Nata Privat: Matematika Kelas 12 | Cara Menghitung Bunga Majemuk

Matematika SMA | Sahabat NATA, sebelumnya kalian sudah belajar mengenai bunga tunggal yang memiliki besar bunga yang sama setiap periodenya. Nah, pada bunga majemuk besar bunga setiap periodenya tidak samaYuk, kita bahas lebih lanjut mengenai cara menghitung bunga majemuk. Bunga majemuk adalah bunga yang timbul pada setiap akhir jangka waktu tertentu (bulan/tahun) yang memengaruhi besarnya modal dan bunga pada setiap jangka waktunya. Modal dan bunga semakin bertambah pada setiap jangka waktunya.

This image has an empty alt attribute; its file name is iklan-nempel-di-post-1024x225.jpg

Baca juga: 12 Tips Belajar Matematika

1. Rumus Menghitung Bunga Majemuk

Ini rumus untuk menghitungnya:

Contoh 1:

Suatu modal sebesar Rp 100.000.00 dibungakan selama 3,5 tahun atas dasar bunga majemuk 4,5% tiap triwulan. Tentukanlah nilai akhir modal tersebut.

Jawab:

1 triwulan = 3 bulan
1 tahun = 4 triwulan
3,5 tahun = 3,5 x 4 = 14 triwulan, n = 14

Capture-8.png

Nilai akhir modal:

Contoh 2:

Ayah mendepositokan uang di Bank sebesar Rp 10.000.000,00 selama 10 tahun dengan suku bunga majemuk 5% per tahun. Besarnya bunga yang ia dapatkan pada tahun ke – 10 adalah….

Jawab:

Bunga yang didapatkan pada tahun ke-10:

Capture-7.png

Baca Juga: Metode Jarimatika

2. Nilai Tunai Modal

Nilai tunai modal adalah suatu nilai modal beberapa bulan/tahun yang akan dating diperhitungkan sekarang dengan suku bunga yang sudah ditentukan.

Contoh:

Modal sebesar Rp 500.000,00 akan dibayarkan 10 tahun lagi atas dasar bunga majemuk 6% setahun. Tentukan nilai tunai modal tersebut!

Jawab:

Nilai tunai modal:

bunga tunggal 1-9.png

Sumber: Ruangguru

Pengertian Bunga Majemuk

Bunga Majemuk – Bunga majemuk adalah? sebelum masuk kedalam pembahasan, materi yang akan dibahas yaitu pengertian bunga majemuk, rumus bunga majemuk dan contoh soal bunga majemuk yang akan dijelaskan dibawah ini secara lengkap dan detail dengan pembahasannya. Simak penjelasannya gaes!

Bunga majemuk mempunyai banyak variasi dan selalu berubah yang artinya tidak tetap pada tiap-tiap periodenya. Contoh seperti saat menjual sebuah kendaraan, harga kendaraan yang dijual akan berubah setiap periode dan perubahannya akan bervariasi juga.

Jika pada modal awal sebesar

M_0

dan akan mendapat bunga majemuk sebesar b (pada persentase) perbulan, maka susudah n bulan besarnya pada modal

M_n

  menjadi:

M_n = M_0(1+b)^n

Contoh lain, diketahui modal pinjaman sebesar Rp1.000.000 dengan mendapatkan bunga majemuk 2% per bulan, maka jika setelah 5 bulan modalnya menjadi:

M_n = 1.000.000(1+0.02)^5 = 1.104.080,80

Jika pada modal awal sebanyak

M_0

 disimpan pada bank dan akan mendapatkan bunga sebesar b pertahun dan untuk menghitung bunga dihitung sebanyak m kali pada setahun, maka besarnya modal di akhir tahun ke-n yaitu:

1

Contoh Soal Bunga Majemuk

contoh soal

Bunga majemuk adalah bunga pokok pada suatu simpanan. Atau istilah lain yang sering digunakan yaitu bunga berbunga. Berikut contoh soal dan penjelasannya tentang bunga manjemuk secara lengkap  yang  akan diuraikan  dibawah  ini!

Soal 1
Seorang bapak menginvestasikan uang sebesar Rp. 1000.000 dengan mendapatkan bunga majemuk sebesar 20% pertahun. Tentukan jumlah pada investasinya selama waktu lima tahun!

Jawab :

Modal Awal Bapak sebesar : M = Rp. 1000.000,-

Persentase bunga pertahun : P = 20%

Periode pada investasi : n = 5

Ditanya : Tabungan Akhir : MT = …?

Jumlah Pada Tabungan Akhir (MT ) dicari menggunakan rumus sebagai berikut:

soal 1

Jadi Besarnya jumlah investasi bapak tersebut selama waktu 5 tahun yaitu sebesar Rp. 2.488.320,-

Soal 2

Pada jumlah Uang sebesar Rp.5.000.000,- diinvestasikan selama waktu empat tahun pada sistem bunga majemuk sebesar 5%. Tentukan jumlah uang tersebut selama waktu akhir tahun ke empat yaitu:

Jawab :

Moda Awal sebesar: M = Rp. 5.000.000,-

Persentase pada bunga majemuk pertahunnya : P = 5%

Waktu periode investasi : n = 4

Jumlah Besarnya simpanan setelah tahun ke empat yaitu:

soal 2

Jadi besarnya jumlah simpanan selama waktu  empat tahun yaitu Rp. 12.155.062,5,-

Soal 3

Seorang kakak menabung pada bank sebesar Rp. 1000.000,- pada bunga majemuk 20% pertahun. Berapa tahun uang tersebut yang ditabung kakak agar uangnya sebanyak Rp. 2.488.320,- ?

Jawab :

Modal Awal kakak: M = Rp.1.000.000,-

Modal Akhir kakak: MT = Rp. 2.488.320,-

Persentase pada bunga majemuk : P = 20%

Lamanya tabungan : n = … ?

Untuk menjawab pertanyaan ini dapat uraikan menggunakan rumus dalam menentukan Modal akhir suatu simpanan yaitu:

soal 3

Jadi lamanya tabungan kakak tersebut yang disimpan yaitu 5 tahun.

Sahabat NATA, setelah mempelajari bunga tunggal,dan bunga majemuk, selanjutnya kalian bisa belajar mengenai pertumbuhan dan peluruhan matematika. 

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Jangan khawatir, ayo gabung di Nata Privat! Ada banyak video belajar bersama tutor yang andal dan juga banyak contoh-contoh soal yang bisa bikin kamu makin paham.

Nah sahabat Nata itulah Cara Menghitung Bunga Majemuk, jika kamu ingin belajar dengan efektif dan efisien dengan cara bimbel privat bandung di Nata Privat. “>partner dalam belajar atau bimbel privat bandung, les privat bandung, guru privat bandung, guru les privat ke rumah bandung, guru privat ke rumah , guru privat ke rumah bandung, guru les privat bandung, les privat murah bandung, tempat les privat di bandung, bimbel bandung, belajar privat bandung, guru ke rumah bandung, guru les bandung, Jasa Transalte Dokumen , Transaltor Murah, Transaltor Cepat, Transaltor Bandung

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *