar Past Tense dari 4 tenses lain.

Image result for umbrella

Seperti halnya Present Tense memiliki empat “anak” tenses, Past Tense pun memiliki 4 tenses selalu berlindung di bawah payungnya. Belajar Past Tense nggak akan lengkap tanpa berkenalan dengan anak-anaknya. Mereka adalah:

  1. Simple
  2. Continuous
  3. Perfect
  4. Perfect Continuous.

SIMPLE PAST
Semua tenses di atas menyatakan kegiatan di masa lampau. Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang telah terjadi di masa lalu. Contoh: Tom and Jeri played tennis yesterday.

PAST CONTINUOUS
Past Continuous adalah kegiatan yang sedang terjadi di masa lampau. Kalau bahas satu ini perlu ilustrasi. Jadi ceritanya, Tom dan Jeri main tenis kemarin. Mereka mulai bermain tenis pukul 10.00 lalu selesai pada pukul 11.00.
Pertanyaannya: pukul 10.30 mereka ngapain? Jawabannya dalam bahasa Inggris: At 10.30, Tom and Jeri were playing tennis. Jadi, digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang terjadi di masa lampau, dengan To Be (were) dan Verb-ing (playing).
PAST PERFECT
Selanjutnya, Past Perfect digunakan untuk menyatakan kegiatan yang telah selesai dilakukan sebelum kegiatan lain di masa lampau dimulai. Jadi Past Perfect selesai dilakukan sebelum Past Tense dimulai. Ribet ya? Oke deh, kita pake ilustrasi lagi ya.
Sebelum main tenis, Tom dan Jeri ngajak si Miki serta si Mini ikut main tenis bareng. Tapi sayang, mereka menolak karena udah selesai main tenis. Miki dan Mini main tenis pukul 07.00-09.00. Pertanyaannya gampang banget: Mengapa Miki dan Mini menolak? Miki and Mini had already played tennis when Tom and Jeri asked them.

PAST PERFECT CONTINUOUS
Sedangkan Past Perfect Continuous digunakan untuk menyatakan kegiatan terjadi di masa yang lebih lawas tapi masih ada hubungannya dengan kejadian di masa lalu. Ngilustrasi lagi yuk. Jadi, saat diajakin main tenis bareng, Miki dan Mini lagi istirahat. Mereka kelelahan. Pertanyaannya: Mengapa mereka lelah? Miki and Mini was tired because they had been playing tennis for two hours.

3. Belajar Past Tense berarti belajar Verb. Setiap kata kerja memiliki 3 bentuk. Apa saja bentuk mereka? Lingkaran, persegi atau apa ya?

Setiap Kata Kerja Bahasa Inggris memiliki 3 Bentuk yaitu Verb 1, Verb 2 dan Verb 3

Kalau di Present Tense, perlu ingat si Dewi_Aiyu dan si Shiithi itu suka es atau enggak. Nah, kalau di sini kita belajar bentuk-bentuk kata kerja. Tenang, bentuk Verb nggak banyak koq: cuma ada 3. Ketiga bentuk ini biasanya dikenal dengan istilah simpel: Verb1 Verb2 Verb3.

Verb 1 disebut juga Infinitive, biasanya digunakan untuk membentuk kalimat Present dan Future. Misalnya: I usually walk to school. She will walk to school tomorrow.

Verb 2 disebut juga Past Tense, menyatakan aktivitas dalam kalimat masa lampau. Misalnya: They walked to school yesterday.

Verb 3 disebut juga Past Participle, digunakan dalam kalimat Perfect Tense. Misalnya: We have walked to school together.

Perhatikan contoh berikut:
Verb1 – Verb2 – Verb3

  • Clean – Cleaned – Cleaned
  • Jump – Jumped – Jumped
  • Laugh – Laughed – Laughed
  • Talk – Talked – Talked

Jika dilihat dari semua contoh di atas, merubah V1 menjadi V2 dan V3 itu gampaaaang banget. Tinggal menambahkan satu atau 2 huruf -ed/d pada akhir Verb maka jadi deh. Mudah banget ya?

Eits, tapi tunggu dulu. Nggak semua Verb bisa kamu perlakukan sama. Ada satu kelompok nggak mau diatur kayak gitu. Misalnya go, think, bring, come, eat nggak bisa kamu ubah dengan pola di atas. Mereka nggak mau ngikutin aturan. Trus gimana? Sabar, kita akan belajar setelah ini. Pasti sahabat NATA penasaran kan? Yukk liat artikel selanjutnya.

Sumber: Englishcoo

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *